Gereja Ayam, Lokasi Hits untuk Lihat Magelang dari Ketinggian

Tahun 2016 lalu, ada sebuah bangunan yang menjadi terkenal karena film
Ada Apa Dengan Cinta 2. Banyak orang menyebut bangunan itu sebagai Gereja Ayam. Kalau kalian penasaran dengan tempat ini, bisa simak ulasan berikut.

Bangunan Berbentuk Merpati

gereja ayam
Bangunan berbentuk merpati (c) Listya Dara/Travelingyuk

Bukit Rhema atau banyak orang mengenalnya sebagai Gereja Ayam terletak
di perbukitan Manoreh, Karangrejo Gombong, Magelang. Sekilas bentuk bangunannya memang mirip dengan ayam, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Gereja Ayam. Namun, ternyata bentuk asli
bangunan ini adalah seekor merpati. Kenapa merpati? Karena burung ini melambangkan perdamaian, sehingga diharapkan ini dibuat untuk mewujudkan perdamaian umat seluruh agama.

Tidak Hanya Berfungsi Sebagai Gereja

gereja ayam
Tempat ibadah Agama Budha (c) Listya Dara/Travelingyuk

Bukit Rhema tidak hanya sebuah gereja. Saat mengelilingi lantai satu
bangunan ini, Teman Traveler akan menemukan banyak ruangan yang menjadi tempat ibadah agama lain. Jadi, fungsi bangunannya memang untuk tempat beribadah berbagai agama.

Bangunan yang digagas oleh Daniel Alamsjah dan mulai dibangun pada tahun 1992 ini sempat ditutup pada tahun 2000. Tapi akhirnya dibuka kembali untuk umum pada tahun 2014.

Terdiri dari Tujuh Lantai

gereja ayam
Ruangan dengan pesan untuk tidak memakai narkoba (c) Listya Dara/Travelingyuk

Bukit Rhema yang letaknya tidak jauh dari Punthuk Setumbu ini terdiri dari tujuh lantai. Lantai bagian bawah berisi ruangan untuk ibadah
berbagai agama. Kemudian ada juga ruangan berupa aula besar, ruangan yang dindingnya dihiasi oleh berbagai tempat wisata. Menariknya lagi, ada juga lantai yang dindingnya dicat dengan berbagai pesan moral seperti pesan untuk tidak menggunakan narkoba.

mahkota_Lfh.jpg
Pemandangan dari mahkota (c) Listya Dara/Travelingyuk

Sementara tempat yang menjadi favorit banyak wisatawan adalah bagian
mahkota, bagian teratas dari bangunan. Agar bisa sampai di mahkota, kalian harus menaiki banyak anak tangga. Teman Traveler harus berhati-hati karena tangga menuju mahkota cukup tinggi dan sempit. Namun, lelah akan hilang ketika melihat pemandangan di atas mahkota. Dari sana kalian bisa melihat keindahan Kota Magelang, bahkan melihat megahnya Candi Borobudur dari kejauhan.

Mobil Menuju Bukit Rhema

jeep_NGt.jpg
Jasa jeep menuju Bukit Rhema (c) Listya Dara/Travelingyuk

Sesuai namanya, Bukit Rhema, memang sebuah bukit. Jadi wajar jika
jalannya terus menanjak. Lokasi Bukit Rhema sebenarnya tidak jauh dari tempat parkir, hanya saja tanjakannya cukup melelahkan. Bagaimana tidak? Kemiringan jalannya lebih dari 45 derajat.

Tapi, kalian tidak perlu khawatir, karena ada jasa jeep yang tersedia di tempat parkir. Harganya tidak terlalu mahal, cukup bayar Rp7.000 per orang untuk satu kali jalan.

Harga Tiket dan Jam Buka

tiket_EBf.jpg
Tiket masuk Bukit Rhema (c) Listya Dara/Travelingyuk

Bukit Rhema buka setiap hari Senin sampai Jumat dari pukul 06.00
sampai 16.30. Sedangkan Hari Sabtu dan Minggu buka dari pukul 05.00 sampai 16.30.

camilan_WK5.jpg
Camilan gratis (c) Listya Dara/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin melihat matahari terbit, Bukit Rhema bisa menjadi lokasi yang tepat. Apalagi horizon di bagian atas bangunan terbuka luas. Sementara untuk harga tiket, kalian cukup membayar Rp20.000 untuk wisatawan lokal dan Rp30.000 untuk wisatawan mancanegara. Biaya ini sudah termasuk dengan camilan tradisional gratis dan voucher makan Rp5.000.

Itulah sekilas info mengenai Gereja Ayam yang sampai saat ini banyak dicari oleh wisatawan. Jadi, kalian yang sedang berkunjung ke Magelang, jangan lupa mampir ke tempat ini. Dijamin tidak mengecewakan.

Tags
Gereja Ayam Indonesia Jawa Tengah kontributor Magelang Wisata
Share