Gua Haji Mangku, Tempat Snorkeling Paling Eksotis di Indonesia

Advertisement
Advertisement

Raja Ampat merupakan salah satu  wisata Indonesia Timur yang  keren untuk snorkeling. Namun jangan salah, ada satu lagi spot berenang yang memiliki panorama sempurna dan tidak ada duanya. Tempat tersebut adalah Gua Haji Mangku yang terletak di Pulau Maratua, Kalimantan Timur. Wah, seperti apa sih keindahan dari gua dengan danau eksotis di dalamnya ini?

1. Labuan Cermin bisa jadi objek wisata paling populer di Kalimantan Timur saat ini. Namun, pesona Gua Haji Mangku tidak kalah keren loh.

Diving Gua Haji Mangku
Diving Gua Haji Mangku [image source]

2. Sesuai dengan namanya, perairan bening satu ini berada di sebuah tebing yang membentuk gua. Letaknya berada di Pulau Maratua.

Gua Haji Mangku
Gua Haji Mangku [image source]

3. Dari bibir gua, warna dari danau ini begitu cantik. Perpaduan biru tua yang sesekali bercampur dengan biru toska muda menjadi pemandangan paling eksotis ketika berkunjung ke sana.

Bermanja-manja di Atas Air
Bermanja-manja di Atas Air [image source]

4. Berdasarkan cerita penduduk sekitar, nama dari danau dalam gua tersebut berasal dari penemunya, Bapak Haji Mangku. Lucu ya!

Gua Haji Mangku, Maratua
Gua Haji Mangku, Maratua [image source]

5. Letaknya yang berada di pedalaman hutan membuat air di danau ini dingin dan menyegarkan. Tidak heran jika banyak yang enggan keluar dari perairan cantik ini.

Renang Sepuasnya di Gua Mangku
Renang Sepuasnya di Gua Mangku [image source]

6. Selain bermain-main di permukaan air, ada beberapa traveler yang berani snorkeling bahkan diving di sana. Padahal, danau tersebut masih belum diketahui pasti seberapa dalamnya.

Surga Bagi Pecinta Diving dan Snorkeling
Surga Bagi Pecinta Diving dan Snorkeling [image source]

7. Sebelum menjelajah perairan yang jernih ini, para traveler pun dapat mencoba kegiatan terjun dari atas tebing yang tingginya mencapai 5 meter. Seram sih, tapi seru kok.

Tebing di Gua Haji Mangku
Tebing di Gua Haji Mangku [image source]

8. Nah, untuk berlibur ke Gua Haji Mangku, para traveler bisa melalui jalur darat dan laut. Jangan salah, butuh perjuangan ekstra untuk dapat sampai ke sana.

Danau Biru di Gua Haji Mangku
Danau Biru di Gua Haji Mangku [image source]

9. Kebanyakan dari wisatawan lebih memilih menggunakan jalur laut yang cepat. Namun saat air surut, mereka harus berenang karena speed boat atau perahu tidak bisa berjalan.

Dermaga Haji Mangku
Dermaga Haji Mangku [image source]

10. Meski Gua Haji Mangku sudah didatangi wisatawan sejak tahun 2000-an, tetap saja objek wisata ini susah dijamah. Karena itu pula, lebih baik  menggunakan jasa pemandu wisata ketika liburan ke sana.

Tempat Wisata Hits di Maratua Island
Tempat Wisata Hits di Maratua Island [image source]
Nah, Kalimantan Timur tidak hanya punya Labuan Cermin dan Gua Haji Mangku saja loh. Masih banyak objek wisata yang masih alami dan belum sepenuhnya terjamah manusia.

Advertisement
Tags
Alam maratua wisata maratua
Share