Kulineran Es Dawet Campur Durian, Enak dan Nyegerin

Siapa yang tak kenal dengan es dawet. Kuliner menyegarkan dari Banjarnegara ini memiliki isian yang terbuat dari tepung beras, dengan rasa yang unik dan enak. Menariknya, kini kamu bisa menikmati es dawet dengan buah durian. Kebayang bagaimana rasanya bukan? Daripada ngiler, yuk mampir ke warung berikut.

1. Es Dawet Duren Kapas Kerampung

Es Dawet Duren Kapas Kerampung, Surabaya
Es Dawet Duren Kapas Kerampung, Surabaya, via instagram/@surabayafoodies

Panasnya udara di Surabaya paling enak diademkan dengan segelas minuman segar. Apalagi jika ada campuran durian di dalamnya. Cobalah mampir ke Jalan Kapas Krampungan No. 16E. Di sini terdapat Es Dawet Durian Pak Dedi atau Kapas Krampung yang sudah terkenal di telinga pecinta kuliner. Rasanya nikmat dengan menggunakan tambahan durian Medan. Sementara dawetnya juga pas dan menyegarkan. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsinya hanya Rp15.000. Terjangkau bukan?

Es Dawet Duren Kapas Kerampung
Es Dawet Duren Kapas Kerampung, via [email protected]surabayafoodies

2. Es Hujan Duren

Es Hujan Duren Sleman
Es Hujan Duren Sleman, via instagram/@jogjacarimakan

Jalan-jalan ke Jogja kurang lengkap jika belum mampir Sleman. Kabupaten ini memiliki banyak kuliner legendaris serta camilan yang pastinya bikin ketagihan. Salah satunya Es Hujan Duren yang terletak Jalan Selokan Mataram. Sedikit berbeda, kuliner ini tidak memakai santan melainkan susu cair sebagai gantinya. Soal rasa, tetap enak. Kamu pun bisa menikmati topping dari tape, keju, oreo, alpukat, durian, hingga ketan. Harganya mulai dari Rp7.000 hingga Rp20.000.

Es Hujan Duren
Es Hujan Duren via instagram/@gembulfoodie

3. Dawet Kampung Kali

Es Dawet Duren Kampung Kali, Semarang
Es Dawet Duren Kampung Kali, Semarang via instagram/@h_lisda

Semarang memiliki satu tempat dengan terkenal dengan esnya. Namanya Es Dawet Duren Kampung Kali yang berada di kawasan Kampung Kali atau Jalan Mayjen Sutoyo. Disajikan di atas mangkok, jajanan ini nikmat disantap saat siang hari. Isinya tak hanya dawet, tapi juga terdapat tape ketan, irisan buah nangka atau alpukat yang disiram dengan santan serta parutan es batu. Sajian makin lengkap dengan campuran gula jawa cair. Nah, yang paling spesial adalah durian di dalamnya diambil dipilih dari Jepara.

Es Dawet Duren Kampung Kali
Es Dawet Duren Kampung Kali via instagram/@zestfulife

4. Es Dawet Segitiga Erlangga

Es Duren Segitiga Erlangga, Semarang
Es Duren Segitiga Erlangga, Semarang via instagram/@itsagnezt

Tak hanya di Kampung Kali, es dawet durian enak juga terdapat di Segitiga Airlangga, Simpang Lima, Semarang. Lokasinya cukup sederhana, tapi penggemarnya lumayan banyak. Disajikan sederhana di atas mangkok, dawet ini disiram dengan es serut serta gula jawa cair. Sementara daging duriannya besar-besar dan bikin kenyang. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsinya sekitar Rp25.000. Sudah pernah coba?

Es Duren Segitiga Erlangga
Es Duren Segitiga Erlangga via instagram/@meyriskaaa

Itulah empat es dawet durian yang enak dan juga nyegerin. Bagaimana, sudah ngiler kan? Pecinta durian wajib coba, dong!

Tags
Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia Jawa Tengah Jawa Timur Jogja semarang Surabaya Yogyakarta
Share