Pertama Kali ke Luar Negeri? Kenali Beberapa Aturan Tak Tertulis di Dubai

UAE terkenal sebagai salah satu negara islam di Timur Tengah sana. Meskipun begitu, Dubai sangat menyambut turis yang datang. Dengan banyaknya expat yang bekerja di Dubai, membuat Dubai bernuansa internasional. Tapi selayaknya kata pepatah, “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”, maka tak ada salahnya menambah pengetahuan tentang tempat traveling sebelum menginjakkan kaki di sana. Salah satu kontributor Travelingyuk, Prisca Lohuis akan berbagi tentang beberapa aturan tak tertulis di Dubai. Apa saja, ya.

Hindari Hari Libur untuk Urus Visa ke UAE

Dubai dari atas (C) Prisca Lohuis
Dubai dari ketinggian (C) Prisca Lohuis

Aturan tak tertulis di Dubai yang pertama adalah ijin masuk Uni Emirat Arab. Visa UEA bisa diurus secara online melalui Emirates atau FlyDubai atau secara manual. Dua maskapai tersebut akan menjadi sponsor visa kamu. Pengurusan visa bisa dilakukan hingga maksimal 5 hari sebelum keberangkatan. Bisa juga menggunakan jasa ekspress dengan menambah beberapa dolar dan visa akan jadi 1 hari setelah pengajuan. Tapi ingat, jangan menggunakan jasa ekspres ini jika hari pengajuan visa kamu pada hari kamis. Karena Jumat-Sabtu adalah hari libur Dubai.

Sedangkan untuk pengurusan manual, bisa dilakukan di VFS Dubai yang ada di Kuningan. Jangan lupa untuk membawa dokumen pelengkap untuk pembuatan visa ini, termasuk fotokopi buku tabungan selama 3 bulan terakhir.

Bur Dubai (C) Prisca Lohuis
Bur Dubai (C) Prisca Lohuis

Bedanya, jika mengurus online, kamu tak perlu mengurus dokumen-dokumen visa. Yang Teman Traveler perlukan hanya upload paspor, foto dengan ketentuan ukuran maksimal. Jadi proses online akan lebih memudahkan dan menghemat waktu.

Sayangnya harga visa ke Dubai ini termasuk mahal untuk ukuran single entry sudah sekitar 1,2 juta (baik manual maupun online). Hanya saja mengurus online masih ditambah biaya servis sekitar USD 23.

Soal berpakaian

Bur Dubai (C) Prisca Lohuis
Pintu Bur Dubai (C) Prisca Lohuis

Aturan tak tertulis di Dubai selanjutnya adalah tentang berpakaian. Tenang saja, meskipun sebagai salah satu negara islam di Timur Tengah, Dubai pun masih memperbolehkan pengunjung berpakaian bebas tanpa jilbab (bagi wanita). Kecuali jika kamu akan mengunjungi masjid, kamu wajib menutup seluruh badan. Tak ada salahnya pengunjung untuk menaati hukum tak tertulis di tempat yang dikunjungi. Alangkah lebih baiknya jika kamu menggunakan celana dibawah lutut, atau berpakaian yang tidak terlalu terbuka dan ketat.

Jangan terlalu menunjukkan kemesraan

Dubai Museum(C) Prisca Lohuis
Dubai Museum (C) Prisca Lohuis

Aturan tak tertulis di Dubai selanjutnya ini perlu diperhatikan jika kamu datang bersama pasangan. Sangat disarankan untuk tidak terlalu menunjukkan kemesraan yang berlebihan saat berada di tempat umum. Bergandengan tangan masih diijinkan, tapi lebih baik menahan diri untuk melakukan lebih dari hal itu daripada nantinya berakhir di penjara.

Obat dengan resep dokter

Hospitality Dubai Menyambut Tamu (C) Prisca Lohuis
Hospitality Dubai Menyambut Tamu (C) Prisca Lohuis

Ada kalanya Teman Traveler harus membawa obat tertentu dalam perjalanan, pastikan juga membawa surat atau resep tertulis dari dokter rujukan. Karena jika tidak beruntung, Dubai tidak mengijinkan obat tertentu walaupun itu legal di negara asal. Teman Traveler tidak bisa menunjukkan resep atau ijin tertulis, bisa jadi akan berakhir di penjara. Banyak kasus pengunjung di penjara karena masalah serupa.

Jadi tak ada salahnya kan mengetahui beberapa aturan tak tertulis sebelum traveling ke tujuan tersebut? Perhatikan beberapa aturan tak tertulis di Dubai sebelum berkunjung. Setuju, kan?

Tags
aturan negara dubai Luar negeri tips dan inspirasi Travelingyuk Wisata
Share