Danau Love, Wisata di Jayapura yang Keindahannya Bikin Jatuh Cinta

Daeng Ipul

Daeng Ipul

On Indonesia
Danau Love Danau Love

Papua dan alam indahnya adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Tuhan seperti menganugerahkan pulau ini dengan keindahan alam yang bisa membuat siapa saja terpukau. Dari sekian banyak pesona alam tersebut, salah satu yang Teman Traveler bisa kunjungi adalah Danau Love, atau oleh orang lokal disebut Telaga Emfote.

Teman Traveler tertarik ingin tahu banyak tentang Danau Love? Yuk simak cerita Kontributor Travelingyuk, Daeng Ipul yang sudah menjelajah wisata di Jayapura ini.

Lokasinya Mudah Dijangkau

Pemandangan indah sepanjang jalan
Pemandangan indah sepanjang jalan (c) Daeng Ipul/Travelingyuk

Danau Love atau yang nama aslinya adalah telaga Emfote sudah masuk ke dalam wilayah Kabupaten Jayapura, tepatnya di Kampung Puai, distrik Sentani Timur. Tempatnya memang agak jauh dari jalan utama yang menghubungkan Bandara Sentani dan kota Jayapura. Perjalanan ditempuh kira-kira 1,5 jam dengan kendaraan bermotor dari pusat kota. Namun jangan khawatir, perjalanan ke sana sudah sangat menyenangkan karena jalannya mulus dengan beton cor.

Mampirlan untuk berfoto
Mampirlah untuk berfoto (c) Daeng Ipul/Travelingyuk

Selain itu, Teman Traveler yang berangkat ke sana tanpa menggunakan jasa supir lokal atau orang lokal juga tidak perlu khawatir. Ada jasa Google Maps yang bisa dimanfaatkan supaya tidak tersesat.

Pemandangan Indah di Sepanjang Jalan

Pemandangan indah di sekitar danau
Pemandangan indah di sekitar danau(c) Daeng Ipul/Travelingyuk

Jarak tempuh sekitar 1,5 jam, Teman Traveler tidak akan bosan di jalan. Pemandangan yang menemani kita sungguh spektakuler. Sepanjang jalan sesekali akan menyusuri tepian Danau Sentani yang indah dengan hamparan danaunya yang luas. Sejauh mata memandang perbukitan hijau juga tak kalah memesona. Mengingatkan kita akan potongan gambar dari film Lord of The Rings. Tidak ada salahnya untuk sesekali berhenti di jalan dan berfoto dengan latar alam yang luar biasa itu.

Keindahan Danau Love yang Menawan

Suasana damai di sekitar danau
Suasana damai di sekitar danau (c) Daeng Ipul/Travelingyuk

Satu setengah jam di jalan, melewati kampung dan ditemani pemandangan spektakuler, akhirnya kita akan tiba di Danau Love atau Telaga Emfote. Sebelum tiba di sana, kita akan melewati kampung terdekat. Biasanya akan ada warga lokal yang meminta bayaran retribusi Rp50.000,- untuk satu mobil dan Rp20.000,- per motor. Dana tersebut digunakan untuk tetap menjaga keindahan Danau Love.

Danau Love
Danau Love(c) Daeng Ipul/Travelingyuk

Perjalanan panjang terbayar lunas dengan keindahan alam yang menawan. Sebuah danau tak terlalu luas, tapi menarik karena bentuknya mirip gambar hati. Dari bentuknya ini, Telaga Emfote itu oleh warga yang datang kemudian disebut sebagai Danau Love. Bukan hanya danaunya saja yang indah, tapi juga alam sekitarnya. Barisan bukit-bukit yang menjulang dan saling berjejer dengan warna hijau menyegarkan, terasa sempurna bersama embusan angin. Sungguh menyenangkan.

Tips Menuju Danau Love

Keindahan danau love di Jayapura (c) Daeng Ipul/Travelingyuk
Keindahan danau love di Jayapura (c) Daeng Ipul/Travelingyuk

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Danau Love atau Telaga Emfote ini adalah pagi hari. Berangkat kira-kira pukul 7:00 WIT agar tiba tidak terlalu siang. Bukan apa-apa, kalau tiba di sana ketika matahari sudah sangat tinggi bisa-bisa hasil fotomu tidak maksimal. Tips lainnya, bawalah makanan dan minuman sendiri karena di sana tidak ada penjual makanan dan minuman.

Teman Traveler bisa duduk santai di tepi danau menikmati pemandangan sekitar dengan makanan dan minuman yang dibawa. Tapi ingat, Bawa pulang sampahmu ya. Nah, karena tidak ada kendaraan umum, sebaiknya bawa kendaraan pribadi. Bisa juga menyewa mobil dari bandara Sentani atau dari kota Jayapura. Berangkat secara rombongan jelas lebih menyenangkan, biaya pun terasa lebih ringan karena dibagi dengan lain.

Nah, jika Teman Traveler punya waktu luang berkunjung ke Jayapura, mampirlah ke Danau Love. Telaga cantik yang bentuknya unik ini bakal membuatmu terpana. Cocok juga nih untuk tujuan liburan bersama pasangan. Setuju kan?