5 Surga ini Cocok Jadi Destinasi Halal di Indonesia

Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia selalu berusaha menyajikan tempat wisata terbaik yang terjamin halalnya. Sebagai referensi, berikut 5 destinasi populer Indonesia yang layak mendapat gelar wisata halal.

1. Daerah Istimewa Aceh

Wisata halal, Image may contain: one or more people, people standing and outdoor
Masjid Raya Baiturrahman, ikon Banda Aceh via Instagram/marnalamarbun

Sejak zaman Kerajaan Samudera Pasai, Aceh sudah dikenal sebagai pusat kebudayaan Islam. Dengan memadupadankan tradisi Timur Tengah dan Aceh, provinsi yang satu ini memiliki beragam kekayaan yang sayang jika dilewatkan begitub saja.

Selain itu, berkat pelaksanaan syariat Islam, Aceh mampu menyajikan aneka wisata, kuliner, hingga akomodasi yang terjamin berkualitas dan halal. Salah satu contohnya adalah Masjid Raya Baiturrahman.

2. Padang, Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat via Shutterstock

Kota Padang memiliki beragam potensi wisata yang sudah memenuhi persyaratan halal, loh! Ini terbukti saat perhelatan Global Muslim Travel Index (GMTI) yang menetapkan Provinsi Sumatera Barat, termasuk Padang, sebagai 1 dari 5 destinasi wisata halal terbaik di dunia.

Teman Traveler bisa mengunjungi spot-spot religi yang mampu menambah khazanah iman, contohnya Masjid Mahligai Minang yang memadukan arsitektur rumah adat Minangkabau dan modern.

3. Banyuwangi, Jawa Timur

Salah satu sudut di Pulau Santen via Instagram/chunnybee

Selain Aceh dan Padang, daerah lainnya yang cocok menjadi destinasi halal adalah Banyuwangi. Selain pesonanya yang menawan, daerah ini sudah menerapkan konsep wisata ramah Muslim di beberapa spot strategis.

Salah satu contohnya yang terkenal adalah Pulau Santen. Di sini, pihak pengelola menerapkan aturan untuk memisahkan pengunjung perempuan dan lelaki. Pantai untuk wanita memiliki tampilan yang lebih mencolok karena dilengkapi dengan payung dan bag bean beraneka warna. Cocok untuk berfoto!

4. Lombok, NTB

Wisata halal, Image may contain: one or more people, people standing, mountain, sky, outdoor, nature and water
Wisata Lombok via Instagram/prapty_acp

Indonesia harus berbangga karena Lombok ditetapkan menjadi 1 dari 5 destinasi wisata halal terbaik di dunia versi Global Muslim Travel Index (GMTI), bersaing dengan Sumatera Barat.

Lombok terkenal sebagai ‘pulau seribu masjid’, dikarenakan banyaknya tempat peribadatan umat Islam yang dibangun di sana. Para wisatawan jadi tak perlu khawatir untuk melaksanakan salat 5 waktu secara teratur.

Selain itu, Lombok menyajikan aneka kuliner favorit yang sudah terjamin halalnya. Cocok untuk melepas penat dan mengisi perut dengan sajian etnik.

5. Bima, NTB

Image may contain: sky, cloud and outdoor
Salah satu sudut Uma Lengge Maria, Bima via Instagram/eliasusanti29

Selain Lombok, destinasi favorit di Nusa Tenggara Barat yang ditargetkan menjadi destinasi halal selanjutnya adalah Bima. Di sini terdapat banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan sesuai dengan napas Islami.

Hal ini tak bisa lepas dari pengaruh kuat Kesultanan Bima yang berdiri sejak abad ke-10. Kerajaan ini dikenal sebagai pusat kebudayaan Islam terbesar di Indonesia bagian Tengah.

Itulah tadi beberapa destinasi populer Indonesia yang pantas menyandang gelar wisata halal. Bagaimana pendapat Teman Traveler? Apakah kalian memiliki pendapat lain, atau bahkan punya daftar wisata halal sendiri?

Tags
Aceh Banyuwangi Indonesia lombok. bima Padang Wisata wisata halal
Share