Destinasi Wisata Pulau Lombok Ini Tidak Terdampak Gempa, Agendakan Liburan Akhir Tahunmu Segera!

Advertisement

Selain menyisakan banyak kesedihan dan rasa kehilangan, gempa yang mengguncang Lombok pada 05 Agustus 2018 lalu juga meninggalkan banyak pekerjaan rumah bagi pihak-pihak terkait. Termasuk di antaranya adalah pelaku-pelaku industri pariwisata, baik pihak pemerintah atau swasta. Melalui program Lombok Bangkit, yang sedang digalakkan Kementerian Pariwisata, beberapa destinasi wisata Pulau Lombok yang tidak terdampak gempa ini, aman dan memesona untuk dikunjungi. Di mana saja kah, itu? Berikut ulasannya.

1. Kawasan Pantai di Selatan Lombok

Lanskap Pantai Kuta Lombok yang Juga Tidak Terdampak Gempa via Instagram/ jumzhanpatingki

Dilansir dari Liputan 6, Gubernur NTB, TGB Zainul Majdi memastikan bahwa pantai di kawasan selatan Lombok tidak terdampak oleh gempa. Seperti Pantai Kuta Lombok, Pantai Mawun, Pantai Selong Belanak, dan Pantai Tanjung Aan. Jadi, Teman Traveler yang mencintai pantai lengkap dengan pasirnya, bisa mengunjungi Lombok tanpa khawatir.

2. Pantai Tanjung Aan

Pesona Tanjung Aan yang Takkena Dampak Gempa via Instagram/ thelangkahtravel

Selanjutnya, destinasi wisata di Lombok yang tidak terdampak gempa dan masuk menjadi bagian dari program Lombok Bangkit adalah Pantai Tanjung Aan. Pantai Tanjung Aan dan beberapa objek wisata di kawasan Mandalika siap menyambut kedatangan para wisatawan dengan keindahannya yang tidak berubah. Tetap dengan air laut yang biru,  tebing tinggi eksotis, udara serta suasananya yang menenangkan.

3. Bukit Merese

Bukit Merese yang Syahdu via Instagram/ putriuthet

Dilansir dari Suara, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar dalam Gathering Amazing Lombok Famtrip pada 16 hingga 18 November 2018 lalu mengungkapkan bahwa ada dua jenis destinasi: wisata terdampak dan tidak terdampak. Destinasi yang sedang digalakan adalah destinasi tidak terdampak. Objek wisata tersebut tidak ada yang berubah. Pertama adalah Bukit Merese. Mengunjungi wisata yang ada di Lombok Tengah ini, Teman Traveler bisa menikmati indahnya Pantai Tanjung Aan dari ketinggian. Cocok untuk siapa pun yang sedang butuh ketenangan.

4. Bawah Laut Kawasan Gili Nanggu, Gili Kedis dan Gili Sudak

Pemandangan Bawah Laut di Gili-gili di Lombok via Instagram/ liburpedia

Untuk Teman Traveler yang suka dengan snorkeling atau diving, beberapa destinasi wisata Pulau Lombok yang tidak terdampak gempa seperti kawasan bawah laut Gili Nanggu, Gili Kedis dan Gili Sudak bisa dikunjungi. Keindahan pemandangan bawah laut di tiga gili ini seperti lukisan. Tidak akan ada penyesalan ketika mengunjunginya.

5. Desa Adat Sasak Sade

Desa Adat Sasak Sade untuk Pecinta Budaya via Instagrma/ nery.agustin.12

Selain objek wisata alam, beberapa destinasi objek wisata budaya di Lombok juga aman dari gempa. Destinasi yang pertama adalah Desa Adat Sasak Sade yang ada di Lombok Tengah. Desa ini bukan sengaja dibuat, melainkan memang merupakan pemukiman dari masyarakat asli Suku Sasak, penduduk asli Pulau Lombok. Masyarakat yang tinggal di Desa Sade ini masih memegang teguh tradisi yang berlaku sejak zaman pemerintahan Kerajaan Pejanggik di Praya, Kabupaten Lombok Tengah.

6. Desa Tenun Sukarara

Kegiatan di Desa Tenun Sukarara via Instagram/ tamukulomboktour

Selain Desa Adat Sasak Sade, destinasi wisata Pulau Lombok yang aman dari gempa adalah Desa Tenun Sukarara yang sama-sama ada di Lombok Tengah. Desa ini merupakan desa penghasil kerajinan tenun songket khas Pulau Lombok. Pembuatan kain tradisional ini masih menggunakan proses-proses yang tradisional.

Destinasi wisata Pulau Lombok yang tidak terdampak gempa, masuk menjadi bagian dari program Lombok Bangkit. Pengoptimalan serta menggalakan kembali industri pariwisata Lombok yang sempat terganggu sebab gempa, bukan hal mudah. Namun, gerakan ini akan berjalan sesuai rencana dengan bantuan dari berbagai pihak, termasuk Teman Traveler! Jadi, kapan nih berencana mengeksplor Lombok lagi?

Advertisement
Tags
destinasi wisata pulau lombok Indonesia Pulau Lombok Wisata wisata lombok
Share