Jelang Asian Games, Jangan Lewatkan 5 Destinasi Wisata di Sekitar Palembang Ini

Advertisement

Agustus mendatang Palembang menjadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018. Ada banyak wisata Palembang yang dapat kamu kunjungi. Tak melulu tentang pempek dan Jembatan Ampera saja. Empat destinasi yang akan disebutkan di bawah ini adalah beberapa opsi destinasi wisata di Palembang.

Danau Ranau

Traveler sedang berjaan di wisata Palembang, Danau Ranau
Traveler sedang berjaan di wisata Palembang, Danau Ranau via instagram/jsetiawan91

Danau ini merupakan danau terbesar kedua yang ada di pulau Sumatera, danau yang memiliki luas 125,9 kilometer persegi dengan kedalaman rata-rata 174 meter, dan 229 meter untuk kedalaman maksimal. Lokasinya berada pada kawasan perbukitan. Karenanya Danau Ranau tidak hanya memiliki pemandangan indah, tapi juga udara yang segar.

Pulau Kemaro

Pagoda di Pulau Kemaro via instagram
Pagoda di Pulau Kemaro via instagram/arysandy_

Pulau Kemaro terletak di sebuah delta di tengah Sungai Musi yang membelah Kota Palembang. Untuk mencapai tempat ini, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar lima kilometer ke arah hulu dari Jembatan Ampera. Pulau ini memiliki banyak bangunan berarsitektur oriental di dalamnya. Karena pulau seluas lima hektar ini menyimpan legenda tentang kisah cinta antara Siti Fatimah, putri Raja Palembang, yang dilamar oleh anak Raja China, Tan Bun Ann.

Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari via instagram
Air Terjun Bidadari via bisniswisata.co.id

Air terjun ini berjarak kurang lebih 16 km dari kota Lahat atau 231 km dari Kota Palembang. Jalan untuk menuju ke lokasi Air Terjun Bidadari sudah cukup bagus, dan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil ataupun motor dengan kondisi jalan yang sudah beraspal. Tingginya sekitar 30 meter, lebarnya hingga 10 meter.

Hutan Punti Kayu

Salah satu fasilitas wisata di Hutan Wisata Punti Kayu via instagram
Salah satu fasilitas wisata di Hutan Wisata Punti Kayu via instagram/puntikayu

Taman Wisata Punti Kayu adalah satu-satunya hutan yang berada di jantung kota Palembang, ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Bayangkan diri Anda melangkah keluar dari kehidupan yang penuh dengan lalu lintas untuk menikmati diri Anda selama satu hari di alam yang menenangkan di antara pohon pinus yang tenang. Hanya sekitar 7 km dari pusat kota, hutan membentang seluas  50 hektar tanaman hijau.

Benteng Kuto Besak

Bagian depan Benteng Kuto Besak via instagram
Bagian depan Benteng Kuto Besak via instagram/g_experienceplg

Benteng Kuto Besak terletak persis di tepi Sungai Musi. Bangunan ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena umurnya sudah mencapai ratusan tahun. Kuto Besak adalah bangunan keraton yang menjadi pusat Kesultanan Palembang pada abad ke 18. Di bagian dalam di tengah kraton disebut Dalem, khusus untuk tempat kediaman raja, lebih tinggi beberapa kaki dari bangunan biasa.

Wisata Palembang dan daerah sekitarnya yang masih ada dalam area Sumatera Selatan, memiliki potensi yang besar. Beberapa tempat seperti yang telah disebutkan di atas adalah contohnya. Apa yang paling kamu ingat sangat mendengar kata Palembang?

Advertisement
Tags
Asian Games Indonesia Palembang Sumatera Selatan Wisata wisata palembang
Share