Traveling ke Bukit Telang, Pesona ‘Karpet’ Rumput di Kalimantan Selatan

Advertisement

Bukit Telang akan membuat pandanganmu termanjakan. Hamparan bukit yang ditutupi oleh rumput hijau bergunduk-gunduk semakin melengkapi keindahan wisata Kalimantan Selatan. Layaknya sebuah ‘surga’ yang diidam-idamkan, untuk ke tempat ini memang butuh pengorbanan. Apa yang membuatnya istimewa? Berikut ulasan selangkapnya.

1. Bak Berada di negeri Teletubbies

Bukit Telang [image source]
Pesona alam ala negeri Teletubbies juga ditemukan di Bukit Telang. Lokasi ini menjadi kebanggaan Kabupaten Tanah Laut untuk menarik para wisatawan. Dengan panorama seperti di foto berikut ini, sebenarnya potensi wisatanya besar sekali. Namun, karena fasilitas dan akes jalan yang belum memadai, jumlah pengunjung Bukit Telang masih sepi.

Bukit Telang [image source]

2. Medan dan Alam yang Menantang

Bukit Telang [image source]
Sebelum sampai di puncak dan menikmati semilir angin khas pegunungan yang sejuk, kamu harus melewati hutan belantara dulu. Karena medan yang menantang dan kondisi alam, kebanyakan yang datang adalah muda-mudi petualang. Sebagian juga ada yang memutuskan untuk berkemah agar bisa merasakan indahnya langit kalimantan saat malam.

Bukit Telang [image source]

3. Populer lewat Media Sosial

Bukit Telang [image source]
Lagi-lagi sosial media seperti Instagram punya andil besar dalam mempopulerkan tempat tersembunyi seperti Bukit Telang. Tidak sulit menemukan foto-foto para traveler yang berpose dengan latar belakang bukit dengan ‘karpet’ rumput serba hijau ini. Kamu juga jangan mau kalah, ayok segera tentukan jadwal untuk mendaki. Puncak tertinggi bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 60 menit melalui jalur setapak yang menanjak dan curam. Namun tenang, hijaunya alam bisa jadi obat untuk memudarkan kelelahan.

Bukit Telang [image source]

4. Akses Menuju Lokasi

Bukit Telang [image Alvonso Alberto Pangaribuan]
Namun jika kamu berasal dari luar Tanah Laut atau Kalimantan Selatan harus melakukan perajalanan ke Pelaihari. Dari Banjarmasin bisa ditempuh dengan jarak 65 km atau 2,5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Setelah itu melaju ke arah Gunung Kayangan, lebih tepatnya ke area perkebunan sawit. Hindari datang saat musim hujan, karena jalannya cukup rusak dan genangan air di mana-mana.

Bukit Telang [image source]

5. Pesona Malam yang Mengagumkan

Bukit Telang [image source]
Dari pondokan penjaga lingkungan terakhir yang juga berfungsi sebagai parkiran kamu bisa mulai pendakian. Pondokan Penjaga itu diketahui milik Bapak Musa, beliau menjual beberapa makanan dan minuman yang bisa kamu beli sebagai perbekalan selama pendakian. Tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan. Nikmati waktu sepuasnya selama ada di Bukit Telang, kalau beruntung kamu bisa melihat bintang bertebaran di langit malam.

Bukit Telang [image source]
Lokasi : Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Seletan

Bukit Telang sebenarnya bukan pesona utama, di sekitarnya masih ada beberapa spot yang tidak kalah indah seperti Bukit Rimpi dan Bukit Lintang. Namun jika ingin nuansa lain, kamu bisa datang ke Taman Labirin Pelaihari yang jarak dari pintu masuk Bukit Lintang hanya 2,8 km.

Advertisement
Tags
Gunung Indonesia Kalimantan Selatan
Share