Embung di Jogja, Bisa Jadi Lokasi Ngabuburit Saat Jelajah Kota Istimewa

Embung merupakan bangunan dengan bentuk cekung yang memiliki fungsi menampung kelebihan air pada saat hujan. Fungsi awalnya sebagai persediaan air, namun belakangan sudah bergeser menjadi destinasi wisata. Ternyata embung bisa jadi lokasi yang tepat buat wisata tipis-tipis. Cocok juga untuk ngabuburit lho. Jika memang begitu, berikut ini embung di Jogja, bisa jadi lokasi ngabuburit.

Embung Potorono

Embung Potorono, via Instagram/anakrimba_adventure
Embung Potorono, via Instagram/anakrimba_adventure

Embung Potorono sudah disulap sedemikian rupa menjadi lokasi yang cocok untuk rekreasi keluarga. Lokasinya tak jauh dari pusat kota Jogja, tepatnya berada di Salakan, Potorono, Banguntapan, Bantul, Jogja. Di sini ikannya besar-besar, namun tal boleh ditangkap ya. Kamu bisa memberi makan ikan-ikan ini sambil menunggu waktu berbuka tiba. Ada gazebo juga untuk berteduh, ditambah dengan spot Instagenic.

Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran, via Instagram/ayuanissa_
Embung Nglanggeran, via Instagram/ayuanissa_

Tidak kalah cantik dari yang sebelumnya ada Embung Nglanggeran. Salah satu daya pikat utama tempat wisata Jogja ini adalah bisa menyaksikan sunset yang memesona. Di sini juga ada gardu pandang, jika ingin menyaksikan panorama sekeliling. Alamat Embung Nglanggeran ini berada di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Sunset dengan warnannya merah jingga akan membuatmu terpesona.

Embung Tambak Boyo

Embung Tambak Boyo, via Instagram/huda_jbs
Embung Tambak Boyo, via Instagram/huda_jbs

Ada lokasi lainnya yang bernama Embung Tambak Boyo di Dusun Tambakboyo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Jogja. Tempat ini menjadi favorit para pemancing ataupun jogging. Waktu yang paling disarankan untuk berkunjung ke sini memang sore hari, bisa menyaksikkan golden sunset yang cantik jelita. Panorama di sekelilingnya juga masih sangat asri, waktu menunggu berbuka akan berlalu begitu saja.

Embung Kleco

Embung Kleco, via Instagram/alvianhariss
Embung Kleco, via Instagram/alvianhariss

Lokasi selanjutnya yang cantik tak terduga adalah Embung Kleco. Embung cantik ini berada di Desa Ngesong, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Akses menuju lokasi ini sudah mudah, karena jalurnya telah beraspal. Lokasinya berada di ketinggian, kamu bisa huntung sunrise dari sini. Saat sore hari panoramanya juga tak kalah cantik lho. Bisa jadi alternatif wisata yang dikunjungi buat ngabuburit lho.

Lokasi yang segar-segar dan adem memang cocok untuk menunggu waktu berbuka ya Teman Traveler. Jadi, puasa kali ini sudah liburan ke mana saja?

Tags
embung di Jogja Indonesia wisata jogja
Share