Ramah Lingkungan, Kafe di India Ini Hampir Seluruhnya Terbuat dari Kardus

Kreatif, mungkin itulah bentuk kekaguman yang akan kamu berikan kepada kreator sebuah kafe baru di Mumbai. Bukan dari bahan pada umumnya, sebuah kafe dibuat dalam konsep yang unik dan ramah lingkungan. Hampir seluruh komponen di Cardboard Cafe India ini menggunakan kardus sebagai bahannya. Yuk, lihat lebih dekat.

Kafe di India Pertama yang Mengusung Konsep Terbuat dari Kardus

Interior dalam Kafe, Credits: Sheena Dabholkar
Interior dalam Kafe, credits: Sheena Dabholkar

Cardboard Cafe ini merupakan kafe di India pertama yang mengusung konsep bangunan yang terbuat hampir seluruhnya dari kardus. Mulai dari kursi, meja, tempat lampu, dan masih banyak lainnya terbuat dari bahan kardus. Rancangan dari tempat nongkrong di India ini dibuat oleh Nuru Karim dari NUDE yang merupakan sebuah biro arsitek di India.

Detail yang mengaggumkan, credits: Sheena Dabholkar
Detail yang mengaggumkan, credits: Sheena Dabholkar

Kafe ini sendiri sebenarnya merupakan kolaborasi antara BAD Managements dua bersaudara Amit dan Bhavna Dhanani dan juga Thyme & Reason Hospitality’s Shilpa Tulaskar dan Vishal Shetty. Sekarang sudah terealisasi dan banyak diperbincangkan.

Alasan Kardus Digunakan Sebagai Material Utama

Furnitur juga terbat dari kardus, credits: Sheena Dabholkar
Furnitur juga terbat dari kardus, credits: Sheena Dabholkar

Bukan tanpa alasan kenapa kardus jadi bahan utama untuk membuat Cardboard Cafe. Pasalnya, kardus merupakan salah satu bahan seraguna yang ringan, tahan lama, dan memiliki sifat menyerap suara. Benda ini juga ramah lingkungan, bisa didaur ulang dan terbarukan.

Supaya kardus tetap aman serta kuat dari tumpahan makanan atau minuman, dilapisi dengan lilin laminasi. Pembuatan kafe ini membutuhkan waktu 7 bulan lamanya. Konsep yang sangat unik ini diharapkan mampu menyedot para pengunjung untuk berdatangan.

Menu-menu yang Ditawarkan di Cardboard Cafe

Contoh menu yang ditawarkan, via Instagram/cardboardbombay
Contoh menu yang ditawarkan, via Instagram/cardboardbombay

Sementara itu seperti kebanyakan kafe lainnya, tempat ini juga menyuguhkan menu-menu yang cukup menggiurkan. Misalnya saja ada Prawns In 3 Way Oil, Spiced Chicken with Greenpea Puree, dan masih banyak lagi menu yang lainnya.

Ada menu kopi, Credits: Sheena Dabholkar
Ada menu kopi, Credits: Sheena Dabholkar

Ditambah lagi, bagi kamu yang suka ngopi, jangan tanggung-tanggung ya, bisa pesan berbagai kopi yang ditawarkan. Santap makanan di tempat yang unik tentu saja akan memberikan sensasi tersendiri.

Alamat Cardboard Cafe yang Unik

Create. Consume. Change, Credits: Sheena Dabholkar
Create. Consume. Change, Credits: Sheena Dabholkar

Jika Teman Traveler sedang traveling ke India, masukkan Cardboard Cafe ini sebagai salah satu destinasinya. Alamatnya berada di Bandara Kurla Complex (BKC), Mumbai, India. Jam bukanya mulai dari pukul 10:00 sampai dengan 23:00 waktu setempat. Dengan mengusung tagline “Create. Consume. Change” tempat ini sangat perlu untuk dikunjungi. Tempatnya cantik dan juga Instagenic lho.

Di Indonesia sebenarnya ada kafe dengan konsep kardus di Bandung, namun tidak seperti yang di India ini. Jadi, apakah kamu tertarik untuk datang jika sedang traveling ke Negerinya Shah Ruk Khan?

Tags
Cardboard Cafe India kafe kardus Kuliner India Mumbai
Share