Pilihan Destinasi ‘Tematik’ di Palembang, Liburan Bikin Makin Girang

Sebagai salah satu tuan rumah Asian Games 2018 , Palembang menyuguhkan banyak destinasi wisata untuk para wisatawan yang datang. Mulai dari wisata alam hingga taman bermain juga ada. Salah satunya adalah kampung tematik di Palembang yang menyuguhkan nuansa berbeda. Berikut ini rekomendasi destinasi tematik di Palembang yang bisa jadi alternatif wisata saat jalan-jalan.

1. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro, Via Instagram daruharjantoPulau Kemaro, Via Instagram daruharjanto
Pulau Kemaro, Via Instagram daruharjanto

Pulau Kemaro berlokasi di sekitar 6 kilometer Jembatan Ampera. Ini merupakan sebuah Delta kecil di Sungai Musi. Lokasinya salah satu destinasi tematik di Palembang ini berjarak kurang lebih 40 kilometer darir kota Palembang. Di sini ada sebuah vihara Cina atau klenteng yang bernama Hok Tjing Rio. Ada juga kuil Buddha yang sering dikunjungi umat Buddha untuk berdoa. Di momen-momen tertentu akan ada festival yang menampilkan banyak hal tentang budaya China. Ini merupakan destinasi wisata tematik bernuansa China yang kental, bisa jadi jujukan bukan?

2. Kampung Al Munnawar

Kampung Al Munawar, Via instagram eranitri
Kampung Al Munawar, Via instagram eranitri

Setelah Pulau Kemaro, ada pula Kampung Al Munnawar yang ‘bertema’ arab yang juga cukup kental. Kampung Al Munnawar ini juga disebut sebagai Kampong Arab yang lokasinya berada di 13 Ulu. Karena hal itulah memiliki nama lain Kampong 13 Ulu ataupun Kampong Arab 13 Ulu. Di sini banyak rekam jejak kebudayaan Arab yang bisa untuk ditelisik lebih jauh. Di sini juga kadang ada festival yang menarik untuk didatangi.

3. 10 Ulu

10 Ulu, Via Instagram riantiarno19
10 Ulu, Via Instagram riantiarno19

10 Ulu merupakan lokasi yang cukup penting bagi Palembang. Ini merupakan tepat asal mula pempek diciptakan. Di masa yang lalu, 10 Ulu ini ternyata merupakan daerah Pecinan. Karena itulah, tidak mengherankan jika banyak kelenteng di sini. Pempek memang asli buatan orang Palembang, namun penjualnya adalah orang-orang China. Ingin mencicipi pempek yang enak, destinasi tematik di Palembang yang satu ini bisa dikunjungi.

4. Kampung Kapitan

Kampung Kapitan, Via Instagram mamanisss
Kampung Kapitan, Via Instagram mamanisss

Destinasi tematik lain di Palembang adalah Kampung Kapitan ini merupakan saksi bisu dari perkembangan peradaban Tionghoa di Palembang. Tapi sayangnya sekarang ini bisa dibilang jejaknya makin memudar saja. Alamat dari Kampung Kapitan ini berada di Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan Seberan Ulu 1, Kapitan Palembang. Lokasinya juga berada di tepi Ulu Sungai Musi.

Ada empat destinasi ‘tematik’ di Palembang dengan nuansa tradisi yang berbeda dengan lainnya. Bisa banget jadi alternatif wisata jika kamu sedang jalan-jalan ke Palembang. Eits, jangan lupa mencicipi kuliner khas Palembang juga jika sudah jauh-jauh datang ya.

Tags
destinasi wisata tematik di Palembang Indonesia Palembang wisata di palembang
Share