Gembira Loka Jogja, Wisata Edukasi di Kebun Binatang Mini

Wisata Jogja adalah kota yang lengkap dengan berbagai macam sejarah budaya yang masih melekat erat dalam benak warganya. Berkunjung Kota Gudeg ini memang tidak ada bosannya. Selalu ada saja wisata yang belum dikunjungi meski sudah datang berkali-kali. Seperti penuturuan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara yang sudah bertandang ke Gembira Loka Jogja. Simak yuk ada apa saja di dalamnya.

Sejarah Singkat Gembira Loka Jogja

Gembira Loka Zoo(C) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Gembira Loka Zoo (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Tidak banyak yang tahu jika Gembira Loka adalah sebuah museum satwa di Jogja. Bahkan,  Museum ini merupakan yang tertua setelah Museum Sonobudoyo.

Pada Tahun 1933 Sri Sultan VIII menginginkan akan adanya sebuah tempat hiburan di Jogja. Beliau ingin membangun sebuah taman yang luas, dipenuhi dengan flora dan fauna. Lahirlah Kebun Rojo yang kemudian diteruskan pembangunannya oleh Sri Sultan IX yang dibantu oleh Ir. Karsten, arsitek ternama berasal dari Belanda.

Hanya saja, pembangunan Kebun Rojo harus terhenti karena Belanda yang dipukul mundur dan hadirnya Jepang. Setelah masa kemerdekaan, pembangunannya pun dilanjutkan kembali dengan pembentukan Yayasan Gembira Loka. Tahun 1978, Gembira Loka Jogja resmi berdiri dan memiliki berbagai macam satwa.

Daya Tarik

Buaya di Gembira Loka
Buaya di Gembira Loka (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Setelah melewati loket, wisatawan akan disambut dengan sebuah taman yang cukup luas. Di antara jalan ini ada sebuah museum yang sedang dikembangkan lebih baik lagi, sehingga bisa dijadikan sarana pembelajaran tentang hewan. Taman yang disajikan oleh pihak pengelola pun cukup luas, dengan danau yang tak kalah luas di tengahnya, membuat pemandangan pun terasa sejuk menyegarkan mata.

Banyak wahana yang bisa dicoba, seperti speed boat, naik jerapah, becak air, berkeliling dengan menggunakan kereta mini atau naik gajah dan foto dengan burung-burung yang imut dan lucu. Berbagai macam wahana ini bisa dinikmati dengan membayar Rp20 ribu saja.

Ada berbagai macam koleksi hewan yang bisa dinikmati di tempat ini. Mereka berada dalam sebuah kandang yang disesuaikan dengan kondisi alam mereka. Sehingga, para binatang pun tetap nyaman.

Jalan-jalan Sambil Belajar

Taman di Gembira Loka
Taman di Gembira Loka (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Sebagai taman hiburan yang informatif, setiap kandang diberi papan informasi tentang penyebaran hewan dan bagaimana keadaan hewan saat ini. Para wisatawan pun bisa belajar banyak dari papan-papan ini.

Ada pula atraksi para hewan yang pasti akan memukau setiap wisatawan yang berkunjung. Ada jam jadwal pertunjukan khusus, sehingga Teman Traveler harus menyesuaikannya.

Jangan lupa pula untuk menikmati Kebun Botani. Disuguhkan keanekaragaman Flora yang sangat penting untuk kebutuhan bioteknologi, penelitaian, budidaya dan juga pendidikan.

Rute dan Lokasi Menuju Gembira Loka

Kura-Kura Gembira Loka
Kura kura di Gembira Loka (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Menuju ke tempat ini akan lebih mudah bila menggunakan transportasi umum. Salah satunya adalah  Bus Trans Jogja yang berangkat dari Terminal Giwangan. Dengan harga Rp4ribu saja akan mengantarkan Teman Traveler ke taman hiburan yang super lengkap di Yogyakarta tanpa macet dan juga panas. Tiket masuk sebesar Rp25 ribu, cukup murah bukan?

Liburan yang seru, asik, dan juga mendidik ada di Gembira Loka Jogja memang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa untuk datang ke sini dan rasakan sendiri keseruannya. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung juga?

Tags
gembira loka Indonesia Jogja Travelingyuk Wisata
Share