Deldom, Delman Mini Khas Garut yang Unik dan Ada-ada Saja

Advertisement

Selain dodol, Garut terkenal dengan domba-dombanya. Bagi masyarakat Garut, domba adalah komoditas wisata yang berharga. Kulit domba Garut, misalnya, banyak dipakai untuk membuat jaket yang berkualitas. Ada lagi hal lain yang istimewa dari Garut. Adalah deldom. Delman mini khas Garut ini unik dan ada-ada saja.

1. Ramai Diminati Saat Ngabuburit

Deldom Ramai Saat Ngabuburit
Deldom Ramai Saat Ngabuburit via Instagram/nendensitifatimah_nsf

Deldom ramai diminati saat ngabuburit. Sambil menunggu waktu berbuka, anak-anak yang mulai lemas, “terselamatkan” dengan menaiki deldom. Sambil menunggu waktu berbuka, selain menyiapkan takjil, jalan ke alun-alun Garut di menjadi tradisi bagi masyarakatnya. Pada siang menjelang sore, banyak deldom bersiap mengajak anak-anak mengelilingi alun-alun Kabupaten Garut.

2. Delman Khusus Anak-anak

Delman Khusus Anak
Delman Khusus Anak via Instagram/susanalmirafauzi

Delman kreasi warga Garut ini diciptakan khusus untuk anak-anak. Kekuatan domba untuk menarik beban tentu berbeda dengan kuda. Domba, hanya mampu menarik beban sampai 80 kg. Karena itu, deldom tidak untuk orang dewasa. Deldom benar-benar sekadar hiburan bagi anak-anak.

3. Jenis Domba Garut yang Dipakai

Delman Domba
Delman Domba via Instagram/restu_wibisono

Domba yang digunakan untuk menarik delman mini khas Garut ini adalah jenis domba jantan dan petarung. Mengapa dipilih domba jantan dan petarung? Karena, kekuatan yang dimiliki jenis domba ini jauh lebih besar dari pada domba pedaging. Untuk dapat menarik delman, mengajak anak-anak keliling alun-alun Garut, domba harus berumur minimal 4 tahun. Kurang dari itu, belum layak dijadikan deldom.

4. Deldom Juga Ada di Ciamis

Deldom di Ciamis
Deldom di Ciamis via Instagram/nenimadafiah

Delman mini khas Garut ini juga bisa ditemui di Ciamis. Keberadaan deldom di Ciamis dimulai dari 2013. Sayang, deldom di Ciamis, tepatnya yang beroperasi di Taman Raflesia tidak bertahan lama, hanya dua tahun sampai 2015.

Keberdaan delman mini khas Garut yang juga menjadi bagian dari masyarakat Ciamis bukan sekadar sarana wisata atau upaya mengenalkan dan mempertahankan budaya lokal pada anak-anak. Melainkan juga sebagai mata pencaharian. Jika suatu saat berkunjung ke Garut atau Ciamis bersama keluarga, tawarkan deldom pada sepupu, keponakan atau anak-anak ya.

Advertisement
Tags
budaya garut budaya indonesia delman domba delman mini wisata garut
Share