Dikira Objek Wisata Eropa, Ternyata Curug Ini Ada di Cianjur

Jawa Barat memang surganya wisata alam yang tak habis-habisnya memanjakan mata. Sebut saja Lembang,memukau dengan kawah putih,  Juga kawasan pegunungan yang sejuk dan segar. Gunung gagah dan indah seperti Papandayan, pun laut Pelabuhan Ratu yang menawan. Rupanya, bertambah satu lagi panorama alam yang seindah surga di provinsi ini. Mana sih?

Tempat Mandi Putri

Menurut cerita, Curug Ngebul adalah tempat putri mandi
Menurut cerita, Curug Ngebul adalah tempat putri mandi [image source]
Curug Ngebul, sebuah air terjun perawan yang tidak banyak diketahui orang ini jadi andalan objek wisata Cianjur . Konon katanya, ada seorang putri yang mandi di bawah curahan airnya. Tiba-tiba airnya malah mengebul, atau berasap. Ini lah mitos yang diceritakan oleh warga setempat mengenai asal usul nama curug yang masih bersih, seolah sama sekali belum terjamah ini.

Rute yang Butuh Keringat dan Kesabaran

Rute ke Curug Ngebul
Rute ke Curug Ngebul [image source]
Namanya juga menuju harta karun alam, pasti memiliki keindahan yang membuat mulut menganga. Menujunya pun tak mungkin mudah dan biasa saja. Lokasi menuju Curug Ngebul yang berada di kecamatan Pagelaran ini masih jauh dari nyaman. Meski jalannya sudah dicor warga, namun naik turun dan berkelok-keloknya cukup melelahkan. Kendaraan roda empat belum bisa mencapai wisata ini. Harus dilanjutkan dengan kendaraan roda dua setelah berada di desa Bunijaya hingga selama kurang lebih 1 jam.

Trekking Panjang

Sungai di Curug Ngebul
Sungai di Curug Ngebul [image source]
Jalannya pun tak mulus meski sudah ditempuh dengan motor yang termasuk kendaraan gesit dan praktis. Untuk mencapai dasar curug, perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 45 menit. Jangan khawatir, lelah dan keringat akan ditemani keindahan kebun kopi di sekitar dan sungai-sungai jernih yang mengalir segar. Yang mengaku sebagai petualang sejati, harus coba trekking ke sini, deh. Puas dan menantang!

Surga Tersembunyi di Cianjur

Curug Ngebul, Surga tersembunyi di Cianjur
Curug Ngebul, Surga tersembunyi di Cianjur [image source]
Susahnya akses menuju surga kecil di Jawa Barat ini membuatnya masih tetap alami dan tak terjamah oleh wisatawan. Karenanya, aliran air sangat bersih dan terjaga. Ada gubug-gubug kecil yang disediakan warga untuk pengunjung yang ingin beristirahat setelah trekking yang melelahkan. Musholla alami dari bambu-bambu pun disiapkan bagi muslim yang ingin melaksanakan ibadahnya. Jangan buang sampah sembarangan, bahkan tempat sampah buatan tangan pun ada, kok.

Repling Jadi Makin Menantang

Repling di Curug Ngebul
Repling di Curug Ngebul [image source]
Bermain air di bawah pancuran curug jelas menyenangkan. Bisa berenang di kolam yang langsung menyatu dengan air terjun pasti menjadi pengalaman unik. Namun, ada yang lebih menantang dan patut dicoba. Yaitu repling di tebing basah yang menjadi lereng tempat air mengalir deras. Penantang adrenalin jelas tidak boleh ketinggalan mencoba olahraga seru ini. Berani?

Wah, nambah satu lagi destinasi wisata wajib kamu kunjungi di Jawa Barat.  Tidak kalah cantik dengan Eropa bukan? Ingat, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki dan kenangan. Setuju, kan?

Tags
curug ngebul cianjur wisata jawa barat
Share