Wisata Bukit di Flores, Berasa Jadi Teletubbies

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Pesona bahari di Flores memang tak perlu dipertanyakan lagi. Seperti Pulau Padar dengan air biru jernih dan panorama taman lautnya. Namun sesekali menengok kanan dan kiri itu perlu. Flores tak hanya bicara masalah pantai, namun di sana juga terdapat perbukitan-perbukitan yang tak kalah memukau.

1. Gili Lawa Darat

Pebukitan di Gili Lawa Darat [image source]
Gili Lawa Darat memiliki kontur bukti-bukit dan padang rumput yang luas. Jika berkunjung di musim panas, savana di sini terlihat coklat keemas-emasan. Selain itu, Gili Lawa Darat merupakan salah satu tempat terbaik menyaksikan matahari terbenam di Flores. Melihat sunset di balik cakrawala saat berada di puncak tertinggi pulau ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Langsung menghadap ke pantai [image source]

2. Bukit Nilo

Panorama Bukit Nilo [image source]
Bukit Nilo terletak di Kecamatan Maumere, Kabupaten Sikka. Perbukitan ini berada tak jauh dari garis pantai dan diselimuti oleh savana yang tak terlalu tinggi. Dari atas puncaknya, indahnya pemandangan laut lepas adalah hal utama yang dapat disaksikan tanpa terhalang apapun. Selain itu, juga banyak wisatawan yang datang ke sini untuk melihat patung Bunda Maria setinggi 28 meter.

Patung Bunda Maria dengan ketinggian 28 meter [image source]


3. Pantai Tangsi

Perbukitan di Pantai Tangsi [image source]
Selain memiliki pasir berwarna pink yang unik, keindahan Pantai Tangsi juga terpancar dari perbukitan di sampingnya. Dari atas bukit ini juga garis pesisir pantai dengan pasir pink tersebut dapat terlihat dengan jelas. Pada spot ini, pemandangan birunya air laut dan pasir pink begitu terlihat kontras dan indah.

pemandangan dari atas perbukitan [image source]

4. Wae Rebo

Desa Waerebo [image source]
Desa Wae Rebo di Flores yang terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Di sini kamu tak akan bertemu dengan perbukitan savana seperti pada lokasi-lokasi sebelumnya. Malah yang akan kamu temukan adalah rumah adat dengan latar belakang gunung dan perbukitan yang masih rimbun. Bahkan desa ini dinobatkan menjadi situs warisan budaya oleh UNESCO pada tahun 2012 lalu.

Berada di perbukitan dengan latar belakang gunung [image source]
Pulau Flores memang memiliki pesona alam yang memukau. Baik wilayah pantai maupun daratan, semuanya menjadi magnet tersendiri yang menarik wisatawan untuk datang. Dari empat tempat di atas mana yang paling membuatmu tertarik untuk datang ke Flores?