Selain Raja Ampat, Wisata di Timur Indonesia Ini Layak Jadi Surganya Dunia

Indonesia bagian timur memang terkenal akan keindahan alamnya. Seperti Raja Ampat, yaitu wisata cantik yang memiliki pemandangan super menawan. Selain birunya laut, Raja Ampat juga memiliki gugusan pulau kecil yang amat cantik bahkan jika dilihat dari kejauhan. Tak heran, banyak traveler yang berharap bisa berkunjung ke surga kecilnya Indonesia ini. Namun jangan puas dulu, ternyata banyak pula destinasi wisata di wilayah timur yang layak disebut sebagai surganya dunia. Penasaran kan?

1. Puncak Cartensz, Papua

puncak cartenz
puncak cartenz [image source]
Belakangan, Raja Ampat menjadi salah satu destinasi utama tujuan para traveler ketika berkunjung ke Indonesia bagian timur. Namanya langsung fenomenal dan mencapai kepopulerannya hingga di mata dunia. Ternyata ada satu lagi destinasi wisata di tanah Papua yang juga mencuri perhatian dunia. Ialah Puncak Cartensz, puncaknya pegunungan Jaya Wijaya. Sayangnya, banyak sekali pendaki gunung yang enggan untuk mendaki. Hal ini dikarenakan biaya yang mencapai puluhan juta rupiah. Pun demikian, tentu saja puncak Cartensz benar-benar surganya dunia. Selain pemandangan gunung yang serba putih, bila beruntung para pendaki dapat merasakan 3 hujan loh. Ialah hujan air, hujan es hingga hujan salju. Wah, seru kan?

Puncak Cartensz
Puncak Cartensz [image source]
Lokasi : Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua

2. Taman Nasional Komodo

Pulau Komodo
Pulau Komodo [image source]
Dari Papua, berpindah ke Nusa Tenggara Timur. Seperti halnya Raja Ampat, satu daerah ini juga tengah ramai dikunjungi para traveler. Ialah Taman Nasional Komodo yang masuk dalam daftar situs warisan dunia versi UNESCO. Seperti namanya, Taman Nasional satu ini dihuni oleh banyak jenis komodo. Tentu saja kehadiran satwa satu ini menjadi daya tarik sendiri bagi para traveler. Bukan hanya soal komodo, ternyata keindahan daratannya benar-benar cantik. Kamu yang ke sana bakalan betah berlama-lama menikmati pantai dan juga pemandangan bawah laut yang memesona. Seperti Pantai Pink dan juga Pulau Padar yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo [image source]
Lokasi : Komodo National Park, Komodo, West Manggarai Regency, East Nusa Tenggara

3. Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur

Kepulauan Alor
Kepulauan Alor [image source]
Nampak laut biru yang jernih dengan paduan langit yang seringkali berwarna cerah. Begitulah keindahan salah satu destinasi wisata di Indonesia bagian timur. Bukan lagi di Pulau Komodo, tapi tepatnya di ujung timur kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Alor. Destinasi wisata yang dapat ditempuh selama satu jam dari Kupang ini menjadi spot menarik untuk memanjakan diri di pinggiran pantai. Makin lengkap, bagaimana indahnya liburan dengan bersnorkeling di tengah laut Pulau Alor yang bakalan lupa waktu. Mengapa demikian? Tentu saja karena bakalan terpesona dengan terumbu karang yang cukup padat dan menawan.

Pulau Alor
Pulau Alor [image source]
Lokasi : Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

4. Taman Laut Takabonerate

Takabonerate
Takabonerate [image source]
Dari Nusa Tenggara Timur, berpindah ke daerah Sulawesi. Di pulau yang terletak di bagian timur Indonesia ini memiliki banyak sekali destinasi wisata air yang menyenangkan. Selain merasakan sinar matahari di pinggiran pantai, ternyata spot snorkerling dan diving juga banyak ditemui di Sulawesi. Salah satunya adalah Taman Laut Takabonerate yang terletak di Kepulauan Selayar. Di Taman Laut ini, kamu bakalan merasakan sensasi diving menarik bersama dengan jutaan ikan dan juga hewan air lainnya yang terawat.

Taman laut Takabonerate
Taman laut Takabonerate [image source]
Lokasi : Pulau Tinabo Besar, Takabonerate, Rajuni, Takabonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan 92861

5. Taman Laut Bunaken

Bunaken
Bunaken [image source]
Tak kalah dengan Taman Laut Takabonerate, ada satu lagi destinasi wisata air yang bisa disebut sebagai surganya bawah laut. Namanya Taman Laut Bunaken dengan jutaan spesies hewan laut seperti kura-kura, kuda luat dan bermacam-macam jenis ikan. Selain itu, taman laut ini juga memiliki banyak spesies koral yang memanjakan mata ketika tengah diving atau sekedar snorkeling. Ya, Taman Laut Bunaken memiliki cukup banyak spot penyelaman cantik hingga mencapai 20 spot dengan keindahan alam bawah tanah yang bikin para wisatawan tak mau pulang.

Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken [image source]
Lokasi : Liang Beach, Bunaken, Wori, Kota Manado, Sulawesi Utara

6. Taman Laut Wakatobi

Wakatobi
Wakatobi [image source]
Selain Taman Laut Takabonerate dan Bunaken, Sulawesi masih memiliki taman laut lain yang tak kalah cantik dan menawan. Ialah Taman Laut Wakatobi yang berada di Sulawesi Tenggara. Seperti di Bunaken, pemandangan koral dan juga biota laut juga sangat mempesona. Menurut beberapa penelitian, setidaknya ada 750 spesies koral. Tak heran, spot untuk diving dan snorkeling benar-benar memanjakan mata banyak orang. Pun demikian, kalau kamu berniat berkunjung Taman Laut Wakatobi, ada baiknya untuk berangkat pada bulan April hingga November. Selain cuaca yang baik, pemandangannya bakalan lebih sempurna.

Taman Laut Wakatobi
Taman Laut Wakatobi [image source]
Lokasi : Sulawesi Tenggara

7. Banda Neira, Maluku

Banda Neira Maluku
Banda Neira Maluku [image source]
Pasti sudah sering dengan nama Banda Neira kan? Yap, pulau cantik satu ini terletak di Maluku. Dibandingkan Raja Ampat, Banda Neira memang kalah populer. Pun demikian, keindahan alamnya benar-benar tak akan terbantahkan. Selain garis pantai yang cantik dengan pasir halusnya, Banda Neira juga memiliki spot snorkeling keren yang bakalan memanjakan mata. Bahkan banyak yang menganggap perairan di pulau ini bak kaca. Selain keindahan perairannya, Banda Neira juga memiliki perbukitan hingga benteng legendaris dari zaman penjajahan Belanda.

Banda Neira
Banda Neira [image source]
Lokasi : Kp. Baru, Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku

Indonesia bagian timur memang menjadi destinasi Indonesia yang sangat susah untuk dijangkau. Selain rutenya yang panjang, biaya untuk berlibur ke sana bukanlah angka yang kecil. Pun demikian, siapa sih yang tak akan tergoda dengan  pemandangannya?

Tags
Explore Indonesia Timur raja ampat wisata Indonesia timur
Share