Air Terjun Jumog, Surga Tersembunyi di Karanganyar

Lereng Gunung Lawu menyimpan begitu banyak keindahan yang masih tersembunyi. Salah satu keindahan tersebut adalah air terjun yang menjadi menjadi alternatif wisata saat berkunjung ke Karanganyar. Selain Grojogan Sewu, ada sebuah air terjun yang cukup menarik perhatian karena keindahannya. Di bawah ini merupakan cerita dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara yang sudah berkunjung ke Air Terjun Jumog.

Surga Tersembunyi di Karanganyar

Air Terjun Jumog (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Air Terjun Jumog (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Air terjun Jumog bisa dibilang sebagai salah satu surga hilang yang bisa ditemukan di Karanganyar. Bagaimana tidak? Air terjun ini berada di balik bukit yang tertutup belukar. Karena kesadaran akan wisata yang begitu tinggi, para warga pun membuka jalur. Air Terjun Jumog pun menjadi salah satu wisata andalan yang menambah pendapatan penduduk. Dengan menuruni 116 anak tangga, kita akan ditemani dengan suara gemericik air yang membuat hati tenang hingga sampai ke air terjun.

Tempat ini layaknya seperti sebuah taman di negeri dongeng. Setelah menuruni tangga ada sebuah jembatan dengan air yang begitu jernih dan dingin. Wisata ini juga dilengkapi dengan tempat untuk duduk, menikmati air yang sedang mengalir dari atas ke bawah seperti tangga, dengan terbendung sebuah batu besar.

Wisata Bersih dan Murah Meriah

Air yang turun dari bebatuan (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Air yang turun dari bebatuan (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Pemandangan hijau dan pepohonan yang menjulang tinggi merupakan perpaduan yang begitu sempurna yang bisa disajikan oleh alam. Warung-warung yang berderet rapi, mencerminkan jika tempat ini memang layak untuk dikunjungi. Kebersihannya pun juga boleh diadu. Walau banyak daun-daun yang berguguran. Namun, para petugas pun dengan sigap membersihkan dan merawat tempat ini dengan baik.

Beberapa meter dari air terjun, ada jembatan kecil. Tempat ini adalah spot yang paling pas menikmati panorama sekitar yang mempunyai ketinggian 30 meter dengan debit air yang cukup deras. Derasnya air terjun menjadikan angin yang berhembus di dekat air terjun pun terasa kencang. Sebentar saja berdiri mendekati air terjun, badan sudah basah kuyup.

Harga tiket untuk masuk ke Air Terjun Jumog ini hanya berkisar Rp15 ribu orang per orang. Tidak hanya wisatawan lokal saja, wisatawan asing pun datang untuk melihat secara langsung bagaimana wisata alam Karanganyar ini menghipnotis semua orang untuk duduk dan menikmati kesejukannya.

Akses Aman Menuju Air Terjun

Jalanan menuju Air Terjun Jumog (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Jalan Menuju Air Terjun Jumog (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Tak hanya air terjun, di wisata ini juga ada kolam renang bagi anak-anak yang ingin bermain air. Ada pula tempat untuk meluncur yang akan menambah keseruan bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat ini. Berlibur bersama keluarga ke tempat ini adalah sebuah kewajiban, mengingat semua yang ditawarkan tempat ini sungguh menarik.

Bagi para pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat ini, arahkan kendaraan anda menuju arah Grojogan Sewu. Setelah sampai terminal Karangpandan, lalu ambil jalur kekiri menuju Ngargoyoso. Dari sini sudah banyak petunjuk arah yang akan membantu wisatawan sampai di Air Terjun Jumog.

Melepas penat dan rindu bersama keluarga, juga bercengkrama dengan alunan musik air terjun adalah keindahan yang sempurna. Alam Karanganyar ini sudah menunggu kamu semua, rasakan keramahannya dan pesona yang akan selalu terkenang sepanjang masa. Setuju, kan?

Tags
Air Terjun Jumog Indonesia Jawa Tengah Karanganyar Travelingyuk Wisata
Share