Closing Ceremony Asian Games 2018 Jadi Trending Dunia, Ini Momen Tak Terlupakan Lainnya

Perhelatan Asian Games 2018 telah resmi ditutup pada Minggu (2/9/2018). Closing Ceremony Asian Games 2018 dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Perhelatan yang sudah berlangsung sejak tangga 18 Agustus 2018 itu ditutup dengan China yang menjadi juara umumnya. Dengan memboyong stotal 289 medali, dengan rinciannya 132 emas, 92 perak, dan 65 perunggu.

Sementara itu untuk Indonesia sendiri sebagai tuan rumah, berhasil keluar sebagai juara keempat. Perolehan medai total 98 banyaknya, 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. Perolehan medali itu merupakan rekor jumlah emas terbanyak Indonesia sepanjang Asian Games. Tidak hanya itu saja, closing ceremony Asian Games 2018 ini juga menjadi trending dunia. Berikut ini momen tidak terlupakan lainnya.

1. Presiden Jokowi Nobar di Lombok

Jokowi nobar di Lombok, Via Instagram/aditairawati
Jokowi nobar di Lombok, Via Instagram/aditairawati

Seperti yang kita ketahui bersama, saudara kita di Lombok sekarang ini sedang dirundung musibah. Maka dari itulah, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau langsung lokasi gempa dan tengah berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Orang nomor satu Indonesia itu tidak bisa hadir dan diwakilkan oleh Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla. Meskipun tidak hadir secara langsung, Presiden Jokowi menyaksikan penutupan Asian Games di Lombok dengan didampingi oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang, bersama dengan para korban yang sedang mengungsi.

2. Dimeriahkan oleh iKon dan Super Junior

Dimeriahkan Super Junior dan iKon, Via Instagram/heenim_girls
Dimeriahkan Super Junior dan iKon, Via Instagram/heenim_girls

Kemeriahan penutupan Asian Games 2018 ini semakin menjadi-jadi kala bintang-bintang kenamaan Korea Selatan turut diundang untuk menghibur para pengunjung. Dua boyband asal Korea Selatan yakni iKon dan Super Junior didapuk untuk menghibur closing ceremony Asian Games 2018. IKon terlebih dahulu tampil menyanyikan lagu andalan mereka yakni Love Scenario. Selanjutnya ada Super Junior yang membawakan lagu Mr Simple, Sorry Sorry dan juga Bonamana.

3. Hujan Tidak Menghalangi Kemeriahan Acara

Hujan tak ganggu acara, Via website/tempo.co
Hujan tak ganggu acara, Via website/tempo.co

Closing ceremony Asian Games 2018 diramaikan dengan hujan. Pengisi acara yang menghibur penonton memakai payung di atas panggung. Misalnya saja Silvi DÁcademy dengan lagu Sayang yang dipopulerkan Via Vallen tetap tampil menggunakan payung. Hujan tidak menghalangi Silvi untuk terus menghibur penonton. Namun sekitar pukul 18:00 WIB, hujan mulai reda dan Stadion GBK semakin riuh dengan berbagai acara yang digelar.

4. Kehadiran Jack Ma yang Bikin Heboh

Hadirnya Jack Ma, Via Instagram rudykuprit
Hadirnya Jack Ma, Via Instagram rudykuprit

Jack Ma merupakan pendiri perusahaan raksasa Alibaba Group yang telah mendunia. Namanya sudah begitu tersohor dan menjadi panutan banyak orang dalam berbisnis. Dalam penutupan Asian Games 2018, kehadiran singkat Jack Ma mengundang kehebihan banyak orang. Jack Ma ini hadir sebagai perwakilan dari Hangzhou, China yang bakal menjadi tuan rumah Asian Games 2022. Saat naik ke panggung, ia menyampaikan undangannya untuk datang ke Asian Games selanjutnya di Hangzhou.

Itulah hal-hal unik yang terdapat di closing ceremony Asian Games 2018 yang mungkin tidak akan pernah dilupakan. Sedih memang perayaan bergengsi sekelas Asian Games 2018 telah berakhir, namun yang pasti semangatnya akan tetap tertanam dalam hati sampai kapanpun.

Tags
asian games 2018 Closing Ceremony Asian Games 2018 Indonesia info terbaru
Share