Viral, Seekor Gajah Tertabrak Kereta Api di India

Advertisement

Sebuah peristiwa tragis yang menimpa gajah terjadi di India, Teman Traveler. Seekor gajah tertabrak kereta api penumpang setelah mencoba menyeberang rel kereta api di Bengala, India. Dilansir dari India Today, tabrakan pada Jumat siang (27/9) ini terjadi ketika kereta api jurusan Siliguri-Dhubri melintas di jalur Banarhat. Berikut kronologinya.

Mengakibatkan Kereta Ringsek

Bagian depan lokomotif kereta yang ringsek via EastMojo

Tabrakan ini menyebabkan gajah tersebut terseret sejauh 30 meter dari lokasi kejadian. Akibatnya, sang gajah mengalami luka-luka di sekujur badannya. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, sang masinis mengalami luka-luka sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Sementara itu, akibat menabrak gajah, bagian depan lokomotif kereta ringsek sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk dievakuasi dari lokasi kejadian.

Jadi Viral Karena Video di Facebook

https://c.ndtvimg.com/nfdph9vo_elephant-650_625x300_19_July_18.jpg
Ilustrasi kawanan gajah via NDTV

Nah, Teman Traveler, peristiwa tabrakan antara gajah dan kereta api ini menjadi viral berkat video yang diunggah di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Video berdurasi 45 detik tersebut menunjukkan gajah yang dalam kondisi terluka berusaha menepi dan menjauhi rel kereta, sementara orang-orang yang berada di sekitar sang gajah hanya bisa melihat dan tidak berani untuk menolong.

“Jalur Kematian” Gajah

gajah tertabrak kereta
Ilustrasi gajah berjalan di tengah rel kereta api via India Today

Banarhat-Nagrakata sudah terkenal menjadi “jalur kematian” bagi kawanan gajah yang sedang melintas. Hal ini disebabkan lintasan ini merupakan kawasan tempat para gajah mencari makan dan berpindah dari satu kawasan ke kawasan lain. Selain itu, tidak adanya pembatas antara rel kereta api dengan kawasan gajah juga menjadi faktor binatang ini bisa leluasa menyeberang rel kereta.

gajah tertabrak kereta
Ilustrasi kondisi kereta api penumpang di India via South China Morning Post

Sejak jalur Banarhat-Nagrakata beroperasi pada tahun 2004, tercatat sekitar 60 gajah terbunuh akibat tertabrak kereta api. Jumlah gajah yang tewas sempat menurun di tahun 2015-2016 karena kebijakan pengurangan batas kecepatan kereta, namun bertambah setelah batas kecepatan kereta dinaikkan.

Peristiwa ini menjadi catatan hitam bagi pemerintah dan instansi perkeretaapian di India. Mengingat gajah di India diistimewakan karena dianggap sebagai jelmaan Ganesha, salah satu dewa yang sangat dihormati dalam kepercayaan Hindu.

Perlunya kesadaran dari semua pihak supaya tidak ada lagi gajah tertabrak kereta. Bagaimana menurut Teman Traveler tentang peristiwa ini?

Advertisement
Tags
Bengala Gajah gajah tertabrak kereta India Kereta api Luar negeri news
Share