Mengunjungi Fortunate Coffee, Cicipi Menu Serba Sehat ala Kafe

Jogja memang memiliki beragam kuliner yang dapat diandalkan. Baik dari makanan tradisional hingga kekinian. Nah, kini ada salah satu kafe berbeda yang patut untuk kalian kunjungi saat berada di Jogja. Adalah Fortunate Coffee yang sediakan menu makanan sehat atau biasa disebut dengan kafe vegan. Penasaran dengan tempatnya? Intip dulu ulasan di bawah ini, ya.

Kafe yang Berasal dari Taiwan

Fortunate Coffee
Bagian depan kafe (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Fortunate merupakan kafe vegan yang berasal dari Taiwan. Ini terbukti dari desain kafenya yang kental dengan nuansa Taiwan. Baik dari bagian depan hingga di dalam kafe. Untuk lokasinya, kafe ini beralamat di Jl. Jogonegaran 49E, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Jogja. Lalu untuk jam operasionalnya , Fortunate Coffee buka dari jam 10.00 hingga 21.00 WIB.

20191020_110308_01_3200x2000_uR2.jpeg
Suasana dalam kafe (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Ada Spot Ikonik

fortunate coffee
Spot ikonik (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Meski kafenya mungil, namun tempatnya cukup nyaman. Ada sekitar enam meja dengan daya tampung sekitar 24 orang pengunjung. Setiap meja dilengkapi dengan socket listrik dan free WiFi yang pastinya akan membuat kita lebih betah berada di sini. Beberapa dinding cukup menarik karena dihiasi dengan kalimat-kalimat mutiara yang bijak. Nah, tempat duduk yang dekat dinding itu menjadi spot foto yang paling difavoritkan oleh pengunjung.   

Beragam Menu Vegan

20191020_101812_01_3200x1800_w0S.jpeg
Beberapa menu side course (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Fortunate memiliki banyak pilihan menu dari makanan ringan hingga berat. Menu-menu tersebut merupakan menu vegan yang diolah tanpa menggunakan menu hewani. Terjamin kehalalannya karena semua menu berbahan dasar nabati yang sehat dan alami.

20191020_112709_01_01_2000x2000_v6V.jpeg
Menyeduh kopi menggunakan Bejo Dripper (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Menu yang ditawarkan adalah masakan-masakan Indonesia, Asia hingga Western. Untuk jenisnya meliputi appetizer, snack, dessert, side dish, mie, nasi dan minuman. Teman Traveler bisa coba menu-menu favorit berikut seperti Sesame Noodle, Avogreen Pasta, Steak Portabella, Green Rice, dan Vegan Pizza. Fortunate tawarkan menu yang bisa dibilang terjangkau. Cukup merogoh kocek mulai Rp20.000-an.

Sementara untuk menu minuman, yang jadi andalan adalah kopinya. Beragam jenis kopi ditawarkan dari kopi Ijen, Aceh Gayo hingga Sidikalang. Beberapa menu kopi blended yang ciamik juga tersedia seperti Soleil (es kopi dengan selai jeruk) dan Avocado Coffee (jus alpukat dengan moccacino). Di sini, menyeduh kopinya pun unik yakni menggunakan Bejo Dripper (‘bejo’ dalam bahasa Jawa berarti beruntung). Dripper ini berbahan keramik yang dibuat oleh pengrajin asal Jogja.

Untu kalian yang tidak suka kopi, ada menu minuman lain yang tak kalah nikmat. Seperti Yinyang Latte, kombucha dan Rainbow. Untuk menu minuman dibanderol dengan harga mulai Rp30.000-an.    

Fortunate Kwetiao yang Jadi Signature Menu

20191020_104332_01_3200x1800_Z4h.jpeg
Fortunate Kwetiao (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Dari berbagai menu lezat yang ditawarkan, ada salah satu signature menu yang pantang dilewatkan yakni Fortunate Kwetiao. Menu ini diolah dengan bermacam sayuran seperti tauge, sawi dan tomat. Untuk mendapatkan rasa yang khas, kwetiao dimasak menggunakan Chineseton herbs. Tak ada daging ayam, Fortunate menjadikan proteina sebagai penggantinya.

Proteina merupakan tepung yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan bentuk mirip daging. Rasanya begitu gurih tak kalah dengan daging. Dengan tekstur kwetiao yang lembut dan langsung melting di mulut, Fortunate Kwetiao begitu nendang dan bikin ketagihan. Satu porsi menu ini dibanderol dengan harga Rp25.000.     

Steak Tempe, Andalan Fortunate

20191020_105157_01_3200x1800_Mde.jpeg
Steak Tempe (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain Kwetiao, ada Steak Tempe yang menjadi best seller di Fortunate. Dalam satu porsi terdiri dari tempe yang diolah mirip menjadi daging dan sayuran rebus sebagai pelengkapnya. Sebagai dressing, tempe disiram dengan saus oriental yang dimasak dengan jamur. Untuk sentuhan terakhir steak ditaburi dengan irisan daun seledri. Kalau kalian ingin menikmatnya, siapkan uang sebesar Rp28.000.

Menjual Aneka Bahan Nabati

20191020_101822_01_3200x1803_tbZ.jpeg

Selain bisa menikmati masakan ala Fortunate, Teman Traveler juga dapat berbelanja bahan-bahan nabati di sini. Bermacam-macam bumbu dapur atau pun bahan masakan lainnya tertata rapi dalam rak dekat dengan bar. Tersedia vinegar, black chia seed, salt Himalayan, almond, cocoa nibs, coconut oil dan masih banyak lagi.  

20191020_102006_01_3200x1800_4d6.jpeg
Beragam kopi dan dripper (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain bahan nabati, Fortunate juga menawarkan kopi dalam kemasan. Ada kopi Flores Bajawa, Sidikalang, Lintong, Aceh Gayo, dan jenis kopi dari daerah lainnya. Selain itu Fortunate juga menyediakan dripper untuk kalian penggemar kopi yang ingin menyeduh sendiri di rumah.     

Bagi Teman Traveler yang sedang ada di Jogja, Fortunate Coffee bisa jadi andalan untuk brunch, makan siang, dan makan malam dengan menu-menu yang menyehatkan. Apalagi buat kalian yang sedang melakukan pola makan sehat atau diet. Tapi bagi kalian yang bukan vegan, tenang saja rasa yang ditawarkan tetap mampu memanjakan lidah kok. Jangan lupa ajak teman atau keluarga ya kalau berencana ke sini. 

Tags
Fortunate Coffee Indonesia kontributor kuliner Travelingyuk Yogyakarta
Share