Gado-gado Mbak Bening, Kuliner di Karanganyar yang Rasanya Ngangenin

Berburu kuliner merupakan agenda wajib setelah menikmati panorama wisata suatu daerah. Apalagi jika menu yang ditawarkan tidak ditemukan di tempat lain atau memiliki keunikan tersendiri. Seperti Karanganyar, ada gado-gado enak yang jadi primadona. Namanya Gado-gado Mbak Bening yang kelezatannya sudah dibuktikan oleh Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara. Penasaran kan dengan pengalamannya? Yuk, simak ceritanya berikut.

Gado-gado, Kuliner Nusantara yang Istimewa

Lotek
Lotek di Karanganyar (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Gado-gado merupakan makanan khas Betawi yang memiliki cita rasa khas. Terutama perpaduan saus kacangnya. Beberapa daerah memiliki cita rasa saus yang pedas dan menggugah selera. Namun, ada juga yang menyajikan menu ini dengan dominasi rasa manis. Sebelum disajikan, sayuran gado-gado juga perlu direbus terlebih dahulu. Baru kemudian disajikan bersama dengan telur rebus.

Gado-gado Versi Karanganyar

Camilan tahu isi
Camilan tahu isi (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Tak jauh beda dengan lain, Karanganyar juga memadukan aneka sayur rebusan dengan saus kacang untuk seporsi gado-gado. Menariknya, bumbu saus kacang ditambah dengan sedikit asam sehingga rasanya yang tercipta unik. Salah satu warung dengan menu ini adalah Warung Makan Mbak Bening. Gado-gado Mbak Bening ini terkenal enak dan menjadi favorit banyak orang. Selain itu, tempat makan ini juga menyediakan lotek. Soal rasanya, tak perlu diragukan lagi.

Harga Merakyat tak Bikin Sekarat

Gado-gado
Gado-gado (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Awal tambahan asam dalam resep gado-gado ini hanyalah iseng. Namun, siapa sangka jika hasilnya nendang. Pelanggan warung Mbak Bening juga suka, sehingga menjadi ciri khas tersendiri. Seporsi gado-gado ini sangatlah terjangkau. Teman Traveler hanya perlu menyiapkan uang Rp10.000 untuk seporsinya. Jika menambah lontong, harganya menjadi Rp13.000. Bagaimana, ngiler kan?

Cara Menuju Warung Mbak Bening

Suasana warung makan Mbak bening
Suasana warung makan Mbak bening (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Nah, untuk Teman Traveler yang ingin berkunjung ke sini, lokasinya sangat mudah dijangkau. Yap, warung Mbak Bening berada di belakang lapangan Jaten. Jika berangkat dari Solo, arahkan kendaraan menuju ke Karanganyar sekitar 3 km. Dari fly over Palur, tandai Bulog di sebelah kanan jalan. Di seberang Bulog ini ada sebuah jalan masuk ke dalam perkampungan. Ikuti jalan tersebut sekitar 1 km dan Teman Traveler dapat menemukan warung tersebut.

Gado-gado tidak hanya enak, tapi isinya juga menyehatkan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba Gado-gado Mbak Bening yang khas di Karanganyar ini kan?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Karanganyar Kuliner Karanganyar Travelingyuk
Share