Gerbang Neraka di Dunia, Portal yang Bisa Antar Kamu Menuju Dimensi Lain

Heri Sisworo

Heri Sisworo

On Luar Negeri

Kadang tempat wisata tidak melulu harus yang indah dan penuh warna, gerbang neraka contohnya. Sesuatu yang menakutkan bisa memiliki pesonanya sendiri dan menjadi magnet bagi jiwa-jiwa yang penasaran. Di seluruh dunia, ada beberapa tempat yang dikenal sebagai pintu menuju neraka. Dari fenomena alam hingga bangunan penuh misteri, gerbang-gerbang neraka di dunia tersebut kini menjadi daya tarik wisata yang populer. Mau masuk ke dimensi lain, teruskan membaca.

Lava Cair Kilauea di Hawaii

Kamukuna Hawaii.
Kamukuna Hawaii. via Instagram/janice_weicool

Hawaii sudah lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata kelas dunia. Bukan cuma karena pantainya yang indah, Hawaii juga memesona dengan lava cair yang terus dimuntahkan gunung berapi Kilauea. Di sisi timur Kilauea, area yang bernama Kamokuna, pengunjung bisa melihat dari dekat saat lava mengalir masuk ke lautan. Sebagian lava cair itu kemudian menjadi padat karena suhunya yang turun dan membentuk wujud seperti manusia di atas pintu neraka yang merah.

Gerbang Jahanam Darvaza

Darvaza
Darvaza via Insntagram/@expediathailand

Oleh penduduk local di Turkmenistan, kawah ini disebut sebagai ‘Gerbang Jahanam’. Ddarvaza sebenarnya adalah kawah dengan lebar 69 meter dan dalam 30 meter yang berada di ladang gas metan.

Karena tersulut, apinya pun tak bisa berhenti lantaran suplai gas metannya memang tak habis-habis sejak tahun 1971. Meski mengerikan, tak sedikit turis yang sengaja datang ke tempat ini untuk melihat langsung bagaimana rupa gerbang menuju neraka jahanam.

Kota Hantu Fengdu, Tempat Melangkah ke Sisi Lain

Feng Du Ghost City
Feng Du Ghost City via Instagram/@thefreethinkingtraveller

Kota menakutkan ini sudah ada sejak dua ribu tahun silam. Kota hantu Cengdu adalah kompleks kuil, kelenteng, dan biara yang dibuat khusus untuk kehidupan setelah kematian. Wajar saja kalau kemudian di sini banyak lukisan dan patung penyiksaan di neraka.

Gerbang Neraka di dunia
Gerbang Neraka di dunia (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Setelah berabad-abad menjadi kota yang menakutkan, Fengdu belakangan malah menjadi atraksi wisata yang populer. Masyarakat China menyebutnya sebagai pintu menuju neraka.

Hierapolis Pamukkale, Gerbang Neraka Romawi di Turki

Hierapolis Pamukkale.
Hierapolis Pamukkale. via Instagram/sandymerih

Dua ribu tahun silam, sebuah kuil Romawi kecil di Turki membuktikan kesaktian para biarawannya. Sang biarawan menuntun sapi masuk ke kuil dan kemudian merebahkannya. Sapi itu mati beberapa menit kemudian, sementara sang biarawan sehat-sehat saja. Lantaran kuil itu dipersembahkan untuk Pluto, Dewa Neraka Romawi, maka disebut sebagai Plutonium.

Rahasia kesaktian sang biarawan baru terkuak dua ribu tahun kemudian. Kuil itu dibangun di atas cerobong gas, yang 54 persennya adalah Karbondioksida beracun. Sapi itu menghirup gas beracun sementara sang biarawan menghirup oksigen. Saat ini, Hierapolis Pamukkale bukan cuma menjadi destinasi wisata populer, tetapi juga situs yang dilindungi UNESCO.

Spa Lumpur di Tikitere

Tikitere, Selandia Baru.
Tikitere, Selandia Baru. via Instagram/suzyshoo

Tikitere adalah sebuah area yang mendapatkan pengaruh langsung dari panas bumi, letaknya di Rotorua, Selandia Baru. Tempat yang juga kerap disebut dengan Gerbang Neraka oleh penduduk setempat. Tak seperti kebanyakan geothermal lainnya, Tikitere tak hanya menawarkan mandi air panas. Ada kolam lumpur yang kerap dipakai sebagai spa, kolam air panas, hingga air terjun super panas yang secara tradisional dipakai suku Maori untuk memasak!

 

Tentu saja semua gerbang neraka di duni tersebut hanya anggapan manusia atas kondisi alam yang ada di sekitarnya. Meski mengerikan, pesonanya tetap tinggi dan tak pernah berhenti menarik minat mereka yang memiliki jiwa petualang. Apakah Teman Traveler berani mengunjungi gerbang-gerbang neraka ini?