Perbukitan di Sumba yang Memukau, Tak Kalah Dengan Grand Canyon Amerika

Pemikat mata di Indonesia bagian timur tak hanya tentang spot snorkeling atau diving dengan warna-warni koral yang indah. Masih banyak sudut pandang lain untuk menikmati keindahannya. Misalnya, Air Terjun Lapopu yang eksotis atau hamparan savana beserta kuda liarnya di Puru Kambera. Namun masih ada satu lagi panorama unik yang dapat kamu nikmati ketika menapakkan kaki di Sumba. Yaitu perbukitan yang dipenuhi dengan savana hijau dengan kontur lansekap yang unik.

1. Bukit Tanarara

Bukit tanarara [image source]
Perbukitan ini tersusun dari batuan karang yang gersang dan hamparan rumput di sebagian sisinya. Bentuknya berlapis-lapis, sehingga memiliki pemandangan yang menyerupai Grand Canyon di Amerika Serikat. Saat kemarau rumput ini akan berwarna coklat ke emasan, namun ketika musim penghujan datang warnanya menjadi hikau segar. Punggung bukit ini relatif datar dan tersambung antara satu dengan lain.

Kontur perbukitan yang seperti berlapis-lapis [image source]

2. Bukit Warinding

Bukit Warinding [image source]
Suasana tenang yang terdapat di sini seakan membuatmu duduk lebih lama dengan beralaskan rumput atau rebahan sambil merasakan semilir angin. Saat sore hari, kamu dapat bertemu dengan anak-anak lokal yang sedang bermain sambil menggembala kuda atau domba. Ya, sore hari adalah waktu paling tepat untuk berkunjung kemari.

Lembah di antara Bukit Warinding [image source]

3. Savana Mau Hau

Bukit Hau Mau [image source]
Bentang alam persawahan dipadu indahnya savana membentang seolah membuat tempat ini seripa lukisan alam oleh tangan mulia Sang Pencipta. Jika ingin puas menghabiskan waktu di sini, kamu bisa datang saat surya baru saja bersinar. Selain belum terlalu terik, sejuknya udara dan pemandangan fajar yang indah akan menghilangkan segala penat di kepalamu.

Pemandangan dari atas Bukit Hau Mau [image source]

4. Savana Tana Daru

Pemandangan senja di Bukit Tanah Daru [image source]
Tempat ini berada dalam kawasan Taman Nasional yang memiliki panorama alam luar biasa. Bentang luas Savanna Tana Daru menyajikan pemandangan alam bebas yang begitu asri. Kamu juga bisa menemukan Air Terjun Laipopu dan garis pantai yang dapat dilihat dari atas bukit. Bahkan banyak yang menyamakakan keindahan di tempat ini serupa dengan savana yang berada di Afrika.

Menjadi tempat untuk menggembaala hewan ternak di sore hari [image source]
Banyak perspektif yang dapat digunakan ketika kamu ingin menjelajahi Sumba. Menikmati keindahan bahari beserta koralnya, mendatangi pantai-pantai perawan atau bahkan menikmati tenangnya perbukitan savana seperti yang telah dirangkum di atas. Destinasi macam apa yang paling cocok untukmu?

 

Tags
Indonesia Nusa Tenggara Timur Savana Sumba Wisata Alam
Share