Yuk Jelajahi 7 Destinasi Wisata Religi Banten

Advertisement

Banten salah satu provinsi di sebelah barat pulau Jawa yang menyimpan banyak destinasi wisata alam, budaya, hingga religi yang begitu kental. Menariknya segala wisata didaerah Banten memiliki tarif yang sangat ramah dikantong. Nah, memasuki bulan Ramadhan memang banyak muda mudi dan para orang tua yang menyempatkan diri menikmati waktu menjelang buka puasa dengan mengunjungi spot spot religi.

Banten sendiri memiliki banyak masjid hingga wisata yang berbau religi yang mengusung arsitektur menarik dan unik. Nah, dibawah ini adalah rangkuman beberapa wisata religi yang cocok untuk teman traveler jadikan spot selfie dikala ngabuburit:

Masjid Agung Banten

Masjid ini berdiri megah di Desa Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Kompleksnya sudah dipugar sebagai situs cagar budaya. Masjid bersejarah ini jadi salah satu objek wisata religi andalan Banten yang ramai diziarahi.

Bangunan seperti mercusuar itu bisa dimasuki oleh wisatawan. Terbuat dari batu bata, bangunan tersebut memiliki ketinggian sekira 24 meter. Untuk mencapai bagian atas bangunan, wisatawan perlu menapaki 83 buah anak tangga dan lorong yang hanya bisa dilewati oleh satu orang. Dari atas, wisatawan dapat melihat pemandangan dan perairan lepas pantai.

Batu Quran

Tempat wisata religi Banten terletak di kaki Gunung Karang, tepatnya di Desa Kadubumbang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandegelang. Konon, air kolam Batu Quran bisa dijadikan media penyembuhan beragam bentuk penyakit, termasuk awet muda dan memperhalus kulit.

Salah satu pemandian Batu Quran Banten yang sangat menyegarkan. Foto via poskotabanten.com

Di pinggiran batu tersebut, terdapat sejumlah mata air yang deras dan bening airnya. Dipojokan kolam juga terdapat pohon beringin yang sangat besar kurang lebih dengan ketinggian 30 meter. Pada hari peringatan Maulud Nabi Muhammad tiba, biasanya puluhan bus ukuran besar dari berbagai kota parkir di lokasi wisata penziarahan makam Ki Mansyur di Cikaduen, Pandegelang.

Makam Syekh Maulana Mansyuruddin

Lokasinya yang berada di kaki gunung membuat tempat ini masih terasa begitu eksklusif. Meskipun dalam beberapa sumber menyebutkan bahwa Syekh Maulana berasal dari Jawa Timur, namun beliau sendiri merupakan sosok yang sangat berjasa dalam penyebaran ajaran agama Islam di Banten Selatan.

Makam Syekh Maulana Mansyuruddin. Foto via kabarbanten.pikiran-rakyat.com

Masjid Agung Tanara

Salah satu masjid bersejarah tersebut adalah Masjid Agung Tanara. Masjid ini bisa menjadi alternatif wisata religi anda. Lokasinya terletak di Kampung Tanara, Serang, Banten. Desainnya yang unik dan klasik mampu menjadi daya tarik para wisatawan lokal maupun luar kota.

Pemakaman Kesultanan Banten

Kompleks pemakaman kesultanan Banten ini juga merupakan wisata religi Banten. Ada banyak keluarga tokoh yang dimakamkan di sana seperti Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya, pangeran Ratu, Sultan Ageng Tirtayasa, Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar Sultan Maulana Muhammad dan Sultan Zainul Abidin.

Salah satu sudut di dalam kawasan Masjid Agung Banten di kawasan Banten Lama, Serang, Banten, Minggu (21/6) dinihari.Kompas/Ingki Rinaldi (INK)21-06-2015

Makam Syekh Abdul Jabbar

Destinasi wisata religi selanjutnya ada di makam Syekh Abdul Jabbar. Lokasinya terletak di kawasan Kampung Pasir Kecapi, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang, Banten. Jika menelisik ke belakang, Syekh Abdul Jabbar adalah salah satu ulama yang berperan dalam pembentukan Kabupaten Pandeglang bersama dengan Sultan Syarif Hidayatullah.

Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama

Museum Situs Kepurbakalaan berdiri pada tanggal 19 Juli 1985 di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Serang, Banten. Di museum ini anda akan mendapatkan informasi seputar garis besar terhadap kehidupan sehari-hari dan juga sejarahnya penduduk Kerajaan Islam di Banten pada saat itu.

Advertisement
Tags
Religi indonesia wisata banten wisata religi Wisata Religi di Indonesia wisata sejarah
Share