Segerin Panasnya Surabaya dengan Nyeruput 5 Es Dawet Ini

Sebagai kota Pahlawan, Surabaya tidak hanya menawarkan destinasi wisata yang nyaman untuk berbagai kalangan. Kota ini juga menyuguhkan jajanan enak yang mengenyangkan. Kuliner es menyegarkan juga mudah ditemukan. Termasuk es dawet yang makin segar dengan susu melimpah. Penasaran di mana saja? Berikut rekomendasi es dawet di Surabaya yang bisa nyegerin tenggorokan.

1. Es Dawet Kudus Cak Ipul

Es Dawet Cak Ipul
Es Dawet Cak Ipul via instagram/@surabayafoodies

Pecinta kuliner Surabaya pasti tak asing dengan Es Dawet Kudus Cak Ipul. Jajanan menyegarkan ini berlokasi di sentra PKL Villa Bukit Mas Surabaya. Buka dari jam 9 pagi hingga 6 sore, sajian istimewa ini hanya berisi dawet, tape, gula jawa dan es serut. Namun, rasanya pas banget dan tidak terlalu manis. Harganya juga murah meriah. Hingga artikel ini ditulis hanya dibanderol Rp6.000.

2. Dawet Kudus Cak Minto

Dawet Kudus Cak Minto
Dawet Kudus Cak Minto via instagram/@fais_oppa

Liburan ke Surabaya terasa kurang pas jika belum mencoba es segar di Jalan Mayjen Sungkono No. 5, Sawunggaling, Wonokromo ini. Kedainya memang sederhana, tapi rasa es dawetnya bikin terpesona. Seporsinya terdiri dawet, santan, tape, susu, serta serutan es batu. Untuk membuatnya makin manis, ada tambahan gula jawa yang telah dilarutkan. Konon, kedai ini legendaris karena sudah berjualan sejak tahun 1996.

3. Es Dawet Ayu Pak To

Es Dawet Ayu Pak To
Es Dawet Ayu Pak To via instgaram/@cecekuliner

Jika dua es dawet sebelumnya dari Kudus, lain halnya dengan minuman menyegarkan ini. Pemiliknya yang bernama Pak To menyajikan es dawet ayu khas Banjarnegara dengan rasa spesial. Biasanya, Pak To berjualan di depan Masjid Al Akbar, Pagesangan dari jam 12 hingga 4 sore. Soal cita rasanya tak perlu diragukan lagi. Rasa manisnya pas dan bikin nagih. Apalagi mengingat harganya yang terjangkau, yaitu Rp5.000 per gelas.

4. Es Dawet Ayu Pak Dedi

Es Dawet Ayu Pak Dedi
Es Dawet Ayu Pak Dedi via instagram/@amazingindonesiafood

Es dawet di Surabaya lainnya ada Pak Dedi yang menjual es dawet khas Banjarnegara. Teman traveler dapat menemukan kuliner menyegarkan ini di Jalan Kapas Krampung No. 162 E, tepatnya di depan Soto Ayam Seri Dewi atau sebrang Holland. Buka dari jam 12 hingga 5 sore, es dawet ini spesial karena ditambah dengan durian Medan yang rasanya manis. Untuk seporsinya dibanderol Rp15.000. Sudah ditambah durian loh. Cocok nih, buat teman traveler yang suka durian.

5. Es Dawet Blauran

Es Dawet Blauran
Es Dawet Blauran via instagram/@cecekuliner

Rekomendasi es dawet berikutnya yang bisa dicoba adalah Es Dawet Blauran. Jajanan ini termasuk kuliner legendaris di Pasar Blauran. Berjualan sejak tahun 90-an, menu yang diandalkan berupa es dawet jenang yang terbuat dari tepung beras dengan pewarna daun pandan. Seporsinya tidak hanya dawet, tapi di beri tambahan ketan hitam, mutiara, bubur halus, gula jawa, serta biji salak. Rasanya nendang banget, khas Surabaya banget.

Itulah lima rekomendasi es dawet di Surabaya yang bakalan segarkan tenggorokanmu. Bagaimana, siap untuk liburan ke Kota Pahlawan kan?

Tags
Bakso di Surabaya Indonesia Jawa Timur Surabaya
Share