Wajib Disimak, Indahnya 5 Destinasi Wisata di Vlog Presiden Jokowi

Advertisement

Di tengah sibuknya tugas-tugas kenegaraan, Presiden Joko Widodo ternyata lumayan sering mengunjungi tempat-tempat menarik lho. Indahnya destinasi wisata di vlog Jokowi terlihat begitu memukau, membuat mereka yang melihat jadi penasaran dan ingin berkunjung.

Mulai dari Raja Ampat hingga Kebun Raya Bogor, orang nomor satu Indonesia itu seolah tak pernah bosan-bosan mempromosikan wisata Indonesia dengan gayanya yang luwes. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan daftar lima destinasi wisata di vlog Presiden Jokowi yang pantang dilewatkan.

1. Mandalika

Indahnya pemandangan Mandalika
Indahnya pemandangan Mandalika via Instagram achmadrizalfr

Pada Oktober 2017, Jokowi sempat melakukan kunjungan ke Nusa Tenggara Barat dan meresmikan Kawasan Ekonomi khusus Mandalika. Lewat kesempatan tersebut, Pak Presiden coba memamerkan keindahan kawasan setempat pada seluruh masyarakat Indonesia, dengan membuat vlog.

Ditemani oleh Gubernur Muhammad Zainul Majdi, yang akrap disapa Tuan Guru, Jokowi sibuk memamerkan keindahan alam sekitar dengan merekam mereka berdua di depan layar smartphone-nya. Video yang direkam Jokowi tersebut didominasi oleh pemandangan pesisir pantai yang indah. Ditambah dengan deburan ombak yang menghantam karang bertubi-tubi.

2. Raja Ampat

Pemandangan Raja Ampat
Pemandangan Raja Ampat via Instagram euisalviani

Siapa yang tidak kenal dengan Raja Ampat? Surga perairan yang berada di kawasan Indonesia Timur ini semakin kondang di beberapa tahun belakangan, bahkan sudah tidak asing lagi di telinga para turis mancanegara.

Presiden Jokowi sempat membuat vlog mengenai keindahan Raja Ampat ketika ia menghadiri peringatan Hari Ibu di Lapangan Waisa Torang Cinta (WTC), pada 22 Desember 2017. Sebelumnya ia juga pernah menghabiskan malam terakhir 2015 di kawasan yang sama.

Raja Ampat dikenal dengan kekayaan alam bawah lautnya. Namun sayangnya, Jokowi tidak sempat menyelam dan melihatnya langsung. Dalam vlog yang diunggah di YouTube, Pak Presiden hanya menikmati keindahan sekitar sembari berdiri di atas kapal pesiar ditemani salah seorang putranya, Kaesang Pangarep.

3. Stadion Maguwoharjo

Stadion Maguwoharjo
Stadion Maguwoharjo via Instagram aconkyeah

Presiden Jokowi sempat jadi sorotan para penggemar sepakbola pada 4 Februari 2017 lalu. Kala itu pria asal Solo hadir langsung di Stadion Maguwoharjo, tidak hanya untuk membuka, namun menyaksikan secara penuh pertandingan pembuka Piala Presiden antara PSS Sleman dan Persipura Jayapura.

Meski pertandingan berakhir tanpa gol, Jokowi tampak cukup puas dengan adu serangan dan taktik yang dipertontonkan kedua kubu. Ia juga sempat melakukan foto selfie dan juga mengunggah video singkat untuk mempertontonkan keindahan stadion Maguwoharjo.

4. Jembatan Merah Putih

Jembatan Merah Putih
Jembatan Merah Putih via Instagram gandi_irvanudin

Salah satu misi Jokowi selama menjabat sebagai presiden Indonesia adalah memastikan jalur distribusi di seluruh penjuru Tanah Air tidak terhambat. Itulah yang membuatnya tak ragu untuk memberikan dukungan terhadap proyek jembatan-jembatan masif di seluruh negeri.

Jembatan Merah Putih, yang diresmikan Jokowi pada 4 Maret 2016, merupakan jembatan terpanjang di kawasan Indonesia Timur. Membentang sepanjang 1.140 meter, diharapkan jembatan ini bisa mempercepat waktu tempuh dari Bandara Pattimura ke Kabupaten Maluku Tengah, dan sebaliknya.

5. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor via Instagram alanreal26

Untuk menjaga kondisi tubuhnya selama menjalankan tugas sebagai presiden, Jokowi tak melupakan pentingnya berolahraga. Satu waktu, ia sempat mengunggah foto dirinya sedang melakukan jogging di kawasan Kebun Raya Bogor, yang berada di dekat Istana Negara.

Pohon-pohon besar dan penghijauan yang ada di sana membuat kualitas udara menjadi lebih baik dibanding kawasan perkotaan. Cocok bagi mereka yang ingin mengolah fisik dan sekaligus mencari suasana berbeda.

Kebun botani seluas 87 hektar ini sudah berdiri sejak 1817 dan masih menjadi salah satu objek wisata favorit warga. Di antara ribuan koleksi tanaman yang ada di Kebun Raya Bogor, salah satu yang menjadi primadona adalah Bunga Bangkai yang berasal dari Jambi.

Itulah tadi daftar sejumlah destinasi wisata di vlog Presiden Jokowi yang bisa dijadikan inspirasi tempat liburan. Bagaimana, ada yang sudah berencana mengunjungi salah satu di antaranya?

Advertisement
Tags
Bogor Jogjakarta Nusa Tenggara Barat Papua Wisata
Share