Tips Mudik Naik Kereta, Nyaman dan Bebas Bosan

Advertisement

Meski lebaran masih beberapa minggu lagi, persiapan mudik harus dilakukan sejak jauh-jauh hari. Apalagi jika berencana pulang kampung naik kereta, karena perjalanan mungkin akan waktu hingga berjam-jam lamanya. Bagi yang masih bingung, tak ada salahnya simak beberapa tips mudik naik kereta agar terasa kian nyaman dan tak bosan.

Mudik naik kereta adalah salah satu alternatif termurah pulang ke kampung halaman. Tak heran jika transportasi ini cukup populer di Indonesia, meski kadang terasa kurang nyaman karena penataan kursi yang kurang menguntungkan. Tapi jangan khawatir, berikut Travelingyuk sajikan beberapa tips mudik naik kereta yang perlu diketahui.

1. Memakai Baju Nyaman

Ilustrasi deretan pakaian
Ilustrasi deretan pakaian via Pixabay

Sebisa mungkin kenakan pakaian paling nyaman. Tidak perlu memakai atasan atau bawahan trendi. Simpan untuk Hari Lebaran atau ketika sudah sampai di kampung halaman nanti.

Kereta api bisa menjadi sangat dingin karena AC di malam hari. Oleh karena itu pakailah baju dan celana berbahan tebal. Jika memang perlu, bawa selimut sendiri karena PT. KA tidak menyediakan selimut untuk semua penumpang.

2. Siapkan Mental

Ilustrasi padatnya stasiun kereta
Ilustrasi padatnya stasiun kereta via Pixabay

Melakukan perjalanan mudik bisa menjadi sesuatu yang mengakibatkan stres. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya berdesak-desakan dengan ribuan calon penumpang di terminal atau stasiun. Semuanya berebut untuk segera duduk dan sampai di kampung halaman.

Agar perjalanan mudik tetap terasa menyenangkan, siapkan mental sebaik mungkin. Selama perjalanan, pikirkan hal-hal positif yang akan menanti begitu sampai di rumah. Jika memang memungkinkan, tak ada salahnya menelepon sanak keluarga di kampung dan berbicara banyak hal sembari menghabiskan waktu.

3. Cari Cara Agar Tidak Bosan

Membaca koran sembari naik kereta
Membaca koran sembari naik kereta via Pixabay

Perjalanan mudik dengan kereta bisa memakan waktu hingga puluhan jam, tergantung tujuan. Penumpang biasanya cepat merasa bosan dan hal ini bisa memancing stress. Untuk menghindarinya, siapkan beragam alternatif hiburan untuk membunuh waktu.

Bawa beberapa buku favorit, meski konon membaca di dalam kereta api bisa mengakibatkan seseorang mudah mabuk darat. Memainkan game kesukaan atau menonton film di smartphone/tablet juga merupakan ide yang bagus. Bagi mereka yang mudik beramai-ramai, membawa papan permainan bisa jadi alternatif yang tak kalah mengasyikkan.

4. Berkomunikasi

Ilustrasi penumpang di kereta
Ilustrasi penumpang di kereta via Pixabay

Berkomunikasi dengan sesama pemudik juga bukan ide yang buruk. Bukalah topik pembicaraan dengan menanyakan hendak berhenti di mana. Dari situ biasanya pembicaraan akan lebih mudah mengalir. Tanpa terasa waktu akan berlalu cepat dan sampai di tempat tujuan.

Namun demikian, jangan sembarangan memberi informasi pribadi. Selain itu tetap berjaga-jaga dan perhatikan apakah lawan bicara punya potensi untuk berbuat buruk.

5. Jaga Kewaspadaan

Ilustrasi orang menunggu kereta
Ilustrasi orang menunggu kereta via Pixabay

Riuhnya suasana stasiun dan terminal di musim mudik sangat rawan dimanfaatkan para pelaku kriminal untuk berbuat jahat. Oleh karena itu, para pemudik harus tetap berhati-hati. Bahkan bukan tidak mungkin pihak-pihak yang berniat buruk tersebut ikut menumpang di gerbong yang sama.

Selalu pastikan benda berharga seperti dompet dan smartphone ada di tempat aman. Jangan sembarangan menerima pemberian dari orang asing. Jika ingin tidur, pastikan semua tas dan benda berharga aman. Andai bisa, istirahatlah bergantian dengan anggota keluarga lain.

Itulah tadi beberapa tips mudik naik kereta yang perlu diperhatikan. Semoga mudik lebaran kali ini berjalan mulus, tanpa hambatan, dan semua bisa segera dipertemukan dengan sanak saudara di rumah.

Advertisement
Tags
tips Wisata
Share