Cepu Ecopark Mentul, Kembangkan Pertanian Hortikultura dan Pariwisata Blora

Advertisement

Cepu merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang kaya akan sumber daya alam berupa gas alam. Banyak yang mengklaim wilayah cepu merupakan lahan yang kering dan sebagian besar ditumbuhi oleh hutan jati. Nah sisi lain ada perkebunan dengan inovasi terbarunya dari PPSDM Migas yaitu kebun melon dengan ribuan benih sebagai salah satu pengembangan wisata di Cepu Eco park Mentul.

Cepu Ekopark Mentul dengan tamanan Melon yang sangat manis dan menyegarkan. Foto via republika.com

Di samping pemanfaatan lahan, kebun melon di Cepu eco park mentul ini juga salah satu upaya untuk pengembangan potensi pariwisata di Kecamatan Cepu ,Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Pihak pemerintah pun juga melayangkan pesan kepada masyarakat Blora dan sekitarnya untuk mengunjungi Kebun Melon di Eco park Mentul ini karena rasa dan kualitas melon disini patut diacungi jempol ,manis renyah dan langsung bisa memetik dari pohonnya.

Kebun melon yang sudah siap panen di Cepu Eco park Mentul. Foto via republika.com

Ada 3 varian melon yang ditanam dii eco park cepu yakni pertiwi madu, action madu , golden apollo. Tidak hanya 3 varian melon yang ditanam di daerah cepu , daerah karangboyo juga melakukan penanaman melon yaitu melon orange , awalnya hanya melakukan uji coba ternyata hasilnya bagus dan cocok untuk terus di kembangkan. Memang ukuran nya lebih kecil di bandingkan melon hijau, namun harga nya lebih mahal ,rasa melon orange ini juga enak dan juga baunya terasa harum ,agak berbeda dengan melon hijau yang biasa.

Kebun melon yang baru mulai tumbuh. Foto via cendananews.com

Kepala BPSDM ESDM menjelaskan bahwa inovasi PPSDM Migas membantu petani lokal untuk menanam tanaman melon di Cepu Eco park Mentul ini merupakan bentuk sinergi antara Kementrian ESDM dan Pemerintah Kabupaten Blora. Hingga kini perkebunan ini perlu ditingkatkan lagi di sektor yang lainya, sehingga keberadaan KESDM  akan secara langsung di rasakan manfaatnya untuk masyarakat. Dengan tempatnya yang sangat luas eco park cepu ini juga dapat digunakan untuk tempat wisata dengan daun-daun an yang terlihat hijau dan segar yang membuat teman traveler yang berkunjung ke ecopark Cepu merasa nyaman dan menyenangkan.

Advertisement
Tags
ecopark Perkebunan wisata cepu wisata nusantara
Share