Desa Wisata Tanon Semarang, Belajar Kesenian Dengan Cara Menyenangkan

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia
Desa Wisata Tanon via Instagram @dedew_writer Desa Wisata Tanon via Instagram @dedew_writer

Kabupaten Semarang mungkin tidak terlalu tersohor seperti Kota Semarang, namun tidak diragukan lagi kalau kabupaten ini memiliki panorama wisata alam yang patut dijadikan referensi berlibur seperti Kawasan Wisata Umbul Sidomukti. Namun tidak sebatas pada itu saja, Kabupaten Semarang pun memiliki kawasan dengan membawa identitas sebagai desa menari. Desa Wisata Tanon, begitu area ini dikenal, terletak kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat kota Semarang. Nah seperti apa usaha untuk melestarikan tari tradisional di sini? Yuk disimak ulasan berikut!

Menahbiskan Diri sebagai Desa Menari

Desa Menari Tanon via Instagram @blogsemarangcoret
Desa Menari Tanon via Instagram @blogsemarangcoret

Desa Wisata Tanon biasa juga disebut Desa Menari, berada kurang lebih satu jam perjalanan dari pusat Kabupaten Semarang. Desa yang terletak di Dusun Tanon, Kabupaten Semarang ini disebut Desa Menari karena dikenal sudah desa menari karena penduduknya suka menari dan telah memiliki jiwa seni sejak dulu. Saat berkunjung ke Desa Wisata Tanon pun, Teman Traveler akan disuguhi banyak pertunjukan tari yang indah.

Memberikan Edukasi Tarian Tradisional demi Pelestarian Budaya

Kebahagiaan Terpancar via Instagram @santo_ssks
Kebahagiaan Terpancar saat Latihan Menari via Instagram @santo_ssks

Warga Desa Menari telah melestarikan kesenian tari rakyat turun menurun. Anak-anak sudah diajari menari sejak usia dini. Salah satu tarian yang wajib dikuasai yaitu Tari Warok. Tak hanya Tari Warok, terdapat tari Topeng Ayu, Kuda Debog, Geculan Bocah, Kuda Lumping dan Tari Eko Prawiro. Tak hanya anak-anak muda saja, pertunjukan tari di Desa Wisata Tanon dibawakan mulai dari anak-anak hingga orangtua.

Permainan Tradisional Jaman Dulu

Melestarikan Permainan Tradisional via Instagram @dedew_writer
Melestarikan Permainan Tradisional via Instagram @dedew_writer

Tidak hanya melestarikan budaya tari, warga Desa Wisata Tanon juga memperkenalkan kembali permainan tradisional yang sudah jarang ditemui. Serunya bermain permainan tradisional seperti Gobag Sodor atau pun Serok Mancung bisa Teman Traveler rasakan dalam paket wisata beredukasi yang telah disediakan di Desa Menari.

Pasar Tiban

Desa Wisata Tanon via Instagram @dedew_writer
Desa Menari Tanon via Instagram @dedew_writer

Kurang afdol jika berwisata namun tak membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Terdapat Pasar Tiban di Desa Wisata Tanon. Di Pasar Tiban, Teman Traveler bisa membeli produk olahan yang dijual oleh warga setempat. Produk-produk olahan tersebut berupa sabun susu, anyaman daun mendong, keripik adas hingga sayuran.

Ternyata di Indonesia ada desa yang melestarikan tari dan permainan jaman dulu seperti Desa Wisata Tanon. Jika Teman Traveler ingin belajar menari dan merasakan serunya bermain pernainan jaman dulu, bisa melipir ke Desa Menari di Semarang ini. Bagaimana, Teman Traveler sudah siap mampir ke Desa Wisata Tanon dan belajar menari?