Siola, Tempatnya Jelajah Surabaya Layaknya Mesin Waktu

Kota Surabaya memang berkaitan penuh dengan sejarah. Oleh karenanya banyak sekali tempat-tempat bersejarah yang tersebar di setiap sudutnya. Tapi, kalau Teman Traveler ingin tahu lebih lengkap tentang kota pahlawan ini, kalian bisa mengunjungi tempat bernama Siola. Penasaran dengan tempatnya? Simak ulasan di bawah ini.

1. Lokasi Siola

siola
Bagian depan Siola (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Siola atau yang juga disebut dengan Surabaya Museum ini terletak di Jl. Tunjungan No. 1, Genteng, Kota Surabaya. Dinamakan Siola karena lokasinya di dalam gedung legendaris yang bernama Siola.

siola
Mengisi buku tamu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain digunakan sebagai museum, tempat ini juga digunakan sebagai gedung pusat layanan publik. Mulai dari beberapa dinas pemerintahan kota, pelayanan pajak dan juga beberapa bank yang membuka pelayanan di gedung ini.

Lokasi Museum Surabaya berada di lantai 1 gedung. Kali cukup masuk ke dalam gedung dan akan menemukan pintu masuk museum di depan area pusat pelayanan publik. Masuknya pun gratis, dan hanya mengisi buku tamu pengunjung yang tersedia di pintu masuk.

2. Ada Pajangan & Catatan Sejarah Kota Surabaya

siola
Koleksi sejarah (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ketika masuk ke area museum, kalian akan langsung disuguhi pajangan berupa gambaran atau peta Kota Surabaya mulai jaman penjajahan hingga saat ini. Di sini kalia tentu bisa belajar dan juga memahami perkembangan wilayah Kota Surabaya yang semakin berkembang.

lrm_export_20190813_050026_ZBN.jpg
Foto walikota dari masa ke masa (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain perkembangan wilayah Kota Surabaya, di dalam museum ada foto Walikota yang pernah memimpin Kota Surabaya dari masa ke masa. Jika ditotal sudah ada 18 Walikota yang memimpin Surabaya, termasuk Walikota yang sekarang menjabat, Ibu Tri Rismaharini.

3. Ada Info Kuliner Khas Surabaya

lrm_export_20190813_050049_8jn.jpg
Info kuliner khas Surabaya (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tidak jauh dari pintu masuk, kalian bisa mendapati sudut unik yang menampilkan penggambaran suasana pasar tradisional di Surabaya. Selain itu, di area ini juga ditampilkan sebuah identitas khas Kota Surabaya, berupa makanan tradisional bernama Lontong Balap.

4. Menyajikan Info Tentang Perkembangan Kesenian

siola
Info kesenian (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sini kalian juga bisa melihat beberapa koleksi yang menunjukkan kesenian apa saja yang ada di Surabaya. Jangan heran kalau ada barongsai atau semacamnya, karena Kota Pahlawan memiliki warga dari berbagai etnik, mulai dari Jawa, Madura, Tionghoa, bahkan keturunan Arab.

lrm_export_20190813_050250_Ubl.jpg
Info tokoh lokal (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sudut seni juga terpajang pula beberapa tokoh musisi lokal Surabaya yang sangat berpengaruh dan memiliki citra tersendiri. Beberapa contohnya adalah Wr. Soepratman sang maestro pencipta lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Gombloh yang menelurkan banyak sekali karya yang melegenda.

5. Sajikan Info Tentang Transportasi Legendaris

lrm_export_20190813_050148_B7F.jpg
Angguna (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Surabaya juga punya angkutan umum legendaris yang dinamakan Angguna. Di tahun 1980 – 1990, angkutan ini digunakan masyarakat untuk berbelanja dalam jumlah yang banyak. Ini dikarenakan transportasi berwarna mencolok ini memiliki bak di bagian belakangnya.

Untuk yang tidak mengikuti zaman itu, di Siola ada koleksi angkutan umum Angguna yang dipajang. Selain itu ada juga sebuah bemo yang juga pernah tenar pada jamannya. Tepatnya sebelum angguna beroperasi.

6. Benda Jadul Lain yang Menarik Perhatian

lrm_export_20190813_050130_w56.jpg
Uang zaman dulu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selanjutnya ada koleksi uang sebagai alat transaksi di Kota Surabaya dari masa ke masa. Semuanya bisa kalian lihat terbingkai rapi di sebuah etalase kaca lengkap dengan catatan tahun digunakannya.

lrm_export_20190813_050226_Y8F.jpg
Fasilitas sekolah zaman dulu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pajangan yang tak kalah menarik perhatian adalah bangku dan meja khas yang digunakan sekolah pada masa lalu. Bangku dan mejanya menyatu, dengan bentuk kursi panjang dan juga permukaan meja yang miring mengarah pada siswa. Apa kalian pernah merasakannya?

7. Bonus Jalan-Jalan ke Taman Gantung Tunjungan

lrm_export_20190813_050408_yOt.jpg
Taman Gantung Tunjungan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kalau sudah puas jalan-jalan di Siola lantai 1, beranjaklah ke lantai 3 gedung ini. Di tempat ini kalian bisa menemukan sebuah taman gantung yang membelah Jl. Tunjungan. Teman Traveler bisa duduk santai di area ini sambil menikmati pemandangan keramaian lalu lintas di bawahnya.

Demikian sekilas informasi mengenai Siola yang ternyata punya museum di dalamnya. Ayo, berkunjung ke sini karena ada banyak hal yang bisa kalian dapatkan. Khususnya tentang perjalanan Surabaya dari masa ke masa.

Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor siola Surabaya Travelingyuk Wisata wisata surabaya
Share