4 Wisata di Kabupaten Semarang yang Keindahannya Selalu Menawan

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia

Tidak hanya Kota Semarang yang cukup populer dengan kota tuanya, kawasan kabupatennya pun memiliki ragam wisata yang patut dikunjungi. Teman Traveler bisa menjadikan deretan wisata di Kabupaten Semarang berikut ini sebagai referensi berlibur menghilangkan penat. Udara sejuk dan pemandangan hijau jadi juaranya. Di mana saja? Yuk baca hingga akhir.

Wana Wisata Penggaron

Menyusuri Wana Wisata Penggaron via Instagram @sariepurwita

Wana wisata Penggaron atau dikenal juga dengan sebutan hutan Penggaron, terletak di Desa Susukan Kelurahan Ungaran Kabupaten Semarang. Warga Semarang dan sekitarnya biasanya memilih lokasi ini untuk berlibur di akhir pekan bersama dengan keluarga. Cukup merogoh kocek sekitar Rp6 ribu saja, Teman Traveler sudah bisa merasakan liburan di alam dengan suasana asri dan menenangkan. Menelusuri hutan Penggaron yang tumbuh banyak pohon pinus, kemudian ada juga sawah di bagian lain kawasan ini. Selain itu terdapat banyak spesies burung yang berkeliaran di tempat wiisata di Kabupaten Semarang satu ini yang bisa dinikmati keindahannya.

Kawasan Wisata Umbul Sidomukti

Suasana Nyaman dan Asri via Instagram @umbul.sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan salah satu wisata di Kabupaten Semarang yang berlokasi di kawasan pegunungan, tepatnya berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan. Kawasan ini menyediakan ragam fasilitas bagi pengunjung, sebut saja outbond training, adrenalin games, taman renang alam, camping ground, dan masih banyak lainnya. Teman Traveler yang ingin merasakan sensasi berlibur sekaligus bermain game bersama keluarga bisa nih menyiapkan budget kisaran Rp10 ribu saja untuk memasuki area ini.

Curug Benowo

Curug Benowo via Instagram @travelerberhijab

Curug Benowo berlokasi di lereng Gunung Ungaran Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Teman Traveler bisa merasakan sejuknya udara di kawasan yang masih asri ini.

Akses menuju curug ini cukup menanjak dengan jalan berbatu dan licin, namun semua lelah akan terbayarkan begitu menyaksikan pesona air terjun ini. Curug Benowo memiliki aliran air deras dari ketinggian 70 meter dengan debit air sangat tinggi yang menambah kesegaran apabila mendekati pancuran airnya.

Eling Bening

Taman Bunga di Eling Bening via laman Eling Bening

Eling Bening merupakan destinasi wisata alam yang dikemas ala resort modern, berada di Jalan Sarjono, Ambarawa Kabupaten Semarang. Walau terletak di kabupaten, namun jaraknya tidak jauh dari pusat Kota Semarang yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit. Teman Traveler bisa memanfaatkan ragam fasilitas misalnya saja outbond, camping ground, restoran, dan kolam renang. Uniknya, dari Eling Bening Teman Traveler bisa menyaksikan pemandangan 8 pegunungan dengan bentangan sawah serta danau di kaki gunung. Wah, pastikan wisata di Kabupaten Semarang satu ini masuk dalam daftarmu.

Memang wisata yang bisa menenangkan seperti yang diulas di atas bisa menghilangkan penat. Jadi Teman Traveler kapan nih rencana ke Kabupaten Semarang? Jangan lupa ceritakan pengalamannya ya.