6 Benda Pantang Dikenakan Saat Check-In Bandara, Apa Saja?

Advertisement

Melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang selain relatif lebih singkat juga nyaman. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penerbangan terasa kian nyaman. Salah satunya adalah deretan benda pantang dikenakan saat check-in bandara.

Bukan hanya karena tak praktis, sejumlah item tersebut juga berpotensi membuat penumpang tertahan di pemeriksaan keamanan. Bisa jadi jadwal penerbangan bakal terganggu dan membuyarkan rencana yang sudah dibuat. Berikut Travelingyuk sajikan daftar enam benda pantang dikenakan saat check-in bandara.

1. Sepatu yang Sulit Dilepas

Sepatu model slip-on lebih direkomendasikan
Sepatu model slip-on lebih direkomendasikan via Pixabay

Traveler sebaiknya mengenakan sepatu model selop di bandara. Kadang petugas keamanan akan meminta calon penumpang melepas sepatu dan menempatkannya di wadah pemeriksaan, sebelum berjalan ke mesin detektor. Sepatu dengan tali-tali rumit bakal sulit dilepas dan berpotensi menimbulkan antrean panjang.

Selain itu, mereka yang sedang buru-buru mengejar penerbangan akan diuntungkan jika memakai alas kaki yang mudah dilepas. Proses transit dari titik pemeriksaan ke terminal bakal jauh lebih cepat. Patut dicatat bahwa anak-anak di bawah 12 tahun dan dewasa di atas 75 tahun mungkin tak perlu melepas sepatu selama pemeriksaan.

2. Tindikan atau Perhiasan

Jangan kenakan perhiasan berlebihan
Jangan kenakan perhiasan berlebihan via Pixabay

Bagi mereka yang sengaja maupun tidak, membuat mesin detektor metal bereaksi, dijamin bakal mendapat pemeriksaan tambahan. Setidaknya petugas keamanan akan meminta sejumlah keterangan tambahan, sementara calon penumpang lain dibiarkan melewati titik pemeriksaan dengan mulus.

Oleh karena itu, pastikan tidak mengenakan benda atau asesoris berbahan metal. Mulai dari tindikan maupun kunci di dalam dompet bisa memancing reaksi dari para petugas keamanan bandara. Bagi yang mengenakan tindikan dan tak bisa dilepas, bisa meminta pemeriksaan terpisah dari sekuriti.

3. Sabuk

Ikat pinggang harus dilepas ketika pemeriksaan
Ikat pinggang harus dilepas ketika pemeriksaan via Pixabay

Sebelum berangkat ke bandara, perhatikan apakah celana yang dikenakan bakal melorot jika sabuk dilepas. Hal ini penting untuk menghindari insiden memalukan. Sebab semua calon penumpang harus melepas sabuk sebelum melewati alat detektor metal, jadi pastikan tidak mengenakan sabuk sama sekali atau pilih celana yang bisa dipakai tanpa sabuk.

Sabuk harus dilepas karena di bagian gesper terdapat bahan metal yang bisa mengaktifkan sensor di mesin detektor. Namun meski penumpang mengenakan sabuk tanpa metal, biasanya akan tetap diminta melepas oleh petugas. Hal semacam ini sudah jadi prosedur standar pemeriksaan.

4. Jas Panjang atau Coat

Semua jaket harus dilepas di pemeriksaan
Semua jaket harus dilepas di pemeriksaan via Pixabay

Semua traveler pasti sudah paham bahwa jaket dan jas – termasuk outer seperti sweater, rompi, dan sejenisnya – harus dilepas sebelum melewati detektor logam. Para calon penumpang tidak dilarang mengenakan baju hangat, karena suhu di dalam pesawat bisa cukup dingin. Namun ingat bahwa luaran tersebut mungkin harus dilepas beberapa kali sebelum bisa masuk ruang tunggu.

5. Kaus Bernada Ofensif

Ilustrasi pemeriksaan di bandara
Ilustrasi pemeriksaan di bandara via Pixabay

Pakaian provokatif maupun ofensif berpotensi membuat penumpang diturunkan paksa dari pesawat, sekaligus menarik perhatian petugas keamanan bandara. Sudah ada banyak laporan dan kisah soal traveler yang bermasalah dengan penerbangan, meski sebelumnya lolos dari pemeriksaan dengan pakaian tak lazim.

Bukan tak mungkin penumpang akan diinterogasi petugas keamanan bandara dan diminta keterangan lebih lanjut. Intinya, jangan sampai mengenakan pakaian dengan pesan atau simbol yang bisa memancing perdebatan.

6. Pakaian Yang Terlalu Besar

Ilustrasi pemeriksaan di bandara
Ilustrasi pemeriksaan di bandara via Pixabay

Mengenakan pakaian oversized atau kebesaran sebenarnya tak dilarang. Namun kadang ada penumpang memakai baju longgar terkait dengan aliran kepercayaan atau agama tertentu. Hal ini berpotensi memancing pemeriksaan ekstra dari petugas bandara.

Menurut aturan penerbangan Internasional, pakaian dengan ‘ruang cukup besar untuk menyembunyikan benda terlarang’ wajib mendapat perhatian ekstra. Jadi perhatikan aturan ini jika ingin melewati pemeriksaan bandara dengan cepat.

Itulah tadi sekilas mengenai deretan benda pantang dikenakan saat check-in bandara. Jika ingin melewati pos sekurit dengan cepat dan langsung masuk pesawat, sebaiknya tak mengenakan benda-benda yang sudah disebutkan.

Advertisement
Tags
Indonesia tips Wisata
Share