Tak Hanya Amerika, Sulawesi Selatan Juga Punya Grand Canyon

Pesona Grand Canyon di Amerika sering menggoda para traveler untuk mengunjunginya. Namun, jauhnya jarak dan kurangnya dana membuat kamu harus mengurungkan niat ke sana. Jangan sedih, sebab di Sulawesi Selatan terdapat berbagai wisata alam yang tak kalah indahnya. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Sungai Pada’elo Bone, Ada Sungai di Balik Batu

Keasriannya masih terjaga [image source]
Objek wisata ini terletak di Desa Ureng, Kabupaten Bone dan berjarak sekitar 170 kilometer dari Makassar. Tak hanya kejernihan airnya, pengunjung juga disuguhkan keunikan alami bebatuan di sekitarnya. Sungai Pada’elo masih jarang disentuh oleh tangan manusia, sehingga membuatnya masih tetap asri. Cocok untuk kamu yang ingin menjauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Sungai Pada’elo [image source]

2. Batu Mallopie, Perahu Kokoh di Tengah Sungai

Menyusuri sisi Batu Mallopie [image source]
Dalam Bahasa Indonesia, Mallopie berarti perahu. Seperti namanya, objek wisata ini menyuguhkan pemandangan batu besar berbentuk seperti kapal. Selain itu, kejernihan sungainya membuat kamu bebas untuk bermain air tanpa takut kotor. Lokasinya terletak di Kelurahan Lompo Riaja, Barru dan berjarak sekitar 100 kilometer dari Kota Makassar.

Batu Mallopie [image source]

3. Batu Siping, Tameng Pejuang Kemerdekaan

Batu Siping [image source]
Batu Siping berlokasi di Desa Garasikan, Kabupaten Jeneponto. Namanya diambil dari Bahasa Makassar yang berarti sempit. Hamparan bebatuan di objek wisata ini tercipta secara alami berkat abrasi air laut di sekelilingnya. Konon, gua kecil yang berada di sekitar dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian pejuang kemerdekaan.

Seperti gugusan pulau [image source]

4. Sungai Jeneberang, Hiasan Tebing yang Mempesona

Sungai Jeneberang [image source]
Selain sumber air minum dan pembangkit listrik, Sungai Jeneberang juga menyimpan eksotisme alami. Bebatuan dan tebing tinggi sepanjang alirannya menjadi suguhan utama dengan panorama yang menawan. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan pesona bak air terjun di Sabo Dam Waduk Bili-Bili. Objek wisata ini terletak di Kabupaten Gowa.

Bukan sungai biasa [image source]
Itulah 4 tempat yang bisa dikunjungi selama berada di Sulawesi Selatan. Keindahannya dijamin bisa mengobati rasa penasaran akan Grand Canyon di Amerika. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kemas barang kamu dan berlibur ke sini!

Tags
Barru Bone Gowa Indonesia Jeneponto Sulawesi Selatan Wisata
Share