Mengenal Budaya Indonesia lewat Desa Adat, yang Sekaligus Menjadi Destinasi Wisata

Advertisement

Sebagai negara kepulauan yang terdiri dari banyak suku dan bahasa, Indonesia kaya akan ragam budaya. Keberagaman budaya di nusantara bahkan sudah berhasil menjadi daya tarik wisatawan asing. Mereka tak sekedar mengagumi, banyak pula wisatawan mancanegara yang juga tertarik mempelajari budaya Indonesia.

Seperti apa wisata budaya di Indonesia yang menjadi destinasi favorit wisatawan asing maupun domestik? Daftar di bawah ini beberapa contohnya, seperti dirangkum oleh Travelingyuk.com.

Desa Wae Rebo

Lokasi Desa Wae Rebo yang berada di kawasan perbukitan via instagram/@ayu_ranayu

Desa Wae Rebo berada di Flores dan terletak di perbukitan yang memiliki ketinggian 1.200 mdpl. Pemandangan alam dengan latar belakang gunung dan 7 rumah adat berbentuk kerucut adalah pemandangan utama yang dapat disaksikan di sini. Untuk sampai pada tempat ini kamu perlu menempuh perjalanan mendaki selama kurang lebih 3-4 jam.

Kamu dapat berinteraksi langsung dengan warga lokal via instagram/@cindyardistia

Desa Adat Sasak Sade

Rumah adat suku sasak via instagram/@jejaklangkahtravel

Desa Sade berada di Kabupaten Lombok Tengah. Destinasi ini merupakan perwujudan tradisi yang dilestarikan oleh suku sasak sejak 600 tahun lalu. Rumah yang terbuat dari kayu dan bambu dengan atap alang-alang adalah salah satu peninggalan budaya yang masih dapat kamu temukan di sini. Selain itu, kamu juga dapat menenun seperti kegiatan yang sering dilakukan oleh perempuan Suku Sasak.

Perkampungan adat yang masih bertahan sampai saat ini via instagram/@arisartawan

Desa Adat Kampung Tarung

Kampung Tarung di Sumba via instagram/@nutse

Kampung Tarung terletak di ibukota Kabupaten Sumba Barat, Waikubabak. Di tengah perkembangan kota yang begitu pesat, Kampung Tarung masih kuat bertahan. Namun sayangnya tempat yang juga masih kental dengan agama kebudayaan Marapu tersebut mengalami kebakaran pada bulan Oktober 2017 lalu. Saat ini Kampung Tarung masih berada dalam proses pemulihan.

Perkampungan adat di Sumba via instagram/@suka_senja

Kampung Naga

Satu-satunya kampung adat di Tasikmalaya via instagram/@nasrullah.mauludin

Kampung naga memiliki luas mencapai 1,5 hektar dan terletak di area persawahan yang asri. Setiap keindahan memang memerlukan pengorbanan. Hal serupa juga berlaku di Kampung Naga. Untuk dapat sampai di sini kamu harus menuruni sebanyak 439 buah anak tangga. Namun setelahnya, pemandangan yang asri dapat kamu temukan di sini.

Kampung naga berada di wilayah persawahan yang asli via instagram/ @adimorito

Budaya yang ada di Indonesia memang menarik dan tak pernah habis untuk diperlajari. Namun sebagai pengunjung kita harus memahami etika dan tetap menjaga kebersihan wilayahnya. Jangan sampai dengan kunjungan wisatawan tempat ini malah menjadi rusak. Setuju?

Advertisement
Tags
adat Indonesia Lombok Sumba Tasikmalaya Wisata
Share