Rekomendasi Es Dawet di Semarang, Super Nyegerin

Advertisement

Semarang memiliki banyak sekali pusat kuliner enak yang menggoyang lidah. Ada Pasar Semawis, kawasan Simpang Lima dan banyak lagi lainnya. Menariknya, jajanan tepi jalan di sini enak-enak. Apalagi es dawetnya yang manis dan nyegerin abis. Nah, untuk Teman Traveler yang berencana liburan ke Kota Lawang Sewu, berikut rekomendasi es dawet di Semarang. Ada yang dipadukan dengan daging durian loh!

1. Es Dawet Kampung Kali

Es Dawet Kampung Kali
Es Dawet Kampung Kali via instagram/@sovifooddiary

Salah satu warung dawet yang terkenal di Semarang ada di Kawasan Kampung Kali atau Jalan Mayjen Sutoyo. Namanya Es Dawet Kampung Kali yang siap menggoda iman ketika siang hari. Warung makan milik Pak Busran ini menawarkan seporsi dawet dengan isian beraneka ragam. Ada tape ketan, irisan buah nangka, alpukat serta siraman santan dan parutan es batu. Nah, menu ini makin nendang dengan tambahan gula jawa cair. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsinya sekitar Rp25.000.

2. Es Dawet Pak Amad

Es Dawet Pak Amad
Es Dawet Pak Amad via instagram/@foodiary_semarang

Tak kalah istimewa, kedai es di Jalan Karangsaru-Jagalan juga selalu dibanjiri oleh pembeli. Kedai milik Pak Amad ini memang nendang banget. Porsinya banyak dan pastinya nyegerin tenggorokan. Seporsi minuman ini tidak hanya berisi dawet, tapi juga bisa dikombinasikan dengan daging durian. Buka dari jam 10 hingga 4 sore, menu di sini juga istimewa dengan siraman gula jawa. Untuk harganya sendiri, sekitar Rp10.000 tanpa ada duriannya.

3. Es Dawet Duren Gajahmungkur

Es Dawet Duren Gajahmungkur
Es Dawet Duren Gajahmungkur via instagram/@fennywijanarko

Kedai es berikutnya yang juga bisa dijadikan rekomendasi ada di Taman Gajahmungkur. Seporsi es dawet ini istimewa karena berisi aneka cendol yang menggugah selera. Selain itu ada juga tambahan ketan yang membuat rasanya makin kaya. Nah, jika Teman Traveler doyan, bisa juga dikombinasikan dengan durian. Rasanya, tak perlu diragukan lagi. Sementara harganya juga cuman Rp15.000. Ngiler kan? Datang saja ke Jalanan dekat Hotel Grasia atau seberang Pom Bensin Gajahmungkur.

4. Es Dawet Duren Pasar Johar

Es Dawet Pasar Johar
Es Dawet Pasar Johar via instagram/@watie_guptadi

Nah, tempat berikutnya yang juga menyediakan es dawet istimewa adalah Es Dawet Duren Pasar Johar. Sesuai dengan namanya, kedai ini berada di Pasar Johar. Sangat sederhana, penjual menu ini hanya bermodalkan gerobak dan kursi plastik untuk duduk. Pun demikian, rasa istimewa dari menu yang ditawarkan bikin ketagihan loh. Potongan alpukat, tape, ketan putih, daging durian terlihat menggiurkan dengan siraman santan dan gula jawa. Tak lupa tambahan susu kental serta serutan es yang bikin segar.

Bagaimana, makin bingung mau coba yang mana dulu kan? Semua es dawet di Semarang ini enak banget dan bikin ketagihan.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Semarang semarang
Share