Grand Mosque Syekh Zayed, Masjid Megah di Abu Dhabi dengan Sejuta Pesona

Prisca Lohuis

Prisca Lohuis

On Kontributor
Grand Mosque Syekh Zayed Grand Mosque Syekh Zayed

Rasanya sayang jika liburan ke Dubai tidak sekalian berkunjung ke salah satu masjid terkenal dan terbesar yang ada di Uni Emirat Arab. Namanya Grand Mosque Syekh Zayed yang terletak di Abu Dhabi. Pesonanya menakjubkan dan bikin mata termanjakan. Seperti apa keindahan dari masjid ini? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Prisca Lohuis berikut ini.

Rute Perjalanan dari Dubai

Terminal Al-Ghubaibah via dokumen pribadi
Terminal Al-Ghubaibah (c)Prisca Lohuis/Travelingyuk

Cara menuju Abu Dhabi dari Dubai sangat lah banyak, termasuk menggunakan transportasi umum seperti bus. Kunjungilah terminal Al-Ghubaibah, di sekitaran Bur Dubai untuk membeli tiket menuju Abu Dhabi. Tiketnya bisa berupa kertas maupun kartu transportasi yang bisa diisi ulang. Sementara harga tiket bus dari Dubai menuju Abu Dhabi sebesar AED 25 atau sekitar Rp100.000. Menariknya, di negara ini wanita selalu didahulukan saat mengantre.

Kartu transportasi Dubai via dokumen pribadi
Kartu transportasi Dubai(c)Prisca Lohuis/Travelingyuk

Pemandangan Eksotis Selama Perjalanan

Grand mosque Syekh Zayed via dokumen pribadi
Grand mosque Syekh Zayed(c)Prisca Lohuis/Travelingyuk

Perjalanan dari Dubai menuju Abu Dhabi ditempuh selama dua jam. Setelah keluar dari Dubai, sepanjang perjalanan hanyalah padang pasir yang tandus. Pun demikian, pemandangannya eksotis. Jika tak ingin bosan, bawalah buku atau apapun yang bisa menemani sepanjang jalan menuju Abu Dhabi. Setelah sampai di terminal bus Abu Dhabi, perjalanan dilanjutkan dengan naik taksi menuju Grand Mosque Syekh Zayed. Waktu tempuh selama kurang lebih 10-15 menit. Tips untuk traveler wanita, lebih baik memilih taksi berwarna pink atau taksi bersupirnya wanita. Hal ini karena lebih nyaman dan leluasa ketika hendak bertanya.

Grand mosque Syekh Zayed via dokumen pribadi
Grand mosque Syekh Zayed (c)Prisca Lohuis/Travelingyuk

Gaya Berpakaian Saat Berkunjung ke Masjid

Aturan berbusana via dokumen pribadi
Aturan berbusana(c)Prisca Lohuis/Travelingyuk

Sudah menjadi kewajiban bagi pengunjung untuk mengenakan busana yang tertutup jika memasuki masjid. Tak perlu khawatir, Teman Traveler yang berbusana kurang tertutup dapat meminjam baju kurung di sana. Tentunya pakaian ini tidak boleh dibawa pulang dan hanya dipakai selama berada di lingkungan masjid.

Grand mosque Syekh Zayed via dokumen pribadi
Grand mosque Syekh Zayed (c)Prisca Lohuis/Travelingyuk

Arsitektur Masjid yang Memukau

Grand mosque Syekh Zayed via dokumen pribadi
Grand mosque Syekh Zayed(c)Prisca Lohuis/Travelingyuk

Pintu masuk masjid untuk sholat akan terpisah sangat jauh antara wanita dan pria. Ruang berwudhunya luar biasa mewah. Desain istimewa di masjid yang dibangun pada tahun 2017 ini sangat artistik. Ukuran Grand mosque Syekh Zayed sangatlah besar. Panjangnya sekitar 420 meter dan lebarnya290 meter. Sementara daya tampung jamaah sekitar 4100 orang. Saking luasnya, lebih baik datang ke sini sekitar pukul 4-5 sore, saat suhu udara sudah mulai turun. Jadi tak perlu khawatir panas.

Grand mosque Syekh Zayed saat sunset via dokumen pribadi
Grand mosque Syekh Zayed saat sunset (c)Prisca Lohuis/Travelingyuk

Selain itu, tempat ibadah ini juga memiliki perpustakaan dan kafe. Ada juga plataran parkir yang luas. Satu-satunya kafe yang berada di ujung masjid juga berada berdampingan dengan toko yang menjual souvenir khas Abu Dhabi. Di sini juga menjual berbagai macam minuman dan makanan, tentunya menjadi tempat yang pas untuk melepas lelah setelah mengelilingi masjid.

Tempat berwudhu via dokumen pribadi
Tempat berwudhu(c)Prisca Lohuis/Travelingyuk

Suara adzan yang dikumandangkan di masjid ini sangatlah merdu. Setelah itu, sholat langsung disegerakan. Jika Teman Traveler ingin ikut mengikuti sholat jamaah, sebaiknya mengambil wudhu tepat ketika adzan agar tidak ketinggalan. Apalagi mengingat jarak tempat wudhu dengan pintu masuk masjidnya yang sangat jauh.

Grand mosque Syekh Zayed via dokumen pribadi
Grand mosque Syekh Zayed(c)Prisca Lohuis/Travelingyuk

Untuk kembali ke Dubai, Teman Traveler bisa naik taksi lagi menuju terminal bus Abu Dhabi. Harga tiket menuju Dubai masih sama yaitu AED 25. Tak perlu khawatir ketinggilan bus, angkutan umum ini berangkat setiap 15 menit sekali. Jangan lupa juga untuk menuju ke bagian terminal yang bertanda Dubai.

Bagaimana, tertarik untuk jelajah masjid terbesar di Uni Emirat Arab ini kan? Yuk liburan ke Dubai sekalian mampir ke Grand mosque Syekh Zayed ini.