Penting, Ini 5 Etika Berkunjung ke Museum yang Harus Kamu Praktikkan

Teman Traveler suka berkunjung ke museum sebagai salah satu wisata sejarah? Datang ke sini bertujuan untuk belajar nyaman dengan cara berbeda, bukan? Nah, kalau begitu sebaiknya dipahami etika berkunjung ke museum. Supaya proses apresiasi karya lebih nyaman dan menghindari hal-hal yang tidak dinginkan agar tak terjadi. Seperti apa? Yuk, disimak ulasan berikut.

1. Jangan berisik di dalam museum

etika berkunjung ke museum
Jaga ketenangan via Shutterstock

Mengunjungi museum memang menyenangkan saat bersama teman atau keluarga. Benda-benda yang tidak pernah dilihat pasti akan menjadi topik yang seru untuk diobrolkan. Seru-seru saja sih berdiskusi di dalam museum, namun kamu juga harus memperhatikan intonasi suaramu.

Jangan sampai kamu berteriak dan menarik perhatian orang lain. Selain itu, penting untuk mengubah mode handphone menjadi silent agar tak mengganggu pengunjung. Kamu pun juga tidak mau terganggu suara orang lain bukan?

2. Jaga jarak saat memandang karya seni

Jaga jarak via Shutterstock

Meski terlihat sepele, namun pentingnya menjaga jarak seringkali tak disadari. Saking fokus dan kagum kamu jadi lupa untuk membiarkan orang lain menikmati karya seninya. Maka dari itu cobalah untuk menjaga jarak saat memandangi benda yang ada. Kamu pun bisa melihatnya dengan puas tanpa harus menghalangi orang lain.

3. Matikan flash saat memotret

etika berkunjung ke museum
Matikan flash via Shutterstock

Bagi kamu yang suka dengan fotografi, memotret objek di museum memang hal yang harus dilakukan. Seru sih punya banyak foto yang bisa kamu lihat, tapi penting juga untuk mematikan flash pada kamera.

Pasalnya flash kamera akan mengganggu pandangan dan mengejutkan orang lewat. Namun jika kamu benar-benar ingin memotret suatu benda, sebaiknya carilah tempat dengan banyak cahaya ataupun datang ke museum pada pagi hari.

4. Kenyangkan perut sebelum berangkat

Kenyang via Shutterstock

Perut yang lapar memang selalu mengganggu apalagi saat berada di dalam museum. Pikirannya jadi makanan melulu. Namun perlu diingat bahwa museum bukanlah tempat umum seperti mall yang bebas membawa makanan. Karena banyak benda yang dilindungi tentunya sebagai pengunjung kamu harus menjaga kebersihan. Sebaiknya sebelum berangkat ke museum, kamu bisa mengenyangkan perut terlebih dahulu.

5. Jangan menyentuh barang sembarangan

etika berkunjung ke museum
Jangan menyentuh sembarangan via Shutterstock

Etika berkunjung ke museum berikutnya yang harus selalu diingat adalah jangan pernah menyentuh objek secara sembarangan. Apalagi jika sudah ada larangan untuk jangan menyentuhnya.

Museum diciptakan agar kamu bisa mempelajari dan memahami sebuah benda bersejarah yang memiliki umur panjang. Namun jika disentuh oleh tangan yang tak bertanggungjawab, bisa saja barang tersebut menjadi kotor, berbekas, atau bahkan sampai mengubah bentuk aslinya. Maka mulai kurangi kebiasaan ini sebelum terlambat.

Itulah etika berkunjung ke museum yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai mengganggu orang lain dan merusak karya yang ada. Jadi kapan Teman Traveler jelajah museum di Jogja?

Tags
etika berkunjung ke museum Indonesia Museum tips dan inspirasi
Share