Island Hopping di Belitung, Berburu Keindahan Alam Seperti Laskar Pelangi

Keindahan wisata bahari Pulau Belitung memang tak perlu dipertanyakan lagi. Tempat shooting film Laskar Pelangi ini memiliki banyak sekali destinasi bahari yang beragam. Bahkan, melompat dari satu pulau menuju pulau yang lain adalah hal yang sangat mungkin untuk dilakukan. Karakter khas pantai dan pulau di Belitung membuat tempat ini harus masuk dalam daftar plesirmu berikutnya.

Pulau Tanjung Kelayang

Berada dalam celah batuan via instagram/@bono_belitong

Tak hanya pasir putih dan pesisir pantai yang dapat kamu temukan di Tanjung Kelayang. Di tempat ini kamu dapat berendam dalam kolam tersembunyi yang berisi air dari laut. Karena berada tak jauh dari tepi pantai, genangan yang ada bersumber dari ombak yang masuk melalui celah-celah batuan granit dan tertampung pada cekungan di dalamnya.

Terletak tak jauh dari bibir pantai via instagram/@inohutomo

Pulau Batu Berlayar

Batu-batu yang berbentuk menyerupai layar via instagram/@miss_ria.n

Pulau Batu Berlayar adalah pulau kecil yang memiliki bebatuan granit besar di wilayahnya. Nama Batu Berlayar sendiri diadaptasi karena saat air pasang tiba permukaan pulaunya tenggelam dan batu ini tetap berdiri menyerupai layar. Inilah yang menjadi daya tarik dari Batu Berlayar. Tempat ini juga dapat menjadi spot snorkeling yang tepat, karena terdapat beberapa titik yang memiliki terumbu karang dan ikan-ikan eksotis di dalamnya.

Perairan Pulau Batu Berlayar via instagram/@claudiapriscill

Pulau Pasir

Meskipun tenggelam saat pasang, beberapa wahana tetap di pasang viia instagram/@shinta_h

Ukurannya tak terlalu besar, hanya sekitar 100 meter persegi yang hanya terdiri dari hamparan pasir saja. Namun, perairan sekitar Pulau Pasir memiliki biota laut yang indah. Salah satunya adalah bintang laut yang sering terdampar ke tepian pulau karena terbawa ombak. Jika memiliki keinginan untuk snorkeling atau diving, ada baiknya persiapkan sendiri alat-alatnya ya.

Bintang laut yang sering terdampar ke tepi via instagram/@piadinari

Pulau Burung

Pesisir Pulau Burung via instagram/@erlinahoo

Terletak di pesisir utara Belitung, warga lokal menyebut pantai ini dengan nama Burong yang dalam bahasa lokal memiliki arti burung. Tak jauh dari pesisir Pulau Burung terdapat batuan yang tertata secara alami dan membentuk kepala burung. Masalah keindahan, wilayang Bangka dan Belitung tak perlu dipertanyakan lagi.

Batu yang menyerupai kepala burung via instagram/@serekaprentcar

Menghabiskan waktu dengan warna toska air laut serta putihnya hamparan pasir tentu dapat menjadi penghilang penat yang efektif. Terlebih lagi kamu dapat berendam dalam gua dengan kolam air asin yang tersembunyi di Tanjung Kelayang. Penasaran?

Tags
Belitung Indonesia Kepulauan Bangka Belitung Wisata
Share