Varian Es Dawet di Jawa Tengah yang Nendang di Lidah, Sudah Tahu?

Menjelajah kota-kota di Indonesia memang bikin ketagihan. Apalagi yang memiliki budaya unik seperti di Jawa Tengah. Tidak hanya kekayaan budayanya, kamu juga bisa menemukan kuliner enak yang pastinya nendang di lidah. Salah satunya dawet yang tiap daerahnya memiliki isian berbeda. Penasaran seperti apa dawet-dawet di Jawa Tengah kan? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

1. Es Dawet Selasih, Solo

Dawet Selasih Bu Dermi di Solo
Dawet Selasih Bu Dermi di Solo via instagram/@jennyhudiono

Ada rencana untuk singgah di Kota Solo? Maka, jangan lupa mampir ke warung Bu Dermi. Di warung ini ada menu dawet selasih atau telasih yang sangat populer, bahkan di mata wisatawan. Bahkan, Presiden Joko Widodo pun memfavoritkan minuman berisi santan, cendol hijau, bubur sumsum, ketan hitam, dan juga biji selasih. Nah, ada juga tambahan susu kental sebagai pemanis.

Dawet Selasih Bu Dermi
Dawet Selasih Bu Dermi via instagram/@lina_liem10

2. Dawet Ireng Purworejo

Dawet Ireng Purworejo
Dawet Ireng Purworejo via instagram/@estyristiayu

Berbeda dengan Solo, dawet Purworejo memiliki warna berbeda. Seporsinya berisi dawet berwarna hitam yang berasal dari abu jerami yang dicampur dengan air sebagai pewarna. Tak lupa tambahan kuah santan putih serta gula aren yang telah dicairkan. Menu ini bernama Dawet Ireng Purworejo yang berasal dari daerah Butuh.

Dawet Ireng
Dawet Ireng via instagram/@rafiqjauhary

3. Dawet Ayu Banjarnegara

Dawet Ayu Banjarnegara
Dawet Ayu Banjarnegara via instagram/@cecekuliner

Bukan hanya Solo, ada satu lagi dawet yang cukup populer di tanah air. Bahkan, kuliner ini mudah ditemukan di kota-kota lain, seperti Jakarta dan Surabaya. Apalagi kalau bukan dawet ayu yang berasal dari Banjarnegara. Sajian istimewa yang terbuat dari tepung beras dan tepung beras ketan ini makin nikmat jika disajikan bersama es batu.

Dawet Ayu khas Banjarnegara
Dawet Ayu khas Banjarnegara via instagram/@sikho_mdf

4. Dawet Jepara

Dawet Jepara
Dawet Jepara via instagram/@cendol_jepara

Jika dawet biasanya terbuat dari tepung beras atau beras ketan, lain halnya dengan dawet Jepara. Hidangan menyegarkan ini menggunakan tepung sagu aren dengan campuran air, daun suji, serta pewarna hijau. Tidak hanya disajikan bersama bongkahan es, dawet Jepara juga nikmat disantap saat hangat. Beberapa penjual juga menawarkannya dengan berbagai topping seperti nata de coco hingga durian.

Dawet Khas Jepara
Dawet Khas Jepara via instagram/@bonzdroid

5. Dawet Sambal Kulon Progo

Dawet Sambel Kulon Progo
Dawet Sambel Kulon Progo via instagram/@annisaayu59

Tidak hanya disiram dengan kuah santan, tapi ada juga dawet unik yang disajikan bersama sambal. Namanya Dawet Sambal yang berasal dari Kokap, Kulon Progo, Jogja. Seporsinya terdiri dari dawet, tauge, tahu, serta tambahan bumbu kacang pedas. Tak lupa tambahan gula merah, bawang goreng dan kerupuk. Memang terlihat aneh, tapi rasanya tak perlu diragukan lagi.

Dawet Sambel
Dawet Sambel via instagram/@blusukanmakan

Nah, itulah beberapa dawet di Jawa Tengah dan sekitarnya. Bagaimana, kamu sudah coba yang mana nih?

Tags
Banjarnegara Indonesia Jawa Tengah Jepara Jogja Kulon Progo Purworejo Solo
Share