Jelajah Curug di Kuningan, Jalan-jalan Menyenangkan Bareng Teman Kesayangan

Jelajah curug di Kuningan, bisa jadi destinasi menyenangkan untuk jalan bareng gebetan. Teman Traveler bisa rekreasi tipis-tipis bareng keluarga atau teman. Air terjun atau curug di Kuningan ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga. Kesegaran saat bermain air dan pemandangannya yang cukup alami, jadi magnet tersendiri. Apa saja ya, pilihan air terjun di kota yang terkenal dengan oleh-oleh tape ketan dalam ember ini!

1. Curug Landung

Coban Landung
Coban Landung via instagram/febriansyahdandy_

Curug Landung adalah salah satu destinasi wisata Kuningan yang paling terkenal. Letaknya yang berada di lereng Gunung Ciremai ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Masih terbilang objek wisata baru karena dibuka pada tahun 2016 lalu. Meski begitu banyak sekali pengunjung yang penasaran dengan kecantikan air terjun ini. Selain itu air terjun ini juga memiliki banyak sekali spot foto yang instagramable. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau yaitu 10 ribu. Dengan harga tiket tersebut, Teman Traveler sudah bisa menikmati pemandangan alam dan fasilitas lengkap yang ada.

2. Curug Putri

Pengen Pegang Airnya Gak Sih
Pengen Pegang Airnya Gak Sih via Instagram/hady_wardana

Curug Putri atau Curug Siputri, Siputri atau Putri Palutungan ketinggiannya mencapai 20 meter. Karakteristik air terjun ini cukup unik. Ia menjorok ke dalam dan dikelilingi oleh batuan serta tumbuhan alami. Air terjun ini berada di kawasan Bumi Perkemahan Palutungan. Jaraknya hanya sekitar 10 Km dari pusat Kota Kuningan. Air di kawasan ini sangat segar sebab berasal langsung dari mata air yang ada di hutan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

3. Curug Bangkong

Teman Traveler Bisa Merasakan Kesegaran Air dari Batu Ini
Teman Traveler Bisa Merasakan Kesegaran Air dari Batu Ini via Instagram/_badakjawa

Curug di Kuningan yang juga bisa Teman Traveler kunjungi bareng keluarga, gebetan atau teman adalah Curug Bangkong. Terletak di Desa Kertawirama, Nusaherang, Kuningan, air terjun ini punya pemandangan yang asri. Bebatuan di dekat air terjun bisa dipakai duduk untuk menikmati kesegaran air di lokasi ini.

Menurut cerita, dahulu tempat ini dijadikan sebagai lokasi pertapaan oleh Abah Wiria. Sampai akhirnya, Abah Wiria tidak lagi bisa ditemukan. Masyarakat sekitar percaya bahwa sosok tersebut sudah menyempurnakan tapanya dan menjelma menjadi kodok atau bangkong dalam bahasa Sunda.

4. Curug Cisurian

Tidak Terlalu Tinggi Tapi Segar dan Asri
Tidak Terlalu Tinggi Tapi Segar dan Asri via Instagram/java_boy08

Selesai mengunjungi Curug Bangkong yang punya cerita legenda, lanjutkan perjalanan Teman Traveler ke Curug Cisurian. Lokasi air terjun ini berada di kawasan Lembah Ipukan. Ketika bertandang ke sini, udara sejuk dan asri khas Gunung Ciremai akan langsung dirasakan. Pas sekali untuk liburan, menyegarkan kembali pikiran dan badan. Datang sendirian, lebih cocok kayaknya ya.

5. Curug Payung

Curug Payung yang Lebih Baik Dinikmati Tanpa Payung
Curug Payung yang Lebih Baik Dinikmati Tanpa Payung via Instagram/java_boy08

Destinasi curug di Kuningan selanjutnya yang sayang dilewatkan, namanya cukup unik; Curug Payung. Apakah terdapat banyak payung di sana? Salah! Jangan kecewa, karena di sini, Teman Traveler tidak butuh payung! Kesegaran airnya sayang jika diabaikan begitu saja. Curug ini lokasinya masih cukup tersembunyi, meski begitu, tidak menghalangi banyak wisatawan mengunjunginya.

6. Curug Paranje

Curug Paranje, Tidak Terlalu Tinggi Tapi Oke
Curug Paranje, Tidak Terlalu Tinggi Tapi Oke via Instagram/nina_nazhwa

Curug Paranje atau Curug Batu Paranje berada di dearah Padabeunghar, tidak jauh dari Kebun Raya Kuningan. Jadi, Teman Traveler pasti tidak akan kesulitan menemukannya. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, tapi kesegaran airnya tolong jangan disepelekan. Untuk menuju lokasi ini, Teman Traveler harus melalui tangga yang lumayan bikin keringetan.

Di atas tadi adalah beberapa pilihan curug di Kuningan. Apakah ada yang sudah pernah Teman Traveler kunjungi? Atau ada rekomendasi lain? Boleh banget dishare ya.

Tags
Alam curug di kuningan Indonesia Jawa Barat Kuningan Wisata
Share