Tempat Wisata Anti Mainstream di Bangka-Belitung, dari Pulau hingga Bekas Tambang

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Kepulauan Bangka-Belitung adalah salah satu provinsi yang terletak di bagian timur Pulau Sumatera, lengkap dengan sederet destinasi wisata. Bahkan karena keindahan alamnya, Bangka Belitung pernah menjadi tempat untuk pengambilan gambar dari film Laskar Pelangi yang berangkat dari novel besutan Andrea Hirata. Namun bukan hanya yang pernah menjadi lokasiĀ shooting, masih ada beberapa lokasi lain yang tak kalah memukau.

1. Pulau Burung

Pulau Burung Bangka Belitung [image source]
Terletak di pesisir utara Belitung, warga lokal menyebut pantai ini dengan nama Burong (dalam bahasa lokal berarti burung). Memang, tak jauh dari pesisir Pulau Burung terdapat batuan yang tertata secara alami dan membentuk kepala burung. Masalah keindahan, wilayang Bangka Belitung tak perlu dipertanyakan lagi.

Batu berbentuk kepala burung [image source]

2. Danau Kaolin

Air berwarna biru dan dataran berwarna putih [image source]
Nama Danau Kaolin naik daun sekitar akhir tahun 2015. Memang panorama air biru pada danau ini didukung dengan perbukitan yang berwarna putih, menyerupai salju. Tempat indah ini juga bermula dari bekas ceruk tambang yang tak lagi beroperasi dan menjadi tampungan air.

Danau Kaolin yang berada di Bangka [image source]

3. Pulau Putri

Pesisir Pulau Putri [image source]
Dari Pantai Penyusuk, kamu hanya memerlukan waktu perjalanan lewat laut selama 5 menit saja. Tempat ini memiliki pemandangan khas pesisir pantai Bangka dan Belitung. Asyiknya lagi, keindahan ini dapat dinikmati dengan tenang karena belum terlalu ramai pengunjung. Kamu bebas menghabiskan waktu dengan bermain di tepi pantai atau snorkeling di perairannya.

Gambar Pulau Putri dari foto aerial [image source]

4. Tambang Timah Aek Ketok

Danau dengan air berwarna biru dan dindiing berwarna merah [image source]
Secara Administratif, Aek Ketok termasuk pada wilayah Kecamatan Muntok. Genangan air berwarna biru dan dinding tebing berwarna kemerahan adalah daya tarik utama yang ada di sini. Genangan air ini berasal dari air hujan yang tertampung oleh ceruk bekas pertambangan. Berbeda dengan Danau Kaolin yang memiliki dinding putih, tebing di sini berwarna merah dan bertekstur menyerupai Grand Canyon Amerika Serikat.

Berkas pertambangan timah yang menjadi destinasi wisata [image source]
Kepulauan Bangka Belitung memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang memukau. Seperti empat lokasi yang telah disebutkan di atas. Bahkan bekas tambang pun memiliki lansekap yang indah. Tertarik untuk mengunjungi Bangka-Belitung?