Candi Tridharma, Mirip Borobudur dan Satu-satunya di Cianjur

Objek wisata Cianjur itu keren-keren. Mulai dari Cibodas hingga Curug Cibeureum menyajikan spot-spot yang memikat. Kali ini adalah destinasi yang jadi satu-satunya di Kota Santri. Namanya adalah Candi Tridharma, sekilas mirip dengan borobudur terutama bagian stupanya. Berikut adalah ulasan selengkapnya tentang peninggalan bersejarah tersebut.

1. Perjalanan Menemukan Candi

Candi Tridharma [image source]
Candi Tridharma bisa diakses dari Pasar Cipanas kemudian belok kanan (dari arah Jakarta) melewati jalan menuju Gunung Putri. Jika tidak dengan kendaraan pribadi, kamu bisa naik angkutan umum. Jangan ragu bertanya pada penduduk setempat, karena petunjuk jalannya masih minim. Perkebunan dan persawahan terhampar luas di beberapa titik, kalau naik motor pasti bisa langsung merasakan hawa gunung yang segar.

Candi Tridharma [image source]
2. Vihara yang Menyerupai Candi

Candi Tridharma [image source]
Dilansir dari tehoki.com ternyata walaupun bentuknya mirip dengan Borobudur, Candi Tridharma adalah bangunan Vihara untuk sembahyang dan memang dibikin sedemikian rupa seperti candi pada umumnya. Tidak jauh dari lokasi, juga ada rumah yang tidak terlalu besar. Saat hari libur, destinasi ini cukup ramai pengunjung karena unik dan bisa dijadikan spot foto sekaligus mengenal salah satu budaya di Indonesia.

Candi Tridharma [image source]
3. Terbengkalai dan Tidak Terpakai

Candi Tridharma [image source]
Pembangunan Candi Tridharma dimulai tahun 2000 dan rencananya akan difungsikan sebagai tempat ibadah umat Budha. Namun, karena berbagai alasan hal itu urung dilakukan. Saat ini warga setempat mengenalnya sebagai candi yang tak terpakai. Kondisinya memang terbengkalai, susunan yang mirip dengan batu ditumbuhi rumput dan lumut. Di sisi lain, justru membuatnya jadi nampak lebih asli dan seperti dibangun ratusan tahun yang lalu.

Candi Tridharma [image source]
4. Jalan-jalan ke Perkebunan Hingga Curug Menawan

Candi Tridharma [image source]
Candi Tridharma bukan satu-satunya yang jadi tujuan pengunjung, di sekitar lokasi nampak perkebunan yang hijau milik warga bahkan ada jalan setepak yang mengarah ke air terjun atau Curug Sukatani. Tempatnya masih asri dan alami karena belum banyak diketahui orang. Kamu harus berjalan kaki selama setengah jam dulu untuk melihatnya langsung.

5. Wisata di Sekitar Candi yang Mengagumkan

Curug Cipendawa [image source]
Di sekitar Candi Tridharma ini ada beberapa tempat wisata Cianjur yang dapat kamu kunjungi. Puas foto-foto, bisa lanjut ke Curug Cipendawa dengan berjalan kaki selama 13 menit. Kebun Raya Cibodas yang sejuk untuk piknik letaknya sekitar 5 km. Kalau soal penjual makanan, memang tidak ada di lokasi. Kamu bisa menemukannya di sepanjang jalan menuju ke sini.

Kebun Raya Cibodas [image source]
Lokasi : Sukatani, Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Itulah beberapa ulasan tentang Candi Tridharma, dan hingga sekarang belum menjadi wisata resmi padahal ada potensi tersendiri. Kamu akan berkunjung ke Cianjur dalam waktu dekat, jangan sampai lupa mampir ke Candi Tridharma ya!

Tags
candi Cianjur Indonesia Jawa Barat
Share