20 Museum di Jogja untuk Belajar dengan Penuh Keseruan

Jogja memang selalu istimewa. Jika Kota Gudeg ini yang jadi destinasi, kamu bisa mudah membuat rencana liburan. Pilihannya banyak dengan fasilitas lengkap. Coba sekali-kali melakukan safari sejarah dan budaya ke berbagai museum di Jogja. Selain menambah pengetahuan, kamu bisa sekalian santai dan menikmati suasana menenangkan.

1. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo
Museum Sonobudoyo via Instagram/@icadasongo

Museum ini memiliki koleksi yang berkaitan dengan kebudayaan Jawa terlengkap setelah Museum Nasional Indonesia. Ada lebih dari 43 ribu benda bersejarah dan penting. Mulai dari kategori filologi, seni rupa, arkeologi, hingga historika. Di waktu tertentu, kamu dapat menonton pagelaran wayang. Lokasi tempat wisata Jogja ini berada di  Jalan Pangurakan No. 6, Ngupasan, Gondomanan. 

2. Museum Affandi

Museum Afandi
Museum Afandi via Instagram/@voselinda

Museum di Jogja ini bertema seni dan berada di tepi Sungai Gajah Wong. Sesuai namanya, koleksi yang dipamerkan di sini merupakan karya-karya keren buatan Affandi. Yaitu maestro seni lukis Indonesia. Area museum dibagi menjadi empat geleri. Yang pertama menampilkan barang-barang yang sering dipakai oleh Affandi. Ada juga galeri khusus untuk karya pelukis lain. Untuk menikmatinya, datang saja langsung ke Jalan Laksda Adisucipto No.167, Caturtunggal, Sleman.

3. Museum Wayang Kekayon

Museum Wayang Kekayon
Museum Wayang Kekayon via Instagram/@goten444

Berbagai hal yang berkaitan dengan wayang bisa kamu lihat di museum di jalan  Jalan Raya Yogya-Wonosari Km. 7. Pembangunannya dimulai tahun 1990 dan menyimpan koleksi wayang dari abad ke-6 hingga abad ke-20. Beberapa di antaranya ada yang terbuat dari kulit, kayu, kain, hingga kertas.

4. Museum Ullen Sentalu

 Museum Ullen Sentalu
Museum Ullen Sentalu via Instagram/@arpeni.rahma

Ullen Sentalu berada di Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman. Destinasi ini menyimpang barang-barang bersejarah yang berkaitan dengan Kesultanan Mataram dan penerusnya. Yaitu Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman. Beberapa jenis dan informasi mengenai batik juga ada di Ullen Sentalu. Bahkan kamu juga bisa belajar bagaimana sejarah dan cara membatik.

6. Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg via Instagram/@wachintul

Museum ini berada di pusat Kota Jogja, kamu pun bisa sekalian berkunjung saat ada di Jalan Malioboro. Bangunan buatan Belanda ini menyimpang diorama-diorama tentang perjuangan rakyat jogja. Beberapa patung hingga koleksi digital semakin membuat Benteng Vredeburg penuh daya tarik. Selain itu, bangunannya juga instagenic.

7. Museum Monumen Pahlawan Pancasila

Museum Monumen Pahlawan Pancasila
Museum Monumen Pahlawan Pancasila via sahabatmusea.com

Dulunya, tempat ini adalah lokasi terbunuhnya Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiyono oleh gerakan komunis. Untuk menghormati para pahlawan, maka dibangunlah monumen dan museum. Ada dua buah patung pahlawan revolusi tersebut, lubang tempat membuang mayat mereka, hingga pakaian dinas yang biasa dikenakan. Untuk masuk ke sini, kamu tidak perlu membayar tiket masuk.

8. Museum Keraton Ngayogyakarta

Museum Keraton Ngayogyakarta
Museum Keraton Ngayogyakarta via gudeg.net

Keraton Ngayogyakarta adalah tempat bersejarah. Tahta penerus Mataram diwariskan secara turun-temurun. Begitu juga dengan adat dan istiadat yang mengakar menjadi daya tarik bagi wistawan. Area yang dibuka berisi museum yang menampilkan jejak Sultan Hemngkubuwono IX dan benda-benda keraton lainnya. Mulai dari foto-foto hingga pakaian kebesaran keraton.

9. Museum Kereta Keraton

Museum Kereta Keraton
Museum Kereta Keraton via GudegNet

Pembangunan museum ini sudah dimulai sejak masa Sultan Hamengkubuwono VII yang bertahta di Jogja. Lokasinya berada di bagian barat Alun-alun Utara Keraton. Koleksi yang ada di sini adalah kereta-kereta kesultanan yang umurnya sudah puluhan hingga ratusan tahun. Biasanya pada tanggal 1 Suro menurut penanggalan Jawa, diadakan ritual jamansan. Yaitu memandikan kereta-kereta pusaka tersebut. Salah satu yang tertua adalag Kereta Kenjeng Nyai Jimat yang diproduksi tahun 1750.

10. Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta
Museum Batik Yogyakarta via Instagram/kumon.green.orchid_lumajang

Batik tak bisa dilepaskan dari budaya Indonesia, terutama masyarakat Jawa. Jogja sebagai pusat kebudayaan, memiliki ciri khas tersendiri yang nampak pada gaya dan motif batik. Beberapa informasi dan koleksi mengenai perkembangan batik, bisa kamu lihat di Museum milik Hadi Nugroho dan R. Ng.Jumima Dewi Sukaningsih di Jl. Dr. Sutomo 13A Yogyakarta. Selain itu, di sini juga ada kegiatan pelatihan membatik.

11. Museum Pura Pakualaman

Museum Pura Pakualaman
Museum Pura Pakualaman via Instagram/@Jogja Empat Roda

Dua kilometer dari Malioboro ada Museum Pura Pakualaman yang diresmukan pada 29 januari 198. Areanya masih menjadi satu kawasan dengan Keraton Pakualaman. Sebelum masuk ke museum, kamu akan disambut dengan Gerbang Regol Wiwara Kusuma. Koleksi yang ada di dalam sini merupakan penginggalan para raja Pakualaman. Mulai dari Singgasana, keris, hingga payung tanggul naga.

12. Museum Dewantara Kirti Griya

Museum Dewantara Kirti Griya
Museum Dewantara Kirti Griya via Wikipedia

Ini adalah museum peninggalan dari tokoh pendidikan Indonesia yaitu Ki Hadjar Dewantara. Bangunannya berupa pendopo dengan bagian dalam menyimpang barang-barang miliki Bapak Pendidikan Nasional beserta keluarga. Termasuk juga barang bersejarah Taman Siswa. Di bagian depan pendopo ada patung perunggu Ki Hadjar Dewantara dengan tulisan Tut Wuri Handayani.

13. Museum Perjuangan Yogyakarta

Museum Perjuangan Yogyakarta
Museum Perjuangan Yogyakarta via Jogja Empat Roda

Letak Museum Perjuangan Yogyakarta berada di Jalan Kolonel Sugiono No. 24 atau sekitar 2 km dari pusat Kota Jogja. Benda yang dipamerkan di sini adalah patung-patung pahlawan nasional seperti Pangeran Diponegaro dan R.A. Kartini. Kemudian ada relief yang menceritakan perjuangan bangsa. Yang paling menarik adalah perlengkapan perang milik para pahwlawan di zaman dulu.

14. Museum Sasmitaloka

Museum Sasmitaloka
Museum Sasmitaloka via Wikipedia

Museum ini didedikasikan untuk Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman. Nama Sasmita sendiri berarti pengingat yang merujuk pada benda-benda untuk menginang perjuangan dan pengorbanan sang pahlawan. Untuk bangunannya, dulu sempat digunakan sebagai rumah dinas pejabat keuangan Pura Pakualaman. Di dalamnya terdapat 14 runagan dengan 599 koleksi berjenis logam, kulit, kayu, hingga kain.

15. Museum Monumen Yogya Kembali

Museum Monumen Yogya Kembali
Museum Monumen Yogya Kembali via rentalmobiljogja.id/

Museum Yogya kembali dibangun sebagai pengingat atas perjuangan kemderdekaan Indonesia. Yang unik dari tempat ini selain koleksi-koleksinya adalah bangunan yang berbentuk kerucut. Setiap hari museum yang terletak di utara Kota Jogja ini, dikunjungi oleh wisatawan yang ingin tahu seperti apa Indonesia di masa dulu. Informasi sejarah ditampilkan dengan keren melalui relief hingga diorama.

16. Museum Tembi

Museum Tembi
Museum Tembi via negaranegiri

Museum Tembi dibangun untuk memamerkan kebesaran budaya Jawa. Wisata yang juga disebut sebagai rumah budaya ini sering menggelar pertunjukan seni. Mulai dari musik hingga tarian. Kamu bisa melihat perlatan dapur, senjata tradisional, gamelan, hingga batik dengan motif khas. Kemudian masih ada juga perpustakaan dengan ribuan naskah.

17. Museum Biologi UGM

Museum Biologi UGM
Museum Biologi UGM via Museum Biologi UGM

Museum yang terletak di Universitas Gadjah Mada Jogaj ini memiliki berbagai koleksi tentang flora dan fauna. Kamu bisa melihat berbagai herbarium berkurukan besar. Baik yang basah maupun kering. Ada juga awetan berbagai jenis hewan hingga kerangkanya. Sebagian besar koleksi Museum Biologi UGM berasal dari berbagai pelosok Indonesia. Tempat ini dibangun sebagai wahana pendidikan untuk masyarakat umum.

18. Museum Candi Prambanan

Museum Candi Prambanan
Museum Candi Prambanan via Jogja Budaya

Candi Prambanan adalah destinasi wisata Jogja yang terkenal dan memiliki keindahan istimewa. Di area candi terdapat museum yang menyimpang peninggalan bersejarah. Bangunannya bergaya tradisional jawa dengan beberapa ruang koleksi. Proses pembuatan candi pun bisa kamu pelajari di sini. Taman-taman di sekitar museum juga menawarkan kesejukan.

19. Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga
Museum Anak Kolong Tangga via 2JogJa.Com

Di Jogja ada museum khusus mainan anak-anak bernama Kolong Langit. temoatnya begitu asyik dengan dinding bergambar warna-warni. Di sini, pengunjung bisa melihat-lihat bagimana mainan zaman dulu hingga sekarang. Jadi, bisa sekalian nostalgia masa kecil.  Contohnya seperti mianan kuda-kudaan yang terbuat dari kayi buatan tahun 1930.

20. De Mata Trick Eye Museum

 De Mata Trick Eye Museum
De Mata Trick Eye Museum via KSMTour.com

Yang satu ini cukup unik dan kekinian. De Mata adalah tempat seru-seruan favorit anak muda zaman sekarang. Tersedia berbagai macam mural dan gambar tiga dimensi untuk bergaya. Mulai dari tema alam, olahraga, hewan, super hero, hingga angka. Lokasinya sendiri berada di XT Square Jogja.

Itulah dua puluh musuem yang ada di Jogja. Sebenarnya masih ada beberapa lagi yang belum disebutkan dan tidak kalah menarik. Keberadaan museum-museum tersebut merupakan aset dan harus dijaga kemudian dikenalkan sebagai media belajar.

Tags
Indonesia Jogja Museum
Share