5 Negara Asia Terbaik Untuk Jajanan Pinggir Jalan

Liburan ke luar negeri memang sangat seru apalagi menikmati street foodnya. Tiap Negara memiliki perbedaan mulai dari citarasa, jenis makanan dan suasananya. Menjadikan pengalaman kuliner yang seru dan nikmat. Berikut 5 Negara Asia Terbaik untuk jajanan pinggir jalan. Yuk, simak Negara mana saja ya.

1.Singapura

Kawasan Street Food Singapura via Shutterstock

Pada tahun 2019 Singapura negara tetangga Indonesia ini dinobatkan menjadi negara terbaik di dunia untuk street foodnya. Pemerintah Singapura memang telah mengatur lokasi dan kebersihan yang terjamin untuk jajanan pinggir jalan. Pedagang makanan ini umumnya berkumpul di pujasera (food court) dan tersebar di setiap jalan. 

Menu paling terkenal adalah nasi hainan, nasi gurih disajikan dengan ayam rebus, kemudian diberi saus kecap asin, juga sambal cabai hijau tumbuk dan sup kaldu ayam. Selain itu ada Kopi tiam, Roti cane, Nasi lemak, dan makanan lain yang merupakan campuran dari beberapa etnis di Singapura.

2. Jepang

Yakitori salah satu jajanan pinggir jalan di Jepang via Shutterstock

Negara Jepang selalu menjadi tujuan wisata wajib harus dikunjungi. Selain wisatanya yang paling diminati adalah makanan street foodnya. Sebut saja Yakitori terdiri dari daging ayam berupa kulit, hati, hingga daging yang ditusuk seperti sate. 

Kemudian disajikan dengan bumbu wasabi, mustard jepang, garam dan saus tare. Ada juga Takoyaki bola-bola tepung berisi potongan gurita, Taiyaki sejenis panekuk berisi pasta kacang atau coklat, Okonimiyaki adonan tepung terigu dicampur telur, irisan kol, daging ayam, daging atau seafood. Banyak juga jenis makanan yang lain.

Tempat-tempat untuk berburu jajanan pinggir jalan di Negeri Sakura ini biasanya di pasar-pasar atau sekitar pusat perbelanjaan. Seperti Pasar Omichi Ichiba di kawasan Kanazawa, Pasar Ameyoko di Tokyo, dan kawasan-kawasan lainnya.

3. Indonesia

Jajanan pinggir jalan di Indonesia via Shutterstock

Seperti Singapura, Indonesia tepatnya Bali juga masuk dalam 50 Kota terbaik untuk street food. Jajanan paling populer yaitu cilok, gorengan, leker, manisan buah dan makanan lainnya. Uniknya di Indonesia memiliki jajanan pinggir jalan bermacam-macam di setiap daerahnya. 

Tempat-tempat di daerah ini bisa Teman Traveler datangi jika ingin menikmati berbagai macam street food diantaranya Semawis di Semarang, Sungai Musi di Palembang, Pantai Losari di Makassar, Psp Street food di Tanjung Pinang dan Malioboro di Jogja. Selain itu juga di pasar-pasar tradisional juga banyak penjaja makanan pinggir jalan.

4. Bangkok

Jajanan pinggir jalan di Thailand Bangkok via Shutterstock

Bangkok selain sebagai surga tempat berbelanja juga surganya bagi makanan pinggir jalan. Rasanya yang lezat juga sangat ramah dikantong, mulai dari makanan berat, dessert, minuman sampai camilan-camilan ekstrem seperti kalajengking, serangga dan lainnya.

Teman Traveler bisa mendapatkannya di kawasan Khao San Road dengan Pad Thai dan camilan eksrem saat kuliner malam hari, Chatuchak Weekend Market di sini bisa berbelanja souvenir dan mango sticky rice yang legit, kuliner malam di Asiatique berbagai macam pilihan penganan halal di sini cukup banyak dan ada Chinatown atau Yaowarat bisa dikunjungi saat sore sampai malam hari. 

5. Taiwan

Suasana penjual dan pembeli di tempat street food Taiwan via Shutterstock

Selanjutnya ada Taiwan, Negara satu ini street foodnya bisa kita jumpai di Indonesia juga seperti boba, Taiwanese Fried Chickeni dan lainnya. Selain itu jajanan pinggir jalan yang terkenal di sini adalah Stinky tofu adalah tahu yang difermentasi terlebih dahulu lalu kemudian dikukus, digoreng, dibakar, dan direbus. Ada Hu Jiao Bi roti dengan taburan wijen, Bao bing yaitu es serut kacang merah. 

Tempat-tempat untuk berburu makanan di atas ada di Shilin Night Market buka mulai sore hingga tengah malam, Tamsui Old Street selain tempat berburu berbagai jenis baju di sini juga banyak street food yang bisa dicoba, dan Raohe Night Market merupakan salah satu pasar malam tertua di Taiwan.

Demikian Beberapa Negara Asia terbaik untuk jajanan pinggir jalan. Bisa menjadi alternatif wisata kuliner saat berkunjung di Negara di atas. Jadi sudah siap berkunjung dan mencicipi street food lezat nan nikmat ini? 

Tags
Indonesia kuliner Luar negeri Street food Terbaik di Asia
Share