Mengintip Beranda Indonesia di Skouw Jayapura, Wisatanya Keren!

Advertisement

Papua merupakan daerah di bagian timur Indonesia yang memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan. Pun demikian, tidak semua daratan di sini sudah dijelajahi oleh traveler. Padahal, banyak tempat eksotis yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya kawasan Skouw yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Wah, seperti apa sih keindahan di area perbatasan ini?

1. Objek Wisata di Perbatasan Tanah Air dan Papua Nugini

OOTD di Skouw
OOTD di Skouw [image source]
Banyak dari kita yang berpikiran jika kehidupan di perbatasan tidak enak. Hidup seadanya dan tidak ada fasilitas umum yang menunjang. Namun, kamu bakalan terpesona jika datang ke Kampung Skouw, yang terletak di sebelah timur Jayapura dan sejak lama menjadi Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Ya, kampung yang termasuk dalam Distrik Muara, Kota Jayapura ini merupakan objek wisata dadakan yang banyak didatangi oleh warga Indonesia maupun penduduk dari negara tetangga. Wah, ada apa sih di PLBN ini?

Pintu Batas RI-Papua Nugini
Pintu Batas RI-Papua Nugini [image source]

2. Spot Foto di Area Perbatasan

Wisata di Skouw
Wisata di Skouw [image source]
Kampung Skouw dulunya memang gersang dan panas. Banyak orang yang lebih memilih untuk pindah ke Jayapura dibandingkan tinggal lama di sini. Namun, pemandangan tersebut kini disulap jadi cantik dan enak dipandang. Selain bangunan PLBN yang makin megah, gerbang perbatasan juga kokoh. Perubahan ini pun membuat banyak penduduk asli maupun wisatawan penasaran dengan wajah baru dari PLBN.

Mercusuar di Skouw
Mercusuar di Skouw [image source]

3. Seru-Seruan di Pasar Skouw, Jayapura

OOTD dengan Background Patung Garuda
OOTD dengan Background Patung Garuda [image source]
Meski kini Skouw menjadi terkenal karena fasilitasnya yang lengkap, namun beberapa wisatawan sempat sedih lantaran belum ada pusat oleh – oleh di sini. Namun, kamu tidak perlu khawatir jika mencari souvenir di sini. Kunjungi saja Pasar Skouw yang tentu saja hanya ramai di hari-hari tertentu. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan beragam barang antik saat pasar buka. Bahkan, kamu bisa melihat beberapa pengunjung asing dari Papua Nugini di pasar ini.

Pasar Skouw
Pasar Skouw [image source]

4. Bermain di Pantai Jayapura yang Eksotis

Pantai Baseg
Pantai Baseg [image source]
Kampung Skouw memang terletak jauh dari Jayapura. Dengan menggunakan kendaraan roda empat saja, membutuhkan waktu 1,5 hingga 2 jam perjalanan. Pun demikian, rasa lelah bakalan dimanjakan dengan udara pegunungan yang menyejukkan. Belum lagi dengan pesona lautan yang membujur di bagian utara Skouw. Nah, sepulang dari kawasan perbatasan, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke beberapa pantai eksotis di daerah ini. Salah satunya adalah pantai Baseg yang biasa digunakan sebagai spot foto prewedding calon pengantin.

Laut di Pintu Perbatasan Indonesia - Papua Nugini
Laut di Pintu Perbatasan Indonesia – Papua Nugini [image source]

5. Rute Panjang ke Perbatasan yang Menyenangkan

Holtekamp BeachHoltekamp Beach [image source]

Nah, jika sekiranya Pantai Baseg terlalu jauh dari hotel, kamu bisa mampir ke Pantai Holtekamp. Dari Pasar Skouw, destinasi alam ini bisa ditempuh selama 30 menit saja. Tidak hanya menawarkan pemandangan alam, di sekitar sini juga terdapat akomodasi yang nyaman bernama Pasir III Holtekamp Beach. Puas dengan keindahan alam Jayapura bagian timur, jangan lupa mampir ke destinasi di sekitar Sentani seperti Christo Resto Pinggir Danau. Soal pemandangan dijamin membuat siapapun tidak ingin pulang.

Christo Resto Pinggir Danau
Christo Resto Pinggir Danau [image source]
Rute panjang dari Jayapura ke Skouw memang menguras tenaga. Dari Bandara Sentani membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat. Pun demikian, keindahan di sini tidak akan kamu temukan di tempat lain. Jadi, kapan nih berencana traveling ke ujung timur Indonesia?

Advertisement
Tags
Explore Jayapura Explore Papua Skouw Jayapura
Share