Cara Seru Menikmati Keindahan Candi Prambanan, Naik Kuda!

Alfri

Alfri

On Indonesia

Candi Prambanan adalah salah satu candi termegah di Asia Tenggara yang banyak menyedot kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri. Bagi traveler yang baru pertama kali berkunjung ke sana, berkeliling dan memasuki satu per satu candi adalah kegiatan yang wajib dilakukan. Namun bagi yang sudah berulang-ulang ke sana dan mungkin bosan berkeliling di pelataran candi, ada satu cara seru yang bisa dilakukan yaitu berkeliling naik kuda.

Terletak di perbatasan Yogyakarta dan Klaten, Candi Prambanan merupakan salah satu aset wisata milik Indonesia yang tidak ternilai harganya. Bukan hanya karena arsitekturnya yang megah dan kuno namun cerita sejarah yang mengiringinya lah yang menjadikannya begitu mahal. Menurut sebuah prasasti yang ditemukan di dekat situs, candi ini dibangun sekitar tahun 850 masehi pada zaman kerajaan Mataram Kuno.

Candi Prambanan, Foto: Travelingyuk
Candi Prambanan, Foto: Travelingyuk

Candi Prambanan memiliki corak agama Hindu yang kental, ditandai dengan bentuk arsitekturnya yang tinggi, runcing dan ramping. Keberadaannya diperkirakan sebagai persembahan untuk Trimurti atau tiga dewa utama dalam ajaran agama Hindu yakni Brahma, Wisnu dan Siwa. Namun Travelingyuk tidak akan membahas lebih dalam mengenai sejarah situs candi megah ini.

Pada liburan Natal dan tahun baru lalu, Candi Prambanan menjadi salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Ada dari mereka yang baru pertama kali berkunjung ada pula yang mengunjunginya untuk kali kesekian. Seperti Travelingyuk, waktu itu berkunjung ke Prambanan untuk kedua kalinya dan tentu bentuk serta isi candi tidak mungkin berubah meski telah dikunjungi berkali-kali. Untuk itu kita mencari kegiatan lain yang tak kalah seru untuk menikmati keindahan candi ini.

Candi Prambanan menjadi salah satu destinasi wisata populer di IndonesiaFoto: Travelingyuk
Candi Prambanan menjadi salah satu destinasi wisata populer di Indonesia, Foto: Travelingyuk

Berada di area taman atau padang rumput Candi Prambanan ada sebuah atraksi yang ditawarkan yaitu naik kuda. Kalian yang tidak suka panas-panas bisa tuh memilih kegiatan ini. Tarif berkuda untuk sekali berkeliling dipatok dengan biaya Rp. 30 ribu. Meski tidak sampai mengelilingi area candi namun melihat candi Prambanan dari kejauhan sambil naik kuda ternyata seru juga. Apalagi kamu tidak bakal kepanasan sebab jalur yang dilewati kuda ini kebanyakan terdapat pohon-pohon besar yang rindang.

Naik kuda di Candi Prambanan, Foto: Travelingyuk
Naik kuda di Candi Prambanan, Foto: Travelingyuk

Saat itu tim datang saat puncak liburan sehingga untuk naik kuda musti mengantri. Kalau mau lebih leluasa kamu bisa datang ke Prambanan diluar libur panjang, dijamin naik kuda lebih puas dan siapa tahu rute berkelilingnya jadi lebih jauh. Sebagai informasi tambahan di sana juga ada paket foto naik kereta kencana lengkap dengan kostum zaman kerajaan. Kalau kamu tertarik dan ingin liburanmu all out kamu bisa mencobanya dengan membayar biaya tambahan.