4 Fasilitas Terbaru di Surabaya, Ada Terminal Go Green 5 Lantai

Sudah bukan hal yang asing lagi, kalau Surabaya menjadi salah satu kota dengan beragam kelengkapan di dalamnya. Seperti beberapa fasilitas yang selalu diperbarui dan juga ditambah setiap waktu demi memberi kenyamanan pada warga setempat maupun wisatawan. Nah, di tahun 2019 ini, kira-kira ada sekitar empat fasilitas terbaru di Surabaya yang dapat dinikmati. Supaya kalian tidak penasaran, simak yuk uraiannya. 

1. Rak Sepeda di Berbagai Sudut Jalan 

fasilitas terbaru surabaya
Rak sepeda via instagram/surabayawalks

Salah satu fasilitas terbaru yang dimiliki kota pahlawan ini adalah rak sepeda. Pada awalnya, ini hanya diletakkan di salah satu jalan. Tapi kini sudah tersebar di berbagai sudut kota. Salah satunya berada di trotoar sekitar Monumen Bambu Runcing. Hal ini pun akhirnya membuat banyak warga setempat menjadi lebih giat bersepeda. Baik di saat libur ataupun berangkat kerja. 

2. Pasang Bollard di Pedestrian 

fasilitas terbaru surabaya
Bollard via instagram/surabayawalks

Selanjutnya, ada bollard yang terpasang di pedestrian. Bagi yang belum tahu, bollard merupakan sebuah instalasi yang berada di pedestrian dengan berbagai macam bentuk. Di Surabaya sendiri ada orang-orangan dan juga besi yang disambungkan.

Tujuannya bukan hanya untuk mempercantik trotoar. Namun lebih kepada memberikan keamanan pada pejalan kaki. Dengan pemasangan bollard, tidak akan ada pengguna kendaraan bermotor yang melewati trotoar. Alhasil pejalan kaki tidak perlu khawatir lagi dengan terjadinya kecelakaan nantinya. 

3. Taman Mozaik 

Taman Mozaik via instagram/yudi_trist

Kemudian, ada Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja, Surabaya. Tempat ini merupakan sebuah taman aktif yang di dalamnya terdapat bangunan dengan dinding kaca warna-warni. Pembangunan taman ini diharapkan dapat membuat suasana Surabaya tidak monoton.

Selain itu, bisa menambah kadar oksigen di kota tersebut lantaran banyak sekali tanaman hijau yang tumbuh di taman tersebut. Lalu, tak lupa juga, bisa menjadi jujugan karena tampilannya yang sangat instagramable

4. Terminal 5 Lantai dengan Konsep Go Green 

Terminal Intermoda Joyoboyo via instagram/dishubsurabaya

Ada yang baru lagi nih di Surabaya, yakni sebuah terminal lima lantai dengan konsep go green. Namanya adalah Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) yang akan diuji coba pada saat natal mendatang. Selain sebagai terminal angkutan umum, nantinya TIJ juga digunakan sebagai tempat parkir kendaraan, baik roda dua (R2), roda empat (R4), bus pariwisata maupun sepeda angin. Salah satunya adalah digunakan sebagai parkir kendaraan pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS). 

Kemudian, terminal ini juga dilengkapi dengan taman bermain dengan fasilitas tak biasa. Di dalamnya, anak-anak akan diberi edukasi tentang tata tertib lalu lintas. Dengan begini, anak-anak tidak hanya mendapatkan kesenangan, tapi juga ilmu yang bermanfaat. 

Demikianlah beberapa fasilitas terbaru yang ada di Surabaya. Semuanya sangat bermanfaat dan beberapa di antaranya masih belum ada di kota lain. Namun, dengan adanya fasilitas tersebut, para warga dan juga wisatawan tetap berperan penting untuk menjaganya. Supaya fasilitas tidak rusak, sehingga bisa bermanfaat dalam jangka waktu yang lama. 

Tags
Fasilitas Terbaru Surabaya Indonesia Jawa Timur news Surabaya
Share