Habiskan Akhir Pekan di Kuningan, Bisa Lakukan Hal Seru Ini Lho!

Melisa

Melisa

On Indonesia

Menikmati liburan adalah hak semua orang? Setuju banget, ya. Namun, tak semuanya punya banyak waktu atau budget khusus untuk itu. Tak perlu harus naik pesawat untuk terbang ke Maldives atau Derawan yang cantik. Di Kuningan, Jawa Barat, pun kamu bisa menjelajah wisata satu dan lainnya hanya dalam waktu 1 atau 2 hari. Silakan catat wisata dan apa saja yang bisa dilakukan di kawasan ini. Sudah siap?

Bukan hanya Bogor dan Bandung, Jawa Barat juga memiliki Kuningan yang kaya akan wisata alam. Salah satunya adalah Telaga Remis yang berlokasi di kaki Gunung Ciremai. Telaga ini masih sangat alami. Lihat saja pepohonannya di sekililingnya, bikin lupa pulang!

Pepohonan di Telaga Remis
Pepohonan di Telaga Remis [image source]
Telaga Remis termasuk wisata terkenal di Kuningan. Perpaduan antara danau dan hutan menjadi salah satu daya tarik kuatnya. Wisata yang berlokasi di Desa Kaduela, sekitar 1 jam dari kota ini sudah dilengkapi fasilitas. Dari kapal, hingga jalur khusus untuk pecinta trekking guna mengelilingi telaga.

Telaga RemisTelaga Remis [image source]

Masih berada di desa yang sama, kamu sudah bisa melihat keindahan Kuningan yang lainnya, yaitu Telaga Nilam. Wisata yang ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 7 menit saja dari Telaga Remis. Kejernihan air dari Nilam ini akan membiusmu. 

Telaga Nilem
Telaga Nilem [image source]
Belum cukup, masih ada lokasi lainnya yang wajib kamu lihat sendiri kecantikannya. Bermain dengan ikan-ikan di Situ Cicerem adalah terapi yang sempurna untuk mematikan stres karena pekerjaan. Kolam indah ini bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki tak sampai 10 menit dari Telaga Nilem.

Situ Cicerem
Situ Cicerem [image source]
Berangkatlah lebih pagi agar kamu bisa mampir ke Batu Luhur yang berlokasi di Padabeunghar, Kuningan. Destinasi yang satu ini bisa ditempuh dengan berkendara selama 20 menitan dari Telaga Remis. Berada di sini akan membuatmu merasa sedang berjemur di Bali saking kerennya.

Batu Luhur Kuningan
Batu Luhur Kuningan [image source]
Bagi pecinta alam, bisa juga memilih menghabiskan akhir minggu dengan berkemah bersama teman-teman semasa kecil. Seru juga menikmati gagahnya Gunung Ciremai yang luar biasa dari Bukit Seribu Bintang sambil nostalgia masa-masa indah saat belum sibuk dengan pekerjaan masing-masing.

Bukit Seribu Bintang
Bukit Seribu Bintang [image source]
Yang tak boleh ketinggalan saat liburan adalah mencicipi kuliner sekitar. Salah satunya adalah Nasi Kasreng. Kamu bisa berburu hidangan ini di sepanjang jalan raya Luragung Cibingbin, Kuningan. Mampir ke warung Nasi Kasreng Bu Kasrih di Jl. RE. Martadinata No. 160, Ciporang yang buka 24 jam untuk istirahat dan isi tenaga setelah berkeliling juga ide yang bagus.

Ilustrasi Nasi Kasreng
Ilustrasi Nasi Kasreng [image source]
Hidangan khas Kuningan lainnya yang wajib dicoba sendiri kenikmatannya adalah Rujak Kangkung. Duh, menu yang pas banget untuk makan siang, ya. Buktikan sendiri enaknya di Warung Rujan Kangkung Ibu Ena di Jl. Raya Cibeureum ya.

Ilustrasi Rujak Kangkung
Ilustrasi Rujak Kangkung [image source]
Jangan lupa untuk membawa oleh-oleh untuk orang kesayangan di rumah. Kuningan punya beberapa jajanan yang akan membuatmu kembali berkunjung. Salah satunya adalah Kwecang yang dari aromanya saja sudah bikin kangen. 

Kwecang
Kwecang [image source]
Nah, jadi tahu kan kalau Kuningan juga tak kalah menawan dari Derawan? Bisa nih ajak sahabat untuk berpetualang menjelajah kawasan ini bersama di weekend mendatang. Setuju, kan?