Selamat dari Gempa Lombok, Ini Destinasi Wisata Sejarah di Mataram

Setelah diguncang gempa dengan magnitudo sebesar 7,0 SR, beberapa susulan masih terus terjadi. Karena bencana tersebut, beberapa bagian Pulau Lombok luluh lantak. Tercatat hingga saat ini kerugian yang diakibatkan gempa tersebut mencapai Rp 8,8 Triliun. Namun beberapa daerah beruntung dan selamat dari gempa yang destruktif. Mataram adalah salah satu daerah yang selamat dari gempa dengan kerusakan yang tidak masif. Seperti beberapa destinasi wisata sejarah di Mataram ini.

Pura Mayura

Gerbang Pura Mayura via instagram/iwansambodo

Wisata sejarah di Mataram yang pertama adalah Taman Mayura dibangun oleh Penguasa Pulau Lombok yaitu A.A. Anglurah Made Karangasem pada tahun 1744 dengan nama Taman Kelepug. Memiliki luas areal sekitar 2 hektar, Taman Mayura tidak hanya menjadi situs peninggalan sejarah dan budaya. Namun kini juga memiliki fungsi sebagai tempat kegiatan ritual keagamaan. Memasuki Taman Mayura, pengunjung akan disuguhi pemandangan asri laiknya sebuah taman dengan sebuah kolam besar berada di tengah.

Pura Meru Cakranegara

Pura Meru Cakranegara via instagram/ferianii

Di Kota Mataram Teman Traveler dapat berkunjung ke Pura Meru. Wisata sejarah di Mataram yang satu ini merupakan salah satu pura Hindu terbesar di Pulau Lombok. Pura Meru adalah saksi sejarah bahwa agama Hindu pernah masuk ke Pulau Lombok. Pura ini juga dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1720. Keunikan dari pura ini terletak pada atapnya yang bertingkat. Salah satu pura bahkan memiliki 11 tingkat yang melambangkan Pura Shiwa.

Pura Lingsar

Pura Lingsar via instagram/neeshakrish

Raja Ketut Karangasem dari Bali membangun Taman Lingsar pada tahun 1759. Tak lama setelah runtuhnya kekuasaan Kerajaan Mataram. Pembangunan Taman Lingsar ini bertujuan untuk menyatukan, masyarakat Sasak Lombok yang menganut Islam dengan wetu telu dan warga Bali yang beragama Hindu. Hingga saat ini, Teman Traveler masih dapat menemukan dua umat berbeda keyakinan yang hidup berdampingan di Taman Lingsar. 

Taman Narmada

Taman Narmada via instagram/iwan_gnp

Taman Narmada dibangun pada 1805 oleh Raja Mataram Lombok Anak Agung Ngurah Karangasem. Salah satu keunikan Taman Narmada adalah mata air yang dipercaya membuat awet muda. Di dalam taman ini juga ada kolam renang maupun danau buatan yang biasa digunakan untuk memancing.

Empat lokasi yang telah disebutkan di atas, merupakan peninggalan sejarah kerajaan yang ada di Mataram. Meskipun sempat dilanda gempa, wisata sejarah di Mataram tersebut masih berdiri dengan kokoh. Teman Traveler pernah datang ke salah satu tempat tersebut?

Tags
Indonesia Lombok Mataram Pure Wisata
Share